Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 23 Oktober 2016

Karakteristik Planet 'Alien' Proxima Centauri b

Proxima Centauri b mempunyai jarak kurang lebih 4,2 tahun cahaya dari bumi, jarak tersebut menjadikan planet ini planet terdekat dengan bumi yang berpotensi berada pada zona layak huni. Meskipun mungkin terjadi pasang surut terkunci (yang berarti satu sisi Proxima b terus menerus menghadapi bintangnya selama satu kali revolusi yang memakan waktu 11,2 hari ), jarak Proxima b dengan bintang induknya,yang merupakan bintang katai merah- Proxima Centauri, menempatkan planet ini berada tepat di Zona Goldilocks. Ini berarti ada kemungkinan kuat bahwa air ada di planet ini.

Sebuah tim dari National Center for Scientific Researc h(CNRS) di Perancis percaya Proxima b mungkin mengandung air yang menutupi seluruh oermukaannya. "Planet ini bisa menjadi 'planet laut', dengan laut yang meliputi seluruh permukaan, dan air mirip dengan beberapa es bulan sekitar Jupiter atau Saturnus," kata tim.




Untuk mencari tahu berapa banyak air yang mungkin terdapat di Proxima b, tim CNRS menggunakan simulasi menggunaka perkiraan jangkauan radius planet, antara 0,94 dan 1,4 kali dari Bumi. Pada batas terendah, simulasi menyarankan planet padat dengan inti logam dikelilingi oleh mantel berbatu, dan air permukaan sekitar 0,05% dari total massa planet. Dengan batas maksimum, namun, simulasi menunjukkan radius planet pada 8920 km (5,542.6 mil), dengan massa yang sama dibagi antara inti berbatu dan air di sekitarnya. "Dalam hal ini, Proxima b akan ditutupi oleh lautan, dengan kedalaman sekitar 200 km," jelas para peneliti. Kedua kasus, tentu saja, berarti Proxima b ditutupi oleh awan tipis, mirip bumi. Hal ini dimungkinkan, meskipun kedekatan Proxima b untuk Proxima Centauri, di mana zona layak huni adalah 25 kali lebih dekat daripada di sistem kita sendiri. Tentu saja, ini hanya simulasi. Seperti dilaporkan sebelumnya, segala sesuatu yang kita asumsikan tentang Proxima b dapat dikonfirmasi setelah James Webb Space Telescope (JWST) diluncurkan pada tahun 2018.
Google Terjemahan untuk Bisnis:Perangkat PenerjemahPenerjemah Situs WebPelu

0 komentar

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...