Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 01 April 2013

20 Makanan Terlezat di Indonesia

Makanan terenak dan terpopuler di Indonesia dan turis asing
Wisata kuliner memang sangat digemari di Indonesia. Wisata kuliner telah menjadi trend tersendiri di Indonesia. Selain menikmati keunikan dan keindahan di suatu objek wisata, wisatawan Indonesia juga tak akan ketinggalan untuk berburu kuliner setempat. UntungnyaIindonesia memiliki keragaman kuliner yang enak-enak dan lezat.
Yang paling populer adalah bakso dan sate. Obama, Presiden USA ke-44 dengan fasih mengucap "bakso" dana "sate" sebagai makanan atau kuliner Indonesia yang biasa ditemuinya sewaktu kecil saat tinggal di Indonesia. Namun, banyak sekali makanan atau kuliner lain asal Indonesia yang tak kalah lezatnya. Apa saja itu? berikut adalah 40 Top Makanan dan Kuliner Terlezat Serta Terpopuler di Indonesia (urutan 1-20) yang dikutip dari CNNgo.

1. Sambal
Sambal hampir pasti tersedia di tiap meja makan di Indonesia. Pada dasarnya sambal merupakan saus cabe pedas pelengkap makan. Tak lengkap tampaknya bila sebuah hidangan atau masakan yang disajikan tanpa disertai dengan sambal. Jenis sambal bisa beragam, bahkan di Indonesia bisa ditemukan sambal mangga, sambal terasi, sambal jeruk dan sambal terong.
2. Sate

