Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 13 Oktober 2015

10 Bangunan Buatan Manusia Tertua di Dunia


10 Bangunan Buatan Manusia Tertua di Dunia, yang sudah berhasil ditemukan dan diteliti hingga saat ini:

1. Göbekli Tepe (7560 Sebelum Masehi)
               adalah tempat ibadah yang terletak 15 km sebelah timur laut kota 
Şanlıurfa (Urfa) di Turki tenggara. Tempat ini kini sedang dalam penggalian oleh arkeolog Jerman dan Turki. Kuil ini dianggap sebagai kuil tertua yang pernah ada di dunia.  Bangunan ini memiliki ketinggian 15 m (49 kaki) dan berdiameter kira-kira 300 m (984 kaki) dan mencakup dua bagian untuk pemujaan.







2. Barnenez (4850 Sebelum Masehi)

makam terbesar yang ada di Eropa, sekaligus situs pemakaman tertua di dunia. Situs pemakaman Barnenez terletak di pantai timur Prancis. Barnenez sudah ada sejak 4850 Sebelum Masehi (SM). Tempat ini memiliki panjang mencapai 246 meter dan lebar mencapai 82 meter. Struktur tempat ini memiliki 11 pembagian makam.


3. 
Necropolis of Bougon (4700 SM)

Necropolis of Bougon (en.wikipedia.org)
Bangunan tertua di dunia berikutnya juga masih berada di Eropa, tepatnya di Prancis. Bangunan ini berupa gundukan makam yang bernama The Tumulus de Bougon, yang juga dikenal sebagai Necropolis of Bougon. Gundukan makam ini sudah ada sejak 4700 SM. Dalam gundukan makam ini, terdapat ratusan fragmen tulang, kerangka, dan artefak yang telah digali secara hati-hati selama bertahun-tahun. Gundukan makam ini terdiri dari enam gundukan terpisah yang terkait bersama-sama, yang keseluruhan panjangnya mencapai 236 kaki.

4. Tumulus Saint-Michel ( 4500 SM)
Tumulus Saint-Michel (slydventure.net)
Digali pada 1862-1864 dan 1900-1907, Tumulus Saint-Michel telah melalui restorasi awal pada 1927 setelah ditutup untuk wisatawan karena alasan keamanan dan eksplorasi. Pemakaman ini sudah ada sejak 4500 SM. Pemakaman di tempat ini memiliki panjang mencapai 410 kaki, lebar mencapai 196 kaki, dan tinggi mencapai 33 kaki.

5. Monte d'Accoddi (4000 SM - 3650 SM)
Monte d'Accoddi (panoramio.com)
Monte d’Accoddi sudah ada sejak 4000 SM. Monte d’Accoddi merupakan konstruksi unik di Mediterania. Situs, yang terletak di Pulau Sardinia, Italia, ini berbentuk menyerupai piramida atau kuil. Situs ini telah sepenuhnya digali pada 1990, setelah pengerjaannya menghabiskan waktu hampir dua dekade.

6. Knap of Howar ( 3700 SM)



Dianggap sebagai rumah batu tertua di barat laut Eropa, Knap of Howar terletak di Pulau Papa Westray, di kepulauan Skotlandia Utara. Knap of Howar diperkirakan sudah ada sejak 3700 SM. Rumah batu ini tidak sengaja ditemukan ketika terjadi erosi. Rumah batu ini digali secara hati-hati pada 1930-an.

 7. Ġgantija (3700 SM)
 adalah kompleks kuil
 neolitikum di pulau Gozo, Malta. Kuil ini merupakan salah satu kuil megalitikum yang dapat ditemui di Malta. Kuil Ġgantija lebih tua daripada piramida di Mesir. Pembuatnya mendirikan kuil ini selama Zaman Neolitikum (c. 3600-2500 SM), sehingga umurnya mencapai lebih dari 5500 tahun dan merupakan struktur religius tertua kedua di dunia setelah Göbekli Tepe. Bersama dengan struktur-struktur lain yang serupa, Ġgantija telah dijadikan Situs Warisan Dunia UNESCO.
Kuil ini kemungkinan merupakan tempat dilakukannya kultus kesuburan dan para arkeolog yakin figurin dan patung yang ditemukan di tempat ini terkait dengan kultus tersebut. Menurut cerita rakyat lokal, seorang raksasa membangun kuil ini dan menggunakannya sebagai tempat pemujaan, sehingga kuil ini disebut "Ġgantija"

8. The West Kennet Long Barrow (3650 SM) adalah makam yang dibangun pada zaman Neolitik , terletak di pegunungan kabur, dekat Silbury Hill,  satu sampai  setengah mil selatan dari Avebury,Wiltshire, Inggris. Situs ini ditemukan oleh John Aubrey di abad ke-17 dan oleh William Stukeley di abad ke-18. Arkeolog mengklasifikasikan sebagai gundukan panjang. Pembangunan West Kennet Long Barrow dimulai sekitar 3600 SM, yang merupakan sekitar 400 tahun sebelum tahap pertama Stonehenge, dan itu digunakansebagai makam sampai sekitar 2500 SM.
9. Listoghil (3550 SM)


 adalah monumen sentral besar di kelompok Carrowmore makam prasejarah di County Sligo di Irlandia.



10. Sechin Bajo (3500 Sebelum Masehi)
adalah plasa tertua buatan manusia di Casma, kaki bukit Andes, 330 kilometer (210 mil) barat laut dari Lima, Peru. Struktur tersebut adalah salah satu bangunan buatan manusia yang tertua yang pernah ditemukan di Amerika, dibangun sekitar 3500 sebelum masehi berdasarkan penanggalan karbon. 

1 komentar

Jessica Jeon 22 September 2016 16.16

Are you presently trying to ways to accrue global popularity shortly? You simply will need to Buy Facebook Followers to become well known online. paid facebook followers

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...