Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 26 Juni 2012

10 penemuan terbaru di alam semesta yang fenomenal

Teknologi yang lebih baik membuat kita mempunyai kesempatan untuk belajar lebih banyak tentang alam semesta kita.Pada beberapa tahun terakir, para astronom telah menemukan beberapa penemuan yang cukup fenomenal, yang mungkin tidak terbayang oleh Anda. Berikut adalah daftar dari beberapa penemuan ruang angkasa terakhir, tanpa urutan tertentu. Nikmatilah!


 10. Penemuan Satelit Alam yang Mengorbit Pluto

 

Pluto sekarang memiliki empat bulan yang telah diketahui. Charon ditemukan pada 1978, dan merupakan yang terbesar dari bulan Pluto. Berdiameter 648 mil, menyebabkan banyak orang menganggap satelit alam tersebut dengan Pluto sebagai "planet katai ganda". Tidak ada yang baru yang dipelajari dari tubuh es yang mengorbit Pluto sampai 2005, ketika Hubble Space Telescope menemukan Nix dan Hydra. Keduanya mempunyai diameter kurang lebih 20 - 70 mil. Penemuan yang paling menakjubkan tentang bulan Pluto datang pada tahun 2011, ketika Hubble memotret apa yang sementara disebut P4. Dengan diameter antara 8 - 21 mil. Ini adalah prestasi luar biasa, bagi Hubble untuk memotret sesuatu yang kecil dengan jarak yang jauh yaitu lebih dari 3 milyar mil jauhnya dari kita


.9. Gelembung Raksasa Maknetik Ruang Angkasa

 
Dua pesawat ruang angkasa NASA Voyager  telah menemukan gelembung magnetik di wilayah tata surya yang dikenal sebagai heliosheath, 9 miliar mil jauhnya dari Bumi. Pada tahun 1950, ilmuwan percaya ini daerah ruang relatif halus. Tapi ketika Voyager 1 memasuki heliosheath pada tahun 2007, dan Voyager 2 tiba di sana pada tahun 2008 mereka mendeteksi sebuah turbulensi yang dihasilkan oleh medan magnet Matahari, yang menciptakan gelembung magnetik hingga 100 juta mil lebarnya.8. Mira A Tail

Mira1 JalurPada tahun 2007, Galaxy Evolution Explorer, atau GALEX telah dapat memindai Mira A, bintang raksasa merah tua, sebagai bagian dari operasi yang sedang berlangsung untuk memindai seluruh langit dalam sinar ultraviolet. Para astronom terkejut karena mereka menemukan
bahwa bintang tersebut lebih mirip komet, dan komet tersebut mempunyai panjang 13 tahun cahaya, komet tersebut seperti memiliki ekor yang mengikuti di belakang Mira A. komet tersebut melaju melintasi alam semesta dengan luar biasa cepat, sekitar 291.000 kilometer per jam. Sampai penemuan ini, ia berpikir bahwa bintang tidak mungkin memiliki ekor.

 7. Penemuan Air di Bulan 

Air-On-Moon
 Pada 9 Oktober 2009 NASA LCROSS, atau Lunar Crater Observing dan Sensing Satellite telah menemukan adanya air di kawah bulan, dingin gelap secara permanen di kutub selatan bulan.  LCROSS adalah sebuah penyelidikan nasa yang dirancang untuk pengamatan pada bulan, sementara satelit kecil mengikuti di belakangnya untuk mengukur susunan kimiawi dari materi yang terlontar keluar. Setelah setahun analisis data, NASA melaporkan bahwa misi itu menemukan air es di lantai kawah yang permanen-di kawah bulan. Data kemudian dari tiga pesawat ruang angkasa yang berbeda menunjukkan lapisan tipis mantel air permukaan tanah yang setidaknya ada di beberapa daerah. 

6. Eris 


Eris Dan Dysnomia2Pada Januari 2005,
 Eris ditemukan, yang memicu perdebatan di kalangan ilmuwan tentang apa definisi planet sebenarnya. Eris pada awalnya dianggap sebagai planet ke-10, tetapi dan Kuiper dan objek lain Sabuk Asteroid dikelompokkan sebagai  Dwarf Planet(planet kerdil). Eris berada di luar orbit Pluto, dan kira-kira ukurannya yang sama dengan Pluto, meskipun ini awalnya dianggap lebih besar dari Pluto. Eris memiliki satu bulan yang dikenal, bernama Dysnomia. Eris dan Dysnomia adalah benda paling jauh alami yang dikenal dalam Tata Surya.


5, Pola Alliran Air di Mars

sMw-630-NASA-Mars-Air-Flow-630W 
Pada tahun 2011, NASA merilis sebuah pernyataan, bersama dengan foto, dengan mengatakan mereka memiliki bukti bahwa mungkin ada "air mengalir" di Mars. Foto-foto tersebut tampaknya menunjukkan bahwa cairan pernah mengalir di bentang alam planet berbatu tersebut, . Dugaan para ilmuwan terbaik adalah bahwa arus adalah air asin, yang menghangat hanya cukup selama planet tersebut mengalami musim panas saat mencair dan mengalir tumpah  disekitar permukaan. Tanda bahwa Mars pernah memiliki air yang mengalir telah lihat sebelumnya, tapi ini adalah pertama kalinya bahwa tanda-tanda seperti telah diamati berubah selama periode singkat. 

