Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 01 April 2011

SEGALA TENTANG ALAM SEMESTA . SEBERAPA BESAR & LUASKAH JAGAD RAYA INI ?

the UNIVERSE/ALAM SEMESTA
Mengapa planet-planet beredar mengelilingi matahari?
Karena planet - planet memiliki gaya gravitasi. Gaya gravitasi benda-benda angkasa sangat besar, karena ukurannya yang sangat besar. Akibat gaya gravitasi tersebut, planet - planet selalu beredar mengelilingi matahari.
Kenapa ekor komet selalu menjauhi matahari?
Penyebabnya karena adanya angin matahari. Tiap saat matahari menghasilkan partikel - partikel yang dipancarkan ke segala arah. Ruang antar planet dipenuhi partikel- partikel ini yang disebut angin matahari. Ketika mengenai komet , angin matahari menguapkan lapisan-lapisan es pada komet sehingga terlempar ke arah luar seiring gerak partikel tersebut (menjauhi matahari). Makin dekat ke matahari, makin panjang ekor komet. Hal ini terjadi karena makin dekat ke matahari maka makin banyak kandungan partikel angin matahari dan makin besar kelajuan angin tersebut.
Kapan matahari tidak akan bersinar lagi?
Masa matahari dari waktu ke waktu terus berkurang, yaitu sebesar 4,6 juta ton perdetik. Namun, untuk membuat matahari padam memerlukan waktu yang masih sangat lama, di perkirakan Matahari masih dapat bersinar 5 milyar tahun lagi sebelum akhirnya padam.
Planet apa saja yang  berotasi dengan gerak balik(searah jarum jam) ?
yaitu Venus dan Uranus.
Apa itu Black Hole?
BLACK HOLE atau lubang hitam adalah sebuah pemusatan massa yang amat besar sehingga menghasilkan gaya grafitasi yang sangat besar, sehingga mencegah apa pun lolos darinya melalui perilaku terowongan kuantum. Dan semua galaksi diprediksi mempunyai lubang hitam dipusat galaksinya, begitu pula galaks bimasakti.
Apakah tata surya kita juga berevolusi terhadap pusat galaksi?
Ya, tata surya kita
memerlukan waktu 225 - 250 juta tahun untuk menyelesaikan satu orbit, jadi telah 20 - 25 kali mengintari pusat galaksi dari sejak saat terbentuknya. Kecepatan orbit tata surya adalah 217 km/dtk. Jarak antara matahari dg pusat galaksi diperkirakan 27.700 tahun cahaya.
Berapa umur tata surya kita?
Matahari kita diperkirakan berumur 4,57 milyar tahun, maka tata surya dan bumi kita hampir sama umurnya.
Berapa umur jagad raya?


Para ilmuan menaksir umur jagad raya sekitar 13,7 miliar tahun. Hal ini berdasarkan:
1. Penemuan galaksi terjauh yang bernama Abell 1835 IR1916 jarak nya 13,23 milyar th cahaya. Metode penentuan jrk tsb adl dg metode paralaks trigonometri.
Pada th 1929 Edwin Huble di Obsevatorium mendptkan adanya hub antara kecepatan menjauh bintang2 dan jarak galaksi. Makin jauh suatu galaksi, makin besar kecepatannya. Hubble mendapatkan hubungan itu linear dan menuliskannya dlm rumus V= H.D, Dg V= kec menjauh D= jarak galaksi dan H= tetapan Hubble. Dengan rumus Hubble ini dpt di peroleh bahwa semua galaksi di jagad raya ini MENYATU di satu titik.  KAPAN? Waktunya adalah t=D/V Atau t= 1/H. Pada wkt itulah terjadinya BIGBANG yg membentuk alam semesta. Harga t ini lah yg disebut UMUR ALAM SEMESTA. Dg mengukur Tetapan Hubble (H) maka umur alam semesta dpt ditentukan. Dan taksiran terbaik adl 13,7 Milyard Tahun . Nilai rata-rata H saat ini ialah 75 (km/s)/Mpc (1 Mpc atau megaparsec = 3,0857*10^13 km) Jadi usia jagat raya t = H^-1 = 13 milyar tahun.
2. Usia alam semesta di hitung dengan background cosmic radiation dan expansi alam semesta. Disamping itu juga dengan membandingkan dengan benda tertua di alam semesta yaitu bintang kerdil putih (white dwarf) yang terdingin. Dan umur bintang2 tua di globular cluster yg ditentukan dr teori evolusi bintang yaitu 12-13 miliar th.
Seberapa cepat cahaya itu?
Dalam ruang hampa 1 detik cahaya = 299.792.458 m
atau 299.792,46 km biasanya dibulatkan menjadi 300000km.
1 jam cahaya = 1.079.252.848,80
Sedangkan 1 tahun cahaya = 9.460.730.472.580,8 km atau biasa dibulatkan menjadi 10 trilyun km.
Berapa lama cahaya bintang-bintang sampai ke bumi?

