Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 18 Desember 2011

Penerapan Teknologi Nano Saat Ini.


NANOTEKNOLOGI adalah teknologi masa depan mencakup pengembangan teknologi  dalam skala nanometer, biasanya 0,1 sampai 100 nm. Satu nanometer sama dengan 1/seribu mikrometer atau 1/satu juta milimeter atau 1/satu milyar meter atau hampir sama dengan ketebalan rambut di belah 50.000.
Teknologi nano ini hampir tewujud bahkan beberapa telah terwud dan diterapkan pada saat ini. Teknologi ini merupakan teknologi yang sangat mungkin tecapai dan merupakan teknologi menakjubkan yang  sangat diharapkan seluruh dunia saat ini. Seberapa menakjubkan ? apa gunanya? Dan apa tujuannya?
Inilah beberapa contoh kehebatan teknologi nano :
1.       Menghancurkan sel-sel kanker menggunakan robot super kecil yang dapat masuk ke tubuh manusia
2.       Penyimpanan data superbesar, Ribuan gigabite data,atau data seluruh perpustakaan besar akan disimpan dalam chip yang besarnya hanya seujung kuku.
3.       Pemanfaatan energi super efisien, sekaligus ramah lingkungan yang lebih hebat dari pada energi nuklir.
4.       Menutup lubang ozon, yang dapat mengancam kelangsungan hidup dibumi
5.       The super soldiers, penciptaan tentara – tentara super dengan baju pelindung antin peluru ,ledakan dan bila terjadi cedera, langsung dapat menyembuhkan kembali secara otomatis ( rapid self healing)
6.       Memperpanjang umur manusia, menunda penuaan, degenerasi sel bisa diperlambat ,racun – racun dapat dihilangkan dan penyerapan nutrisi dapat maksimal.
7.       Baju yang tidak dapat kusut anti noda dan anti bau.
8.       Mobil anti penyok ,anti gores dan ringan.
9.       Mempercepat pemasakan buah.
Dan   . . . masih banyak lagi. . .

  
Pada tahun 1986 muncul buku Enginees of Creation karya K Eric Dexler. Buku ini menggambarkan sejumlah mesin nano yang secara terus menerus dapat memproduksi segala jenis  barang, lalu melenyapkan pemanasan global, menyembuhkan penyakit, serta memperpanjang masa hidup secara dramatis.  Buku ini sangat populer dan menjadi daya tarik tersendiri bagi para ilmuwan kala itu.
 Saat ini teknologi ini sudah banyak dipergunakan dibeberapa perusahaan dalam produknya , misalnya , suku cadang mobil, pakaian, ski wax, campuran plastik, nano karbon untuk memperkuat baja,mantel, dan penguat katalisator untuk industri perminyakan . Menurut CMP Cientifica, saat ini telah terdapat kurang lebih 600 perusahaan yang menerapkan teknologi nano dalam produknya, seperti IMB dan SAMSUNG.

Beberapa Tekonologi Nano Yang telah diterapkan saat ini.

NANOTEKNOLOGI.

Teknologi Nano yang Telah Terwujud Saat Ini :