Sate merupakan daging yang berlumur rempah dan dibakar di atas api. Ketika sate dipanggang, asap akan mengepul dan bau aroma akan menyeruak. Itulah yang mengundang orang-orang datang dan ingin mencicipinya. Ukuran sate adalah sebesar telunjuk yang ditusuk dengan lidi atau bambu, biasanya satu tusuk terdiri dari 4 atau 5 irisan daging. Daging yang digunakan bervariasi seperti daging ayam,  daging kambing, daging kelinci dan daging kuda. Untuk menikmatinya, sate dilengkapi dengan saus kacang atau saus kecap.
Dan salah satu yang paling terkenal adalah sate Madura yang penyajiannya dilengkapi dengan ketupat.
3. Bakso
Bakso adalah makanan favorit pelajar dan mahasiswa, merupakan bola-bola daging yang di sajikan dalam kuah dan dilengkapi dengan mie kuning dan mie putih serta kecambah dan daun sawi. Penyajiannya biasa ditemani dengan saos tomat, kecap dan sambal yang dapat ditambahkan ke dalam sepiring bakso sesuai selera penikmatnya.
Bakso sangat sering ditemui di food court, warung-warung kecil pinggir jalan dan juga dijual berkeliling menggunakan gerobak bakso. Hampir di seluruh sudut daerah di Indonesia, bakso bisa ditemui.
4.Soto
Soto adalah makanan tradisional Indonesia yang bentuk dan variasinya sangat beragam sesuai daerah asalnya. Macam-macam soto yang terkenal adalah coto makasar, soto padang, soto banjar, soto betawi dan lain-lain.
Soto yang dijual di warung atau kedai soto biasanya berbahan dasar daging ayam dan daging atau jeroan sapi. Dengan ditaburi bawang goreng dan ditambah perasan jeruk nipis rasanya menjadi lebih nikmat. Dan menjadi maknyus dengan ditambah sambal sesuai selera.
5. Nasi goreng
Nasi goreng bisa dikatakan sebagai makanan nasional Indonesia. Nasi goreng biasa disajikan di pagi hari untuk sarapan dan di malam hari untuk hidangan makan malam. Kepraktisan dalam pembuatannya membuat nasi goreng sangat populer di Indonesia. Bahan dasarnya adalah nasi yang dibumbui dan digoreng dengan tambahan pelengkap seperti udang, daging ayam dan daging sapi. Penyempurnanya adalah kerupuk sebagai topping.
Banyak variasi dari nasi goreng yang bisa ditemui seperti nasi goreng kampung (digoreng di atas anglo arang), nasi goreng ayam, nasi goreng kambing, nasi goreng ikan asin, nasi goreng babat dll. Bahkan ada versi kontemporernya dimana nasi goreng ini dibakar dengan api tekanan gas guna menurunkan kadar kolestrolnya yang dikenal sebagai nasi goreng bakar.
6. Gado-gado
Gado-gado secara literal memiliki arti kata “campuran”. Salad Indonesia ini memang merupakan campuran dari berbagai sayur yang “diikat” dengan bumbu kacang. Daerah yang paling terkenal akan makanan gado-gado ini adalah ibukota Jakarta, yang disebut sebagai kota gado-gado.
Dalam gado-gado kita bisa menemukan rebusan kacang panjang, bayam, kentang, kecambah, ditambah dengan tahu dan telur. Tak lupa taburan kerupuk di atasnya. Sedap.
7. Nasi Uduk
Nasi uduk biasa dikonsumsi masyarakat Indonesia sebagai menu sarapan. Banyak warung dan pedagang kaki lima yang menyajikan nasi uduk dari sekitar pukul 5:00 pagi sampai pukul 10:00.
Nasi uduk ini pembuatannya barupa beras yang dimasak dengan santan kelapa. Rasanya menjadi gurih dan lezat. Biasanya nasi uduk ini penyajiannya dilengkapi dengan kerupuk, kacang goreng, ikan teri, dan ditaburi dengan bawang goreng. Dan tentu saja, jangan lupa untuk menambahkan sambal kedalam seporsi nasi uduk!
8. Nasi Padang
Nasi padang sesuai namanya memang berasal dari Padang di Provinsi Sumatera Barat. Tapi karena kelezatan dan popularitasnya, hampir di seluruh Indonesia yang terdiri dari 33 provinsi kita dapat menemukannya. Dan bahkan bisa ditemui di mancanegara. Sangat mudah menemuinya di Singapura, Malaysia dan Arab Saudi.
Nasi padang merupakan nasi putih yang penyajiannya dilengkapi dengan sangat banyak jenis lauk pauk dalam piring berbeda. Tinggal pilih dan dinikmati. Variasinya berupa gulai kepala ikan, gulai kaki sapi, sampai gulai usus yang berisi telur di dalamnya. Makanan ini penuh santan dan rempah-rempah.
9.Ayam Goreng
Ayam goreng memang paling lezat bila menggunakan ayam kampung yang teksturnya lebih padat dan rasanya lebih gurih. Bahkan ayam goreng jenis ini kenikmatannya melebihi dari ayam goreng gerai waralaba KFC.
Ayam goreng khas Indonesia digoreng dengan sebelumnya telah dilumuri bumbu rempah (ada juga bumbu bekep). Hasilnya adalah ayam goreng yang renyah, gurih dan spicy. Untuk penyajiannya biasanya ayam goreng ini ditemani dengan sambal cobek atau sambal kecap. Gerai ayam goreng yang paling terkenal di Indonesia adalah Ayam Goreng Wong Solo.
10. Bakmi Goreng
Selain beras, mie adalah sumber karbohidrat yang paling banyak dikonsumsi di Indonesia. Banyak ragam mie di Indonesia mulai dari yang datar (kwetiau) sampai dengan yang halus keriting (bihun).
Salah satu jenis mie yang paling terkenal adalah bakmi. Jenis mie ini berupa mie yang ukurannya sedikit lebih kecil dari pensil dan berwarna kuning. Untuk cara penyajiannya bisa beragam, tapi yang paling populer adalah bakmie goreng. Hampir sama dengan nasi goreng, bakmie ini digoreng dengan bumbu dan dicampur telur, sayur-sayuran, dan  daging ayam atau sapi.
11. Gudeg