Cahaya mengelilingi katulistiwa = 0,13 detik
Dari bulan ke bumi = 1,3 detik
Dari mars ke bumi = 2,6 detik
Dari Matahari ke bumi = 8,3 menit
Dari planet pluto ke bumi = 4 jam
Melintasi galaksi bimasakti = 100.000 tahun
Dari Galaksi Andromeda (Galaksi terdekat dengan bimasakti) = 2 tahun
Dari Alpha Centauri (bintang terdekat dengan bumi setelah matahari) = 4,4 tahun.
Dari bintang sirius ( bintang paling terang dilangit malam) = 8,7 tahun.
Dari bintang Vega = 26 tahun
Dari bintang Antares  (bintang raksasa merah dirasi bintang Scorpio) = 430 tahun.
Dari bintang Rigel = 775 tahun.
Berapa jumlah Galaksi dijagad raya?
Jumlah galaksi-besar (large galaxi) ada 350 Milyar, dan galaksi kecil (dwarf galaxies) ada 7 trilliun buah - Galaksi Bimasakti bagian dari kumpulan galaksi lain membentuk gugusan galaksi, diprediksi ada 25 Milyar gugusan - Gugusan galaksi berkumpul membentuk super cluster, diprediksi ada 10 Juta super cluster.
Berapa jumlah bintang di jagad raya?
Jumlah seluruh bintang di jagad raya diperkirakan mencapai 30 milyar triliun atau 3 x 10^22) buah.
Matahari adalah 1 dari sekitar 200 milyar bintang yang bergerak berputar bersama mengelilingi inti galaksi Milkyway/ Bima sakti . Bintang (serupa matahari, yang memiliki sumber cahaya sendiri, dengan ukuran yang lebih besar atau lebih kecil dari matahari ) pada seluruh langit dan dibumi yang terlihat, dipredikis sekitar 30 milyar trilliun (3x10²²) buah.
Apa planet yang terbesar di alam semesta?

Jupiter merupakan planet terbesar di tata surya. Tapi, planet terbesar di semesta adalah TrES-4b yang ditemukan pada tahun 2006, mengorbit bintang yang berjarak 1500 tahun cahaya dari Bumi. Diameter planet ini 1,8 lebih besar dari Jupiter.
Planet terbesar itu masih dalam perdebatan menyusul hasil observasi terbaru WASP-17b. Planet ekstrasurya yang terletak 1000 tahun cahaya dari Bumi dan memiliki massa setengah Jupiter itu dikatakan mempunyai diameter 2 kali Jupiter.

Apa galaksi terbesar dialam semesta?




Berdasarkan model standar pembentukan galaksi, galaksi terbesar adalah monster eliptikal yang terbentuk dari penggabungan galaksi yang lebih kecil. Contoh galaksi terbesarnya adalah IC 1101 yang berbentuk lensa. Galaksi ini terletak milyaran tahun dari Bumi, di tengah kluster galaksi Albell 2029. Diameter galaksi ini mencapai 6 juta tahun cahaya, membuatnya memiliki volume ribuan kali dari Bima Sakti.

Apa Bintang terbesar di alam semesta?

 Bintang terbesar adalah VY Canis Majoris, terletak 5000 tahun cahaya dari Bumi. Diameternya diperkirakan mencapai 3 miliar kilometer. Perkiraan tersebut sedang diklarifikasi lagi sebab beberapa astronom memperkirakan bahwa diameternya hanya 1 miliar kilometer.  
Berapa energi yang dihasilkan oleh  matahari?

Energi yang dihasilkan matahari yaitu sebesar 1,4 x 10^26 joule per detik. Atau setara dengan energi yang dihasilkan oleh 30 juta truk tangki minyak penuh.
Berapa daya yang dihasilkan dari matahari?
Matahari menghasilkan daya sebesar 385 triliun triliun watt (385 x 10^24 watt)

Berapa energi yang dibutuhkan untuk membentuk alam semesta?
Hasil perhitungan para ilmuwan menunjukkan bahwa energi big bang besarnya kurang lebih 4 x 10^69 joule. Ini setara dengan yang dihasilkan oleh ledakan 9,5 x 10^53 megaton TNT.
Jadi, seberapa luas alam semesta ini?
Taksiran paling tepat jarak tepi paling jauh alam semesta dari bumi adalah 14 miliar persecs ( 46 miliar tahun cahaya, atau 4,6 x 10^10 tahun cahaya. Persecs/ parsek(Ina) = satuan ukur jarak antar bintang 1 persecs = 3,26 tahun cahaya ).
Menurut pengamatan dengan metode Cosmic Microwave Background radiation (CMBR) bahwa diameter alam semesta
yaitu sekitar 28 miliar persecs ( 93 miliar atau 9,3 x 10^10 tahun cahaya) .
Berapa massa jenis alam raya semesta?
Angka terbaru dari parameter Hubble dan merupakan taksiran paling baik adalah 9,30 x 10^-27 km/m^3. Yang terdiri dari 4,6 - 5 %  bintang&atom normal, 23% materi gelap dan benda tak menghasilkan energi(cold dark matter), dan 73% adalah energi gelap ( dark energy).
Berapa volume alam semesta?
Volume alam semesta sekitar 3,38 x 10^80 m^3.
Maka, berat(massa-kg) alam semesta adalah. . .
Yaitu 3,14 x 10^54 kg. Didapat dengan membagi massa jenis (9,30 x 10^-27kg/m^3 dengan volume ( 3,38 x 10^80 m^3.


Bagaimana. . ?
Sangat sulit untuk dibayangkan bukan?
Semua itu hanyalah sebagian kecil tanda-tanda kebesaran Allah swt. Dan mengingatkan kita bahwa sang pencipta memiliki kekuasaan dan kekuatan yang tidak terbatas.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...