Hallo

IQ Lumba-lumba

Persamaan Encephalization quotient (EQ dikembangkan pada akhir abad 19 oleh Snell: E = CS ^ r, di mana E adalah berat otak, S berat badan, C adalah "faktor kognitif" konstan, dan r konstanta eksponensial yang ditentukan secara epir. Kuhlenbeck menyarankan nilai ini sekitar 0,56 untuk mamalia. Macphail menegaskan bahwa eksponen ini kira-kira 0,66 untuk kebanyakan mamalia.

Dimana nilai r telah ditentukan, maka berat otak ditentukan oleh dua faktor lainnya, S, berat badan dan C, faktor kognitif. Persamaan ini, kemudian, memberi kita cara untuk membangun kapasitas relatif otak spesies yang berbeda dengan bobot tubuh yang berbeda. Ketika kita memasukkan nilai untuk bobot otak dan tubuh dari dua spesies, maka nilai C dapat ditentukan untuk setiap spesies. Kita kemudian dapat menemukan kecerdasan hasil inklivitas (EQ) yang merupakan rasio C terhadap nilai mamalia rata-rata. Misalnya, jika spesies tertentu memiliki EQ 2,0, ini berarti spesies tersebut memiliki nilai C dua kali lebih tinggi dari yang diperkirakan pada mamalia dengan bobot yang sebanding dengan rata-rata inklivitas. Atau jika sebuah spesies memiliki EQ 0,5, maka spesies ini memiliki tingkat inklisasi setengah dari mamalia "rata-rata". Mari kita lihat tabel berikut dari hasil desetisasi (dengan menggunakan Macphail's 0,66 sebagai nilai r konstan):

Apakah informasi ini sesuai dengan pemikiran Anda mengenai kecerdasan relatif mamalia? sperti dalam tabel,manusia berada pada puncak daftar diikuti lumba-lumba pada urutan kedua, dan di bawah. Lumba-lumba memiliki reputasi tinggi untuk kecerdasan, tapi apakah kita juga menganggap bahwa anjing lebih cerdas daripada kucing? Bagaimana kita menentukan apakah tikus lebih cerdas dari pada tikus besar? Data ini nampaknya menunjukkan bahwa primata yang lebih tinggi umumnya lebih "encephalized" daripada primata rendah yang relatif terhadap mamalia secara keseluruhan dan bahwa mamalia dan hewan pengerat yang lebih kecil berada di bawah rata-rata.

Lumba-lumba tucuxi memiliki encephalization quotient 4,56, yang berarti otak mereka berukuran 4,56 kali lebih besar dari ukuran otak yang diperkirakan secara statistik untuk ukuran hewan mereka .
EQ lumba-lumba lebih besar dari pada simpanse (2,4) dan mereka memiliki IQ sekitar 35, namun lebih kecil dari pada Homo erectus (6.0), yang kemungkinan memiliki IQ sekitar 55. Ini menunjukkan IQ lumba-lumba sekitar 45-50.
Untuk menempatkan angka-angka ini dalam perspektif, manusia modern memiliki EQ 7,61 .
Namun, fakta dari IQ yang tinggi mungkin bisa berevolusi secara independen dalam garis keturunan yang sangat berbeda dari manusia adalah bukti kuat bahwa evolusi bersifat progresif dan bahwa kecerdasan adalah adaptasi terakhir: kemampuan untuk menyesuaikan diri.
Dan memang, hanya sedikit hewan yang harus menyesuaikan sebanyak cetacea yang nenek moyangnya pertama kali menyesuaikan diri dengan lautan, kemudian berkembang menjadi hewan darat yang sukses. Beberapa organisme telah menempuh jalan evolusi transformatif seperti itu, membuat lumba-lumba terutama berevolusi, mudah beradaptasi dan cerdas.


Karena evolusi begitu luar biasa progresif, Diprediksi bahwa jika manusia punah, dan bumi tetap utuh, dalam waktu 10 juta tahun akan ada spesies lain, setidaknya sama cerdasnya dengan kita. Kelihatannya lumba-lumba sudah berhasil mencapai IQ 45 dan simpanse bahkan jauh tertinggal; itu hanya masalah waktu sebelum salah satu keturunan mereka mencapai IQ 100.








sumber : https://pumpkinperson.com/2017/01/03/the-iq-of-dolphins/
http://serendip.brynmawr.edu/bb/kinser/Int3.html 

Tidak ada komentar:
Write komentar

Recommended Posts × +