4. Enceladus dan geyser nya 
220px-False Color Cassini
 Citra Jets Di belahan satelit selatan

 Pada bulan Juli 2004, probe Cassini mulai mengorbit Saturnus. Karena misi Voyager sebelumnya , Enceladus, bulan ke-6 terbesar Saturnus, dianggap prioritas oleh para perencana misi Cassini. Setelah melakukan pengamatan dengan Cassini pada tahun 2005, Bulan tersebut terdiri dari uap air dan hidrokarbon kompleks  dari Wilayah Selatan geologis aktif Polar. Pada Mei 2011 NASA ilmuwan di Konferensi Focus Group melaporkan bahwa Enceladus Enceladus "yang muncul sebagai tempat yang paling layak huni di luar Bumi di tata surya bagi kehidupan seperti yang kita kenal." 

3. Arus Gelap 
 NASA-Gelap-Arus Besar

 Arus Gelap, ditemukan pada tahun 2008,merupakan misteri yang sulit dijawab bagi para ilmuwan. Bercak materi di alam semesta tampaknya akan bergerak dengan kecepatan sangat tinggi dan dalam arah yang seragam yang tidak dapat dijelaskan oleh salah satu gaya gravitasi yang dikenal di alam semesta saat ini. Para astronom menyebut fenomena ini "Dark Flow"  Dengan mengamati kluster galaksi besar, Ilmuwan telah menemukan lebih dari 700 kelompok galaksi bergerak pada kecepatan yang aneh ke arah bagian jauh dari alam semesta. Ilmuwan Beberapa bahkan  mengatakan Arus Hitam dapat disebabkan olehAlam semesta lain yang menekan kita sendiri. Namun ada ilmuwan lain yang telah mengkritik penemuan Arus Hitam.Aliran gelap adalah istilah astrofisika menggambarkan komponen non-acak yang mungkin terjadi dari kecepatan aneh kluster galaksi. Kecepatan yang diukur sebenarnya adalah jumlah dari kecepatan yang diperkirakan oleh Hukum Hubble ditambah kecepatan (atau gelap) kecil dan tidak dapat dijelaskan mengalir ke arah yang umum.

Menurut model kosmologi standar, gerakan kluster galaksi sehubungan dengan latar belakang gelombang mikro kosmik harus terdistribusi secara acak ke segala arah. Namun, menganalisis data WMAP tiga tahun dengan menggunakan efek-Sunyaev Zel'dovich kinematik, penulis penelitian ini menemukan bukti  "mengejutkan koheren"  dengan kecepatan 600-1000 km/detik1] aliran cluster menuju sebuah tempat di 20-derajat dari langit di antara konstelasi Centaurus dan Vela.

Teleskop tidak bisa melihat peristiwa sebelumnya dari sekitar 380.000 tahun setelah Big Bang, ketika alam semesta menjadi transparan (Cosmic Microwave Background), ini sesuai denganjarak terjauh partikel yang dapat diamati pada jarak sekitar 46 miliar (4,6 × 1010) tahun cahaya. Karena hal menyebabkan gerakan  berada di luar kisaran ini, yang berarti berada di luar alam semesta kita , namun masih akan berada di kerucut cahaya masa lalu kita.


2. Planet Luar Tata Surya 


 Planet-palnet diluar tata surya kita, atau Exo Planet, ditemukan pada tahun 1992. Penemuan ini termasuk planet kecil yang mengorbit sebuah Pulsar. Ia tidak sampai 1995 ketika sebuah planet raksasa ditemukan dalam orbit empat hari sekitar 51 Pegasi dekat bintang. Pada Mei 2012, sebanyak 770 exoplanet dikonfirmasi tercantum dalam Ensiklopedia Planet Luar Tata Surya. Jumlah yang mencakup 614 planet di sistem planet dan 104 planet dalam sistem planet ganda. Pada Februari 2012, NASA dengan misi Kepler telah mengidentifikasi 2.321 kandidat planet yang belum dikonfirmasi terkait dengan 1.790 bintang induknya.

 1. Planet yang berada pada  Zona dihuni

 
Pada bulan Desember 2011, NASA mengkonfirmasi penemuan planet pertama yang ditemukan di zona habitasi bintang "seperti matahari". Mereka menamai planet Kepler-22b. Planet ini sekitar 2,5 kali radius Bumi, dan mengorbit dengan nyaman dalam zona habitasi. Ilmuwan tidak yakin dengan komposisi planet ini, tapi penemuan itu telah terbukti menjadi langkah besar dalam menemukan "kembaran bumi."


sumber: http://listverse.com/2012/05/19/10-recent-space-discoveries/ 

0 komentar

Poskan Komentar

.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...