1.       Kristal ukuran Nano ( Nanocrystals)

Logam nano kristal mungkin dapat digabungkan dengan bemper mobil,membuatnya lebih kuat,atau pada aluminium, membuatnya lebih tahan lama.  Nano kristal dapat digunakan pada sensor  untuk komponen pada komputer dan perangkat keras. Nano kristal  juga dapat menyerap lalu memancar kembali cahaya yang berbeda warna. kuantum dot solusi telah diproduksi, dengan lampu  bergelombang  cahaya UV. Kuantum dot adalah ukuran skala nano pada perangkat optik yang dapat memancarkan cahaya. 
Quantum Dot Corp - QDot (TM)
teknologi LED
Kuantum dot(QdotTM) adalah teknologi nanokristal yang telah diterapkan pada molekul LEDs (Light Emiting Diodes).
 LED adalah suatu semikonduktor yang memancarkan cahaya monokromatik yang tidak koheren ketika diberi tegangan maju.
Smith dan Nephew memasarkan sebuah  pakaian anti bakteri  mikroba yang menggunakan teknologi nano kristal ( telah dipatenkan oleh Tecnology of NUCRYS Pharmaceutical).
Pakaian ini dapat melenyapkan bakteri dalam waktu sekitar setiap 30 menit.
2.       Partikel ukuran Nano.
Produk kain  Eddie Bauer Nano-careTM dengan permukaan serat berukuran 10 sampai 100 nanometer, digunakan dalam proses pembuatan pakaian. Dikembamgkan oleh Nano Tex. Sebuah perusahaan di Burlington sebagai kegiatan tambahan. Dockers juga membuat kain, baju dan beberapa dasi yang mereka sebut “Stain Defender”. Adalah contoh penerapan teknologi nano partikel pada baju yang tahan terhadap noda, anti kotor dan bau. Produk lainnya, seperti: Dry cleaners, detergen,  karpet dan furniture. LIHAT JUGA SUMBER. .
Nano teknologi juga di terapkan pada beberapa sektor makanan . Beberapa vitamin seperti karoten tidak dapat larut dalam air. Akan tetapi,dengan menggunakan  teknologi nano partikel ini, vitamin-vitamin yang sukar larut dalam air tersebut akan dengan mudah larut dalam air, dan dapat diserap dengan mudah oleh tubuh. Buah minuman limun dan beberapa jus buah dapat ditambahkan zat additive, yang membuat warnanya lebih menarik. Disektor kecantikan teknologi nano partikel juga digunakan dalam kosmetik. BASF beberapa tahun ini menggunakan teknologi nano partikel yang digunakan untuk menangkal radiasi sinar UV oleh nano partikel sengdioksida.  BASF  adalah sebuah perusahaan kimia Jerman. Dipadukan dalam krim tabir surya, partikel yang sangat kecil dapat menyaring energi tingkat tinggi yang keluar dari matahari. Karena mereka kecil sekali, maka tidak akan terlihat oleh mata dan bersifat transparan. Barang-barang dari aluminium saat ini juga ada yang menggunakan teknologi ini. Unsur Argon dalam pembuatan roket dan tembaga yang dipadukan pada mesin kendaraan menggunakn teknologi nano partikel. AngstroMedica telah memproduksi tulang buatan nano partikel. “ tulang buatan ini terbuat dari perpaduan antara  kalsium dan fosfat yangdisebutHydroxyapatite. Dengan merubah ukuran kalsium dan fosfat ke skala molekul,kita dapat menciptakan sebuah bahan baru yang sama dengan struktur dan komposisi dari tulang pada umumnya. Tulang sintetik ini dapat digunakan pada are ayang rusak dan butuh perawatan.” AngstroMedica, Inc adalah sebuah perusahaan biomaterial dan perlengkapan medis yang mengembangkan dan melayani penjualan dari struktur nanocrystalline calcium phosphat (NanOss). Mempelopori alat2 untuk operasi tulang belakang, alat olahraga medis, dll didirikan pada tahun 2001 di Woburn, Massachusetts
3.       Campuran Ukuran Nano

Salah satu contoh dari teknologi campuran logam ukuran nano adalah SAMMS (SELF ASSEMBLED MONOLAYERS on MESOPOROUS SUPPORTS ), SAMMS adalah sebuah sudut enam tertutup dengan pipa berlubang jika dilihat dari depan. Dan ini berguna untuk menyerap polusi zat radioaktif.
Perusahaan Toyota juga menggunakan teknologi logam campuran nano sejak tahun 2001, Toyota menggunakan 60% campuran nano untuk bamper mobil yang diproduksinya.

