Hallo

TER-DIDUNIA yang ADA DI INDONESIA

Inilah ter-didunia yang ada di Indonesia:
Rekor dunia yang ada di Indonesia . semua yang paling di dunia yang ada di Indonesia.
Kenapa Indonesia Menakjubkan dan Mengagumkan ?




1. Indonesia negara kepulauan TERbesar di dunia
 dengan pulau terbanyak. Terdiri dari 17.504 pulau!
2. Ada 3 dari 6 pulau TERbesar di dunia, yaitu Kalimantan ( TERbesar ketiga di dunia, 539.460 km2 ) , Sumatera 473.606 km2 dan Papua ( bergabung dengan Papua Nugini) , 421.981 km.
3. Negara maritim TERbesar di dunia dengan perairan seluas 93 ribu km2 dan panjang pantai sekitar 81 ribu km2 atau hampir 25% panjang pantai di dunia.
4. Pulau Jawa adalah pulau TERpadat di dunia dimana sekitar 60% hampir penduduk Indonesia (sekitar 130 juta jiwa) tinggal di pulau yang luasnya hanya 7% dari seluruh wilayah Indonesia.  5. Negara dengan penduduk beragama Islam TERbanyak di dunia (216 juta jiwa atau 88% dari penduduk Indonesia) & bermasjid TERbanyak di dunia.. (Alhamdulillaah)
6. Negara dengan suku bangsa yang TERbanyak di dunia. Terdapat lebih dari 316 suku bangsa/etnis dengan 670 bahasa dan dialek.
7. Memiliki binatang purba yang masih hidup yaitu Komodo yang hanya terdapat di pulau Komodo yang merupakan kadal TERbesar di dunia. Panjangnya bisa mencapai 3 meter dan beratnya 90 kg.
8. Memiliki pusat grosis tekstil TERbesar di ASEAN yaitu Pasar Tanah Abang.
9. Memiliki gunung api TERbanyak di dunia, lebih dari 400 gunung berapi dan 130 di antaranya termasuk gunung berapi aktif.
10. Memiliki keanekaragaman hayati ( flora & fauna ) TERbanyak di dunia .
11.Destario Metusala, peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI),  menemukan anggrek dari genus Oberonia sp berukuran 1,1 mm – 1,5 mm yang merupakan anggrek terkecil di dunia . Anggrek ini di temukan di   Kepulauan Mentawai
12. Tempat serta habitat ditemukannya bunga terbesar didunia yaitu bunga Rafflesia Arnoldi( Patma Raksasa) endemik di daerah Sumatera, terutama bagian selatan (Bengkulu, Jambi, dan Sumatera Selatan). Diameter bunga ketika sedang mekar bisa mencapai 1 meter dengan berat sekitar 11 kilogram
13. Indonesia memiliki species ikan hiu terbanyak yaitu 150 species.
14. Terumbu Karang (Coral Reef) Indonesia adalah yang terkaya (18% dari total dunia)..
15. Indonesia adalah penghasil gas alam cair (LNG) terbesar di dunia (20% dari suplai seluruh dunia) juga produsen timah terbesar kedua.
16. Indonesia menempati peringkat 1 dalam produk pertanian, yaitu : cengkeh (cloves) & pala (nutmeg), serta no.2 dalam karet alam (Natural Rubber) dan minyak sawit mentah (Crude Palm Oil)

Tidak ada komentar:
Write komentar

Recommended Posts × +