Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 04 Juli 2013

Pria Buta Ini dapat "melihat" Seperti Kelelawar

Pria Buta Ini Dapat 'Melihat' Tanpa Mata

Melihat dengan mendengar pantulan suara .
Ya, melihat seperti kelelawar, maksudnya ia membuat decitan/decakan suara dan suara tersebut akan memantul lagi ke telinganya sehingga ia dapat memprediksi jarak dan besar benda yang ada disekitarnya.
Daniel Kish
-
REPUBLIKA.CO.ID, Seorang pria bernama Daniel Kish diberkahi oleh kemampuan super yang tak dimiliki oleh kebanyakan orang. Meski faktanya ia mengalami kebutaan, tapi luar biasanya ia bisa menjalani kehidupan yang normal.
Bahkan, Daniel mampu bersepeda atau hiking seorang diri di pegunungan. Untuk melakukan aktifitas itu, ia mengandalkan teknik echolocation, kemampuan serupa yang dimiliki kelelawar untuk melihat dalam gelap.
Pria kelahiran Montebello California AS 1966 silam ini mengalami kebutaan sejak masih bayi. Kanker retina mata membuatnya tidak bisa melihat sejak berusia 13 bulan. Sejak musibah itu, dia lalu mengembangkan kemampuan echolocation dari usia yang masih sangat dini.
Selama hidupnya, Daniel tidak pernah melihat pohon, mobil, atau manusia lain, tapi dengan kemampuan echolocation yang dimilikinya, ia mampu menavigasi dan bahkan menjelaskan lingkungannya secara rinci.
Daniel juga mampu menaiki sepeda, mengenali posisi parkir mobil, mengenali pohon di jalanan, hingga mengenali keberadaan gedung dari jarak 1000 kaki. Ini semua dilakukannya dengan membuat suara decakan dengan lidah dan membandingkan pantulan yang diterimanya. Persis seperti kelelawar ataupun lumba-lumba.
Gelombang suara yang ia ciptakan memiliki kecepatan lebih dari 1000 meter per detik, mementalkan setiap benda yang mengelilingi dirinya dan kembali ke telinganya pada tingkat kecepatan yang sama. Dari situlah ia bisa mencerminkan gambaran 3 dimensi dari lingkungannya melalui pendengaran.
Sejak tahun 2000, dirinya telah membuat yayasan World Access For The Blind yang mengajarkan orang-orang buta untuk 'melihat' dengan metode ecolocation. Daniel juga bekerja sama dengan para ilmuwan untuk membuat alat yang akan mempermudah orang buta untuk menghitung jarak pantulan dari suara decakan.\

Sumber : Uniknya.com

0 komentar

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...