Gudeg sudah sangat familiar di telinga orang Indonesia. Tapi tak seperti bakso, sate atau nasi padang, gudeg (terutama yang lezat) sulit ditemui di kota-kota lain di Indonesia. Tetapi kalau kita mengunjungi Kota Yogyakarta, hampir di setiap sudut kota, gudeg yang lezat dapat ditemui. Gudeg memang icon-nya Kota Yogyakarta.
Gudeg terbuat dari nangka muda yang direbus selama berjam-jam dengan santan kelapa dan gula merah, membuatnya menjadi lembut dan sangat mudah untuk dikunyah. Tinggal sedikit digigit gudeg akan pecah menjadi beberapa bagian di mulut.
Berbagai rempah disertakan pada saat perebusannya, tapi yang membuatnya berwarna merah adalah karena ada tambahan daun jati yang dicampurkan ke dalamnya. Sebagai lauknya, untuk menyertai gudeg bisa dipesan telur, daging ayam, atau krecek (kulit sapi goreng).
12. Rawon
Rawon adalah menu rebusan daging yang dibumbui dengan kacang keluak sehingga rasanya menjadi gurih kacang dan berwarna hitam gelap.
Kuah rawon ini dibumbui dengan bawang putih, bawang merah, jahe, kunyit dan cabai merah untuk membuat rasanya menjadi nikmat dan pedas.
13. Pecel Lele
Penyajian pecel lele dapat menjadi surprise bagi mereka yang melihatnya pertama kali. Pecel lele disajikan dalam keadaan ikan utuh di atas sebuah piring, mirip ketika ikan ini masih hidup, lengkap dengan bola matanya yang melotot.
Pecel lele disajikan dengan sambal merah atau sambal hijau. Namun variasi penyajian pecel lele sudah banyak dikembangkan. Pecel lele yang awalnya berasal dari daerah Jawa, kini sudah merambah pelosok tanah air bahkan mencoba menembus pasar mancanegara.
14. Opor Ayam
Opor ayam kini memang sudah dapat ditemui diberbagai warung makan. Tetapi, tetap saja opor ayam merupakan hidangan khas lebaran, hidangan khas bagi umat muslim di Indonesia untuk memperingati baik Hari Raya Idul Fitri maupun Idul Adha.
Opor ayam merupakan hidangan yang bentuknya seperti kari santan tetapi berwarna putih, berupa potongan ayam yang dibumbui rempah khas Indonesia: bawang putih, jahe, jinten dan ketumbar. Biasa pula ditambahkan potongan nanas ke dalamnya.
15. Mie Ayam
Mie ayam juga terkenal dengan sebutan “pangsit” di Indonesia. Hidangan ini berupa bakmi yang direbus dan di-topping dengan suiran ayam kecap.
Dengan ditambah daun bawang, bawang goreng, sambal, kecap dan saos tomat, rasanya jadi sangat nikmat.  Apalagi bila ditambahi dengan kerupuk pangsit, rasanya jadi tambah maknyus.
Rahasia dari pangsit ini adalah kuahnya yang gurih dan pedas.
16. Kambing Guling
Kambing guling adalah makanan yang biasa dihidangkan dalam acara pesta dan perjamuan. Banyak juga pesta pernikahan yang menggunakan kambing guling ini sebagai menunya.
Yang menarik dari kambing guling ini adalah cara masak dan penyajiannya. Seekor kambing yang sudah dibersihkan dimasak dengan cara dipanggang secara utuh. Penyajiannya dengan cara digantung dan bila hendak dinikmati ,sang koki mengiris bagian yang dikehendaki oleh calon penikmatnya.
17. Gulai
Gulai adalah panggilan untuk makanan kari khas Indonesia, tepatnya nama ini berasal dari daerah Sumatera.  Kari Indonesia sangat bervariasi tergantung dari daerah mana ia berasal dan bahan pembuatnya yang berupa ayam, ikan atau daging. Tetapi, yang menyamakannya adalah sebagian besar gulai khas Indonesia menggunakan kayu manis sebagai salah satu bumbu penyedapnya.
Rendang dan opor terbilang merupakan makanan kari yang terkenal di Indonesia. Tapi, masih banyak lagi ragam kari atau gulai khas indonesia yang bisa kita nikmati.
18. Bubur Ayam
Mulai dari buruh hingga presiden, orang Indonesia menggemari bubur. Menu bubur biasa dipakai sebagai menu pembuka hari yang berupa nasi lunak yang disajikan dengan kecap, bawang goreng, irisan ayam, daun saledri, kacang dan kerupuk.
Bubur ayam pun sempat dipopulerkan oleh pedangdut asal Indonesia. Bubur ayam dalam lirik lagunya disebut sebagai jenis “sabu” (kata awalnya berarti sejenis narkotika) yang juga menjadi candu yang dianjurkan, sarapan bubur.....
19. Bakpao
Kemacetan lalu lintas di ibukota Indonesia, Jakarta, merupakan sebuah berkah bagi pedagang bakpao. Para pedagang ini berjejer menawarkan beragam jenis bakpao di jalan raya pada jam-jam sibuk. Memang, bakpao mudah dikonsumsi, bahkan bisa dikonsumsi di atas kendaraan sebagai snack berat.
Bakpao ini berupa sebuah roti gemuk yang berisi daging cincang. Ditawarkan pula bakpao manis yang biasanya berisikan kacang hijau atau coklat.
20. Asinan Sayur
Asinan sayur merupakan kebalikan dari rasa manis yang bisasa ditemukan pada hidangan khas Jawa. Makanan ini juga merupakan salah satu jenis salad khas Indonesia. Makanan sehat asli Indonesia

Rahasianya adalah saus kacang tipis diaduk dengan gula kelapa untuk mengimbangi rasa menggigit dari sawi yang diawetkan dengan cara diasinkan. Dalam asinan sayur, penikmatnya dapat menemukan sayuran wortel, kubis dan mentimun. Pelengkapnya adalah kerupuk yang membuat asinan sayur jadi lebih renyah.
sumber:  http://www.indonesiahai.com/artikel/kontent/40-Top-Makanan-dan-Kuliner-Terlezat-Serta-Terpopuler-di-Indonesia-__-Bagian-1

4 komentar

mantau 4 Juni 2013 09.56

Mantaf mas, enak semua itu memang :D

wakakak 4 Juni 2013 09.57

Mari kita pergi cari makan itu, hehehehe

david aryanto 7 Februari 2015 17.44

wis pernah ngerasakne kabeh

david aryanto 7 Februari 2015 17.44

wis pernah ngerasakne kabeh

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...