Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 04 Agustus 2013

Letak Ingatan Manusia


Haha, gara-gara aku nonton Mr.Brain, aku jadi ingin ngepos artikel ini yang  berjudul "letak ingatan maunusia". Ini drama keren banget menurutku, kenapa aku baru nemu nih darama, padahal drama nih sudah lama.

Oke, kita mulai saja pembahasannya.
Jadi letak ingatan manusia itu berada di Hippocampus.
Hipokampus (bahasa InggrisHippocampus) adalah bagian dari otak besar yang terletak di lobus temporal. Manusia memiliki dua hippocampus, yakni pada sisi kiri dan kanan. Hipokampus merupakan bagian dari sistem limbik dan berperan pada kegiatan mengingat (memori) dan navigasi ruangan. Istilah hipokampus diturunkan dari bentuknya pada potongan koronal yang menyerupai kuda laut. (Bahasa Yunanihippo:kuda,kampos:monster laut).
Pada penyakit Alzheimer, hippocampus menjadi bagian otak yang pertama kali mengalami kerusakan; kesulitan mengingat dan kehilangan orientasi menjadi gejala utamanya. Kerusakan pada hippocampus dapat menyebabkan anoksia dan ensefalitis.
Hormon yang disekresi hipokampus, antara lain adalah GHIH.
Pada anatomi hewan, hippocampus merupakan bagian yang tertua secara filogeni.
Kiri = Neokorteks. kanan=hippokampus.

Ketika orang melihat sesuatu yang baru, hippocampus mulai bekerja.
Setelah beberapa saat, informasi tersebut dikirim ke neokorteks otak dan juga ke serebral korteks (cerebral cortex).
Bagian inilah yang dapat menyimpan ingatan manusia dalam jangka waktu yang panjang.
Selain itu neokorteks juga  terlibat dalam fungsi yang lebih tinggi seperti persepsi sensorik, generasi perintah gerak, penalaran spasial, pikiran sadar dan bahasa.
Nah,bila Hippocampus ini rusak, maka manusia tidak akan dapat menyimpan memorinya atau meneruskannya neokorteks.
Ada fakta lain,bila Hippocampus manusia rusak,  kemungkinan manusia masih bisa mengingat dengan "perasaannya". Ya, ada bagian dalam otak manusia yang berguna untuk mengatur emosi/perasaan dan menyimpan emosi itu dalam bentuk memori atau kenangan. Yaitu pada sistem limbik tepatnya pada korteks limbik. Yang tertanam jauuh didalam otak.

0 komentar

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...