4.       Nano Struktur Material.
Perusahaan KODAK sedang memproduksi OLED colour screens. OLED adalah srtuktur nano yang digunakan untuk polimer film. OLED merupakan sebuah semi konduktor sebagai pemancar cahaya yang terbuat dari lapisan organik . struktur OLED terdiri dari lapisan kaca yang terbuat dari campuran  oksida timah –indium yang berfungsi sebagai elektron positif atau anoda. Lapisan organik  dari diamine aromatik dengan ketebalan 750 nm, lapisan  pemancar cahaya yana terbuat dari senyawa metal kompleks, misalnya 8-hidroxyquinoline alumunium, dan lapisan katoda terbuat dari campran logam Mgdan perak dengan perbandingan atom 10:1. Kontuksi keseluruhan lapisan tidak lebih dari 500nm, artinya OLED sama tipisnya dengan selembar kertas yang paling tipis.OLEDs atau Organic Light Emitting Diodes juga dapat digunakan pada produk seperti kamera, ponsel, PDA, Laptop, televisi, dan aplikasi lain yang masih diimpikan.
5.       Nano Tube
Perusahaan Nanoledge membuat carbon Nanotube yang digunakan dalam raket tennis , beban raket dapat membelokkan arah bola sehinnga menammbah performa pemain. Suatu perusahaan separti NanoLedge dapat mengatur beratproduk mereka daarigram, ke pon, ke ons dsb . penggunaan Nanotube saat ini telah diterapkan opada layar monocrom yang berdasarkan emisi elektron CNT(Carbon Nanotube). Perusahaan Samsung telah menggunakan teknologi  ini sejak akhir tahun 2003..
6.       Nano Catalys
Perusahaan batu bara  besar  asal china, Shenhua Group telah memegang lisensi penggunaan  teknologi hydrokarbon yang dapat digunakan untuk mencairkan batu bara lalu juga merubahnya menjadi gas. Proses ini menggunakan sebuah gel  yang  dengan sekala nano, yang dapat menghemat biaya.
7.       Nano Filter
Argonide Nanomaterials ,adalah sebuah perusahaan manufaktur yang berad di Orlando, Florida, AS yang menerapkan teknologi nanopartikel dan nonafilter pada produknya. Terbuat dari serat oksida aluminium yang dapat menarik dan menahan partikel-partikel ukuran nano. Serat fiber ini dapat menahan 99,999+% bakteri  pada air yang mengalir. Ini sangat barguna untuk sterilisasi dalam bidang biologi, farmasi, pemisahan protein dll.

Itulah beberapa kehebatan teknologi nano  saat  ini. Dan hal diatas hanyalah awal dari langah-langkah revulotioner lainnya. Nano teknologi pasti akan mempengaruhi kehidupan manusia di kemudian hari. Dari otomotif, kesehatan,energi ,pakaian, komputer, makanan dan masih banyak lagi.

INFORMASI TERBARU DAN  PROYEK SAAT INI :

Molibdenit  Mikrochip Pertama, Bahan Transistor yang Lebih Hebat Daripada Silikon
Molibdenit  adalah salah satu unsur mineral logam yang mempunyai nomor atom 42,terletak pada golongan VI B dan periode ke 5 dalam SPU, dilambangkan dengan Mo.
Pada awal tahun 2011, para ilmuan telah yakin akan adanya potensi besar pada Molidenit disulfida ( MoS 2) sebuah mineral yang relatif melimpah di alam, srtuktur dan sifatnya yang semikonduktor sangat baik untuk dijadikan sebagai transistor. Seperti diungkap oleh Prof. Andreas kis dari Sekolah Politeknik Federal Laussane, molibdenit merupakan bahan yang dapat dibuat menjadi film tipis dan sangat mudah digunakan dalam nanoteknologi.Dibandingkan dengan silikon, bahan ini dapat dibuat lebih mampat.-"Pada lembar molibdenit 0,65 nanometer, elektron dapat bergerak semudah lembar silikon 2 nanometer," ujar Kis, yang meneliti molibdenit ini bersama dua rekannya di EPFL.
Namun, dia mengakui saat ini tidak mungkin membuat lapisan silikon setipis lapisan tunggal molibdenit.
Selain dapat dibuat lebih tipis, molibdenit dapat digunakan untuk membuat transistor yang mengonsumsi daya 100 ribu kali lebih rendah pada keadaan istirahat dibandingkan dengan transistor silikon tradisional.
Dibandingkan dengan grafena, molibdenit memiliki kelebihan dalam hal celah energi. Pada teorifisika zat padat, celah energi merupakan tingkat energi yang tidak dapat diisi oleh elektron.
Celah energi ini dapat ditemukan pada molibdenit yang memiliki celah energi sebesar 1,8 elektron volt, tetapi tidak ada pada grafena. .


Molibdenit dibandingkan dengan silikon dalam kemampuannya untuk memperkuat sinyal, maka sinyal yang keluar akan 4 kali lebih kuat daripada sinyal masuk. Mikrochip Molibdenit ini nantinya akan dapat digunakan dalam komputer dapat digulung atau ditempelkan di kulit.






Keriput dan lipatan di mana-mana. Mereka terjadi di alisberkerut,, permukaan otak manusia, bahkan bagian bawah kakitokek. Dalam banyak kasus, mereka adalah cara yang cerdikalam luas permukaan kemasan lebih ke dalam ruang yang terbatas. Para ilmuwan, meniru alam, telah lama berusaha untukmemanipulasi permukaan untuk menciptakan kerutan danlipatan untuk membuat lebih kecil, perangkat elektronik lebih fleksibel,


Nanoteknologi untuk menghilangkan Keriput
Researchers at Brown University and in Korea used focused ion beams to extract a cross-section of compressed gold nanofilm. When tips of regular, neighboring folds touched, nanopipes were created beneath the surface.

