Hallo

Beberapa Istilah dalam Bahasa Pemrograman C++









Analyst System                                 :  seseorang yang bertanggung jawab atas penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, dan merekomendasikan pemilihan perangkat lunak dan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis atau perusahaan
Bahasa pemrograman    : suatu kumpulan kata (perintah) yang siap digunakan untuk menulis suatu kode program sehingga kode – kode program yang kita tulis tersebut akan dapat dikenali oleh kompilator yang sesuai. Kata – kata tersebut dalam dunia pemrograman sering dikenal dengan istilah keyword (atau disebut juga reserved word).

Boolean                                               :  suatu tipe data yang hanya mempunyai dua nilai. Yaitu true atau false (benar atau salah)
C++                                                        :  bahasa pemrograman komputer yang di buat oleh (Bjarne Stroustrup) merupakan perkembangan dari bahasa C dikembangkan di Bell Labs (Dennis Ritchie) pada awal tahun 1970-an
Char                                                       : Variabel yang mewakili suatu karakter tunggal, sebuah huruf, 1 digit, atau tanda baca.
Clrscr                                                     : Clear screen,perintah yang digunakan untuk membersihkan layar.
Coding                                                  : menerjemahkan persyaratan logika dari pseudocode atau diagram alur ke dalam suatu bahasa pemograman baik huruf, angka, dan simbol yang membentuk program.
Compile                                               :  Penerjemahan Kode Progam menjadi Bahasa Mesin
Const                                                    :  nilai tetap yang pendeklarasiannya mirip dengan variabel, hanya nilainya saja yang tidak bisa berubah, fungsi const  diletakkan di bawah main , memakai “;”, harus di ikuti type data.
Debug                                                   :  sebuah metode yang dilakukan oleh para pemrogram dan pengembang perangkat lunak untuk meng-analisis alur kerja program, mencari dan mengurangi bug, atau kerusakan di dalam sebuah program komputer atau perangkat keras sehingga perangkat tersebut bekerja sesuai dengan harapan
Define                                                  :  nilai tetap yang pendeklarasiannya mirip dengan variabel, hanya nilainya saja yang tidak bisa berubah, fungsi define diletakkan di atas main, tidak memakai “;”
Descrement                                       :  digunakan untu pengurangan nilai yang dilakukan setelah suatu variable diproses.
Ekspresi                                               : Pengkombinasian peubah-peubah dan konstanta untuk menghasilkan nilai baru.
Float                                                      : Variabel yang dapat menampung semua nilai bilangan real, mewakili semua bilangan,dan bilangan dengan pecahan decimal.
Function overloading                     :  proses menggunakan nama yang sama untuk dua atau lebih fungsi
Getch                                                    :  untuk menjeda program selama kita menekan sembarang tombol, fungsi getch() tidak bisa kita gunakan tanpa menambahkan header conio.h, karena getch berada di berkas conio.
Include                                                 : termasuk. Compiler dari c++ yang menjalankan program yang dinamakan preprosesor.
Increment                                           :  operator untuk penambahan nilai
Integer(Int)                                        :  variable yang dapat menampung nilai positif atau nilai negative.
Interpreting                                       : menerjemahkan kode
Operand                                              :  nilai yang dilibatkan oleh operator
Operator                                             :  Suatu tanda atau symbol yang dipakai untuk menyatakansuatu operasi atau menipulasi data.
Operator Aritmatika                       : Operator yang berfungsi untuk operasi aritmatika
Operator Assigment                       : Operator yang berfungsi untuk memasukkan (assign) nilai ke dalam suatu variabel atau konstanta
Operator Binary                                                :Operator yang melibatkat dua operand dalam opersinya
Operator Bitwise                              :Operator yang digunakan untuk melakukan operasi-opersi yang berhubungan dengan pemanipulasian bit.
Operator Ternary                             : Operator yang Digunakan dalam operasi yang melibatkan 3 buah operan
Operator Unary                                                : Operator yang melibatkan sebuah operand

Post Increment                                 :  Penambahan nilai dilakukan setelah suatu variabel diproses
Pre-Increment                                  :  Penambahan nilai dilakukan sebelum suatu variabel diproses.

Preprocessor                                     :  sebuah cara untuk menggantikan perintah-perintah yang umum digunakan pada bahasa pemrograman sebelum dieksekusi
Program                                               :  suatu perangkat lunak (software) yang digunakan untuk keperluan - keperluan aplikatif tertentu di berbagai bidang, baik di lingkungan perusahaan, pendidikan ataupun yang lainnya. Perangkat lunak tersebut sebenarnya merupakan suatu runtutan kode – kode program yang ditulis dengan salah satu bahasa pemrograman tertentu dan telah dikompilasi melalui kompilator yang sesuai dengan bahasa pemrograman tersebut.
Programmer                                      : profesi yang menulis program menggunakan bahasa pemrograman seperti Perl, C++, Python, VB, Visual_Basic_.NET, PHP, dan lain-lain.           
Running                                               :  Proses menjalankan kode mesin sehingga menghasilkan output yang dapat dilihat di monitor.
Sequensial Programing                  : Konsep pemrograman i top down, berawal dari atas sampai akhirnya paling bawah.
Source Code                                      : kumpulan pernyataan atau deklarasi bahasa pemrogramman komputer yang ditulis dan dapat di baca manusia. Source code memungkinkan programmer untuk berkomunikasi dengan komputer menggunakan beberapa perintah yang telah terdefinisi
Struktural Programing                    : sebuah cara pemrosesan data secara terstruktur dalam analisa, cara dan penulisan pemrograman.
Switch-Case                                       : Merupakan pernyataan yang dirancang untuk pengambilan keputusan yang melibatkan banyak alternatif. Setiap cabang akan dijalankan jika syarat nilai konstanta terpenuhi dan default akan dijalankan jika semua cabang di atasnya tidak terpenuhi.
While                                                    : perulanangan while digunakan untuk mengeksekusi blok kode selama suatu kondisi bernilai benar.

Tidak ada komentar:
Write komentar

Recommended Posts × +