Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 18 Maret 2012

Keistimewaan Ekspedisi Ferdinand de Magelhaens Dibandingkan Ekspedisi dari Eropa yang Lain.


Penjelajah Samudra Magalhaens del Cano- El Cano 
              
FERDINAND de MAGELHAENS/FERDINAND MAGELLAN/FERNANDO de MAGALLANES adalah seorang penjelajah samudra berkebangsaan Spanyol, Dia lahir di Sabrosa, sebelah utara Portugal tahun 1480.
Ferdinand de Magelhaens memulai ekspedisinya pada tanggal 10 Agustus 1519 dari Lisabon. Dengan disertai lima kapal (Trinitad, San Antonio,Conception,Victoria dan Santiago) yang disediakan oleh Raja Charles v serta 270 awak kapal, di bawah komando Magelhaens, dimulailah perjalanan panjang mereka menuju kepulauan rempah (kep Nusantara).


Misi mengelilingi dunia pun dimulai. Dari kota Lisabon, Armada Magelhaens terus menuju barat, lalu keselatan,dan pada sekitar  Oktober 1519 Magelhaens tiba di Cape Verde Brazil, 27 November mereka berhasil menyebrang Khatulistiwa, 6 Desember sampai di Argentina, 13 Desember berlabuh di Rio de Janeiro, Argentina. Pada tanggal 10 januari 1520 armada sampai di Rio de la Plata . 30 April para kru mendirikan pemukiman di Perto san Julian. Disini 3 kapten dan satu awak kapal telah gugur. Perjalanan dilanjutkan, Kapal Santiago karam, namun semua  awaknya  masih selamat. Setelah beberapa minggu beristirahat didaratan, akhirnya armada melanjutkan pelayaran munuju Pasifik. Tanggal 21 Oktober armada sampai di Cape Virgenes. 21 oktober 1520 armada telah melintasi sebuah selat dan pada akhirnya diberi nama Selat Magellan. tanggal  20 November kapalSan Antonio harus kembali ke Spanyol, karena tidak sanggup melanjutkan palayaran. Pada tanggal 28 November dengan 3 kapal yang tersisa sedang mengarungi Pasifik Selatan, disini tampak lautan yang amat luas dan bebar-benar hening. Samudra yang seakan tiada ujung. Armada mencapai garis khatulistiwa pada tanggal 13 Februari 1521.  Lalu Pada tanggal 6 maret akhirnya armada mencapai kepulauan Mariana, kep di Timut Laut Filipina. Meraka menyebutnya Islans de los Ladrones (Kepulauan Para Perompak). Pada tanggal 17 maret Armadapun mencapai pulau Homonhon ,Filipina. Dengan 150 awak kapal yang masih tersisa. Dengan demikian, mereka adalahorang Spanyol pertama yang berhasl mencapai Filipina, kendati mereka bukan orang pertama dari Eropa. 
Lokasi selat Magelhaens
          Sesampainya di Homohon, mereka segera mencoba berinteraksi dengan suku setempat dengan dibantu penerjemah yang bernama Enrique. Raja Humabon kebetulan telah lama bersahabat dengan Magelhaens. Rajapun meminta bantuan pada Magelhaens dan krunya untuk membantunya melawan musuh bebuyutan sang raja, yaitu suku Lapu-Lapu di Mactan. Magelhaens setuju, karena Magelhaens juga punya maksud lain, yaitu mencoba mengkristenkan suku Datuk Lapu-Lapu(Mactan). Akhirnya, pagi hari tanggal 27 April 1521 Magelhans dan beberapa krunya berlayar ke Machtan untuk memulai penyerangan, pertempuranpun pecah, ternyata ini diluar perkiraan mereka, tidak disangka bahwa pasukan yang mereka hadapi jauh lebih banyak daripada yang mereka kira. Dan akhirnya dalam pertempuran itu, Magelhaens seketika terkena  lemparan tombak bambu , kemudian dikepung dan dihabisi dengan senjata lainnya. Sekitar 30 awak kapal gugur.
          Karena pertempuran ini, awak kapal bimbang.  Dengan pasukan yang terlalu sedikit, Terpaksa pada tanggal 2 Mei mereka membakar kapal mereka sendiri, yaitu Kapal Conception. Dan mereka melanjutkan perjalana  hanya dengan Kapal Trinitad dan Victoria. pada bulan juli mereka memasuki Brunei dengan kapten kapal Juan Subastian del Cano dan sastrawan dari Itali, bernama Pigafetta. Dengan 115 awak yang tersisa, mereka merhasil mencapai kepulauan rempah (Maluku), kendati tanpa Magelhaens, pada tanggal 6 November 1521. Mereka berhasil berdagang dengan Sultan Tidore dan memperoleh banyak rempah-rempah. Dengan 2 kapal yang tersisa mereka berusaha kembali ke Spanyol melalui jalur ke arah barat. Namun ,ketika mereka meninggalkan kepulauan rempah, kapal Trinitad tiba-tiba mengalami kebocoran. Para kru mencoba memperbaiki kebocoran, walaupun mereka telah berusaha keras ,namun mereka tetap tidak bisa mengendalikan kebocoran. Sebagian dari mereka harus tinggal beberapa waktu di kep. Rempah . karena tidak mungkin, mereka semua berlayar hanya dengan menggunakan kapal Victoria yang terlalau kecil. Akhirnya, kapal Victoria berlayar meninggalkan Trinitad, dan Trinitad mencoba berangkat ke Spanyol melalui rute Pasifik. Namun naas, upaya tersebut gagal dan Trinitad tertangkap oleh pasukan Portugis,


          Victoria, berlayar menuju Spanyol dengan mengambil rute Samudra Hindia pada tanggal 21 Desember 1521, dengan kapten Juan Sebastian Elcano. Tanggal 6 mei berhasil melewati Tnjung Harapan, dengan perbekalan yang terbatas. 20 awak meninggal dunia karena kelaparan sebelumArmada memasuki Cape Verde. 13 awak disandra Portugis pada 9 juni. Akhirnya, pada tanggal 6 September 1522 Elcano dan Kru yang tersisadari perjalanan Magelhaens dengan kapal terakhirnya, Victoria, tiba di Spanyol, hampir tepat 3 tahun sejak mereka pergi. Dengan korban yan dapat kembali dengan selamat ke Spanyolhanya 18 orang dari 270 orang pada awalnya dan 273 orang Spanyol.
Keistimewaan Ekspedisi dibandingkan ekspedisi dari Eropa lainnya adalah sebagai berikut :
҉            Ekspedisi Magelhaens elcano adalah ekspedisi dari Eropa pertama yang berlayar mengambil rute barat
҉            Ekspedisi pertama yang mengarungi samudra pasifik
҉            Ekspedisi ini dianggap ekspedisi pertama yang berhasil mengelilingi dunia
҉            Ekspedisi ini berhasil membuktikan bahwa bumi berbentuk bulat, dan karenannya memperoleh penghargaan dari raja Spanyol berupa bola dunia tiruan yang berlilitkan ikat pinggang yang bertuliskan Engkaulah yang mengintariku.
҉            Ekspedisi Magalheans el Cano dianggap sebagai penemu negara Filipina, karen rombongan itulah yang pertama kali sampai ke kep Massava (Filipina) dan daerah tersebut diganti namanya menjadi Filipina yang diambil dari nama Raja Philip II.
҉            Ekspedisi ini juga sebagai pelopor dan pembuka jalan dari ekspedisi-ekspedisi eropa lainnya.
҉             Nama Magelhaens diabadikan menjadi nama selat, nama pinguin dan nama Galaksi.
҉             

0 komentar

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...