Credit: Kyung-Suk Kim lab, Brown University

ProvidenceRI | Posted on Nov 23, 2011
 Para ilmuwan sepenuhnya harus memahami profil dan kinerja dari keriput dan lipatan pada skala nanodimensi 1 / 50000 ketebalan rambut manusiaDalam serangkaianpengamatan dan percobaaninsinyur di Brown University dandi Korea telah menemukan sifat yang tidak biasa di keriput dan lipatan pada skala nano. Para peneliti melaporkan bahwakeriput dibuat pada lapisan super tipis telah menyembunyikangelombang panjang yang memanjang bahkan ketika lapisanditekanTim juga menemukan bahwa ketika lipatan terbentukdalam lapisan seperti, menutup saluran nano muncul di bawahpermukaan, seperti ribuan super-kecil pipa.

"Kerutan di mana-mana di bidang ilmu pengetahuan," kataKyung-Suk Kim, profesor teknik di Brown dan penulis dari makalah yang diterbitkan dalam jurnal Proceeding of Royal Society A. "Tapi mereka memegang rahasia tertentu.Dengan studi ini, kami telah menemukan matematisbagaimana kerut jarak dari lembaran tipis ditentukan pada substrat lunak yang sebagian besar cacat dan bagaimanakeriput berkembang menjadi lipatan biasa. "

Kerutan yang dibuat ketika lembaran kaku tipis tertekuk di atas dasar lembut atau dalam lunak sekitarnya. Mereka adalahprekursor dari lipatan biasa: Ketika lembaran dikompresicukup, keriput sangat erat spasi bahwa mereka membentuklipatanLipatan yang menarik untuk produsenkarena mereka dapat cocok dengan bidang yang luas dari lembaran dalamruang terbatas.



Kim dan timnya meletakkan lembaran emas nano Filmgranular yang tebalnya mulai dari 20 sampai 80 nanometer  pada substrat karet yang umum digunakan dalam industrimikroelektronika. Para peneliti menekan lapisanmenciptakan kerutan dan memeriksa sifat merekaSeperti pada studi sebelumnya, mereka melihat keriput primer dengan periodikpendek, jarak antara puncak keriput individu 'atau lembah.Namun Kim dan rekan-rekannya menemukan jenis keduakerutdengan periodisitas lebih lama daripada keriput primer -seperti gelombang panjang yang tersembunyiSebagai peneliti dikompresi film nanogranular emas, periodisitaskerutan primer 'menurunseperti yang diharapkanNamunperiodisitas antara gelombang panjang yang tersembunyi,yang kelompok berlabel keriput sekunder, diperpanjang.Kami pikir itu aneh, "kata Kim.

Hal ini menjadi lebih aneh ketika kelompok yang terbentukl ipatan pada lembar nanogranular emas. Di permukaan, semuanya tampak normal. Lipatan diciptakan sebagai puncakkeriput tetangga mendapat begitu dekat sehingga mereka menyentuh. Tapi tim peneliti menghitung bahwa merekalipatanjika memanjang, tidak cocok dengan panjang film sebelum itu telah tertekanSepotong permukaan film asli tidakdiperhitungkan, "seolah-olah telah terkubur," kata Kim.

Memang, sudah, sebagai nano-ukuran saluran tertutup. Penelitisebelumnya, dengan menggunakan mikroskop gaya atomyang memindai permukaan film, telah mampu melihat saluranterkubur. Kim kelompok beralih ke balok ion untuk mengekstrak penampang dari film. Ada, di bawah permukaan,berderet-deret saluran tertutup, sekitar 50 sampai 100nanometer diameter beberapa. "Mereka tersembunyi,kata Kim"Kami adalah yang pertama untuk memotong (lapisan)dan melihat bahwa ada saluran di bawahnya."

Nano tertutup saluran penting karena mereka dapat digunakan untuk menyalurkan cairandari obat-obatan di patch untuk mengobati penyakit atau infeksi, untuk membersihkan air danpemanenan energi, seperti pompa hidrolik mikroskopis.








0 komentar

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...