Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 01 Agustus 2012

Harimau juga makan rumput?




Banyak wisatawan yang mengunjungi Kebun Binatang Chongqing pernah menyaksikan hal yang aneh bahwa sejumlah harimau sedang makan rumput.

Ada pengunjung langsung bertanya-tanya apakah harimau-harimau itu kelaparan karena tidak diberi makanan cukup. Namun, menurut penjelasan petugas kebun binatang, harimau di kebun binang terawat baik, setiap ekor harimau diberi makan 11 kilogram daging per hari. Harimau makan rumput bukan karena lapar, tapi barangkali karena beberapa faktor: pertama, harimau suka main, barangkali mereka makan rumput, hanya main-main saja. Kedua, harimau dalam setahun beberapa kali mengalami estrus atau masa birahi. Selama estrus, barangkali harimau akan makan rumput, tapi yang terpenting makan rumput hanya untuk membantu pencernaan.

Harimau, seperti semua hewan monogastrik (dan seperti semua kucing, bahkan kucing rumah), harus makan rumput untuk membantu pencernaan dan untuk mendapatkan serat yang cukup dalam makanan mereka untuk membantu mereka buang air besar lebih mudah. Seringkali -isi perut herbivora , rusa yang mereka makan sudah cukup untuk memberi mereka serat yang mereka butuhkan, tapi kadang-kadang mereka ingin mengunyah pada beberapa  rumput di sana-sini.

0 komentar

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...