Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 29 Oktober 2014

Fakta Tentang Bintang




Bintang merupakan benda langit yang memancarkan cahaya. Terdapat bintang semu dan bintang nyata. Bintang semu adalah bintang yang tidak menghasilkan cahaya sendiri, tetapi memantulkan cahaya yang diterima dari bintang lain. Bintang nyata adalah bintang yang menghasilkan cahaya sendiri. Secara umum sebutan bintang adalah objek luar angkasa yang menghasilkan cahaya sendiri (bintang nyata).

Dan berikut ini adalah 10 fakta menarik bintang yang mungkin belum anda ketahui

1. Bintang Paling Dekat Dengan Bumi Adalah Matahari


Bintang paling dekat dengan Bumi adalah Matahari. Objek ini hanya berjarak 150 juta km dari Bumi (1 SA/AU). Matahari kita sendiri diklasifikasikan sebagai bintang katai kuning G2 pada fase deret utama hidupnya. Matahari mengubah hidrogen menjadi helium pada intinya selama 4,5 miliar tahun,dan kemungkinan akan terus melakukannya selama 7 + miliar tahun kedepan. Ketika Mataharikehabisan bahan bakaritu akan menjadi raksasa merahmengembang berkali-kali dari ukurannya saat iniKetika mengembangMatahari akan mengkonsumsi MerkuriusVenus dan mungkin bahkanBumi. Akhirnya dia akan menjadi Nebula Planet. 

2. Setiap Bintang Yang Terlihat Di Langit Malam, Lebih Besar Dan Lebih Terang Dari Matahari Kita



Dari 5.000 atau lebih bintang yang memiliki magnitudo 6hanya segelintir bintang yang sangat samar yang memiliki ukuran dan kecerahan seperti matahari kita dan semua sisanya adalah bintang yang sangat besar dan lebih cerahDari 500 atau lebih bintang yang memiliki magnitudo 4 (yang mencakup dasar setiap bintang yang terlihat dengan mata telanjang dari lokasi perkotaan), semuas ecara hakekatnya lebih besar dan lebih terang dari Matahari kita. Dari 50 bintang yang terlihat oleh mata manusia dari Bumiyang paling redup adalah Alpha Centauri, itu masih 1,5 kali lebih cemerlang dari Matahari kitadan tidak dapat dengan mudah dilihat dari sebagian besar belahan bumi utaraContoh perbandingan antar Planet dan bintang bisa dilihat dibawah ini: 


Tampak begitu kecil.. bahkan bagai butiran kedelai bumi ini..
 Bintang terbesar dijagat raya adalah VY Canis Majoris, terletak 5000 tahun cahaya dari Bumi. Diameternya diperkirakan mencapai  1.975.220.000 km
Diamater  betelgeuse adalah 1.641.380.000 km, sedangkan diameter matahari adalah 1.391.684 km.
3. Anda Tak Dapat Melihat Jutaan Bintang Di Langit Yang Gelap

Walaupun mungkin anda pernah dengar di iklan TVpuisi dan lagu tentang "melihat jutaan bintang di langit", itu tidak benar. Faktanya adalah kita tidak akan bisa melihat jutaan bintang di langit. Padamalam yang benar-benar luar biasadengan tidak ada bulan dan jauh dari sumber cahayaseseorang dengan penglihatan yang sangat baik mungkin hanya dapat melihat 2000-2500 bintang pada satu waktu. (Bahkan menghitung jumlah yang sedikit ini akan sangat sulit). Jadi pada saat Andamendengar seseorang mengklaim telah melihat juta bintang di langit, sebaikany kita hargai saja... anggap mereka berpuisi ^_^

4. Merah Panas - Biru Dingin (Itu Salah)

Kita terbiasa mengacu pada hal-hal yang merah panas dan biru dingin. Warna bintang dapat berkisar dari merah >> putih dan menjadi biru . Merah adalah warna yang paling dingin , suhunya kurang dari 3.500 Kelvin . Bintang seperti Matahari kita berwarna putih kekuning-kuningan dan rata-rata bersuhu sekitar 6.000 Kelvin . Bintang-bintang paling panas berwarna biru , yang memiliki suhu di atas 12.000 Kelvin . Jadi bintang-bintang merah yang Anda lihat di langit adalah " bintang dingin " ( sedikit panas) , dan bintang-bintang biru adalah bintang paling panas !


5. Jumlah Bintang Sangat-Sangat Banyak

Berapa banyak bintang yang ada di Galaksi Bima Sakti Kita? Anda mungkin akan terkejut untuk mengetahuinya bahwa ada sekitar 200-400.000.000.000 bintang di galaksi kita ini. Sangat mungkin beberapa bintang itu memiliki planet atau mungkin kehidupan. Kemudianmungkin ada sebanyak500 miliar galaksi di alam semestadan masing-masing bisa memiliki banyak atau sedikit bintang dari Bima SaktiKalikan dua angka itu dan Anda akan melihat bahwa mungkin ada sebanyak 3 x 10^23bintang di alam semestaItu sama dengan 300.000.000.000.000.000.000.000 atau 300 sextillion  (Sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Star#Distribution)


6. Bintang-Bintang Terbesar Akan Menelan Saturnus Jika Ditempatkan Di Dalam Tata Surya

Berbicara tentang raksasa merah atau dalam hal ini supergiants merahada beberapa bintang rakasadi luar sana yang benar-benar membuat Matahari terlihat kecil. Bintang maha raksasa yang terkenaladalah bintang Betelgeuse di konstelasi OrionIni memiliki massa sekitar 20 kali massa Mataharitapi itu 1.000 kali lebih besar dari Matahari kitaTapi itu bukan apa-apaBagaimana dengan maharaksasaNML CygniBintang ini dianggap lebih besar 1.650 kali ukuran Matahari, itu akan menelan orbit Saturnus!

7. Bintang Tidak Berkelip

Bintang tampak berkelipkhususnya bila mereka berada dekat cakrawalaSatu bintangSirius,berkelap-kelip beberapa kali sehingga orang-orang mengiranya sebagai UFONamun pada kenyataannyakelipan itu bukanlah milik bintang-bintangtetapi karena atmosfer bumi bergolak.Saat cahaya dari sebuah bintang melewati atmosferterutama ketika bintang muncul di dekatcakrawalaharus melewati banyak lapisan atmosfer dengan kepadatan yang berbeda. Ini memiliki efek membelokkan cahaya sedikit seolah-olah seperti bola dalam mesin pinballCahaya akhirnyasampai ke mata Andatapi setiap pembelokan menyebabkannya mengubah sedikit warna dan intensitas. Hasilnya adalah "berkelap-kelip." Di atas atmosfer bumibintang-bintang tidak kelap-kelip.

8. Anda Dapat Melihat Objek Di Langit Setidaknya 20 quadrillion kilometer Jauhnya

Pada malam yang baikAnda dapat melihat objek sekitar 19.000.000.000.000.000 mil jauhnyadengan mudah.Itu 19 quadrillion milperkiraan jarak ke bintang terang Deneb di Cygnus. Deneb dapat dilihat dimana saja dari Bumi. Ada bintang lainEta Carina, yang sedikit lebih jauh, sekitar 44quadrillion milTapi Eta Carina adalah bintang samar. Ada 2 galaksi juga dapat dilihat dengan kondisi tertentu,Andromeda dan Triangulum . Mereka berjarak sekitar 15 dan 18 quintillion mil jauhnya! (1Quadrillion = 1015sedangkan 1 Quintillion = 1018).

9. Bintang Paling Masif Adalah Bintang Yang Memiliki Hidup Paling Singkat

Bintang-bintang katai merah yang memiliki massa sedikit bisa mencicipi bahan bakarnya selama 10 triliun tahun sebelum akhirnya habis. Sebaliknya,bintang-bintang masif akan memakan bahan bakarnya dengan cepat. Sebagai contoh, salah satu bintang paling masif yang kita tahu adalah EtaCarinaeyang terletak sekitar 8.000 tahun cahayaBintang ini diperkirakan memiliki massa 150 kalimassa matahari dan mengeluarkan energi 4 juta kali lebih banyak dari energi Matahari. Secara perlahan Matahari kita membakar hidrogennya sudah miliaran tahun dan masih akan terus membakar miliaran tahun kedepan. Sedangkan Eta Carinae mungkin akan hancur dalam beberapa juta tahun kemudian karena kehabisan bahan bakar. Para astronom memperkirakan bintang ini akan meledak menjadi Supernova. Ketika itu terjadi,bintang ini akan menjadi objek paling terang ketiga di langit setelah Matahari dan Bulan. Anda bisa melihatnya siang hari dan di malam hari,anda bisa membaca menggunakan cahayanya.

10. Dan Mereka Sangat Jauh

Dengan begitu banyak bintang di luar sana,berarti kita jelas jarak yang jauh juga kita bicarakan.Bintang terdekat dengan Bumi adalah Proxima Centauriyang terletak 4,2 tahun cahayaDengan kata lain, cahaya bintang ini membutuhkan 4 tahun lebih untuk mencapai Bumi. Jika Anda mencoba untuk mencari tumpangan pada pesawat ruang angkasa tercepat yang pernah diluncurkan dari Bumi,anda membutuhkan 70.000 tahun untuk sampai ke bintang Proxima Centauri. Saat ini,perjalanan antar bintang masih belum memungkinkan.

Sumber : http://astronesia.blogspot.com/2014/03/10-fakta-menarik-bintang-bagian-ii.html

0 komentar

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...