Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 19 Januari 2014

Tanda-tanda Kiamat Menurut Al-Hadist



Tanda - Tanda Kiamat menurut Hadist / hadis Shahih .
Tanda - Tanda Akhir Zaman

Berikut akan saya sampaikan beberapa tanda-tanda kiamat menurut al-hadist :

1. Hadist riwayat Zainab binti Jahsy r.a. :
Bahwa nabi SAW. bangun dari tidurnya sambil bersabda : Laa ilaaha illallah, celakalah orang - orang Arab karena suatu bencana akan terjadi , yaitu hari ini dinding (bendungan) Yakjud dan Makjuj telah terbuka sebesar ini. Dan Sufyan (perawi hadist ini) melingkarkan jarinya membentuk angkat sepuluh (membuat lingkaran dengan ibu jari dan jari telunjuk). Aku (Zainab binti Jahsy) bertanya: Wahai Rasulullah, apakah kita semua akan binasa padahal di antara kita banyak terdapat orang-orang saleh ? Beliau menjawab: ya, jika banyak terjadi kemaksiatan.

2.Hadist riwayat Usamah r.a.: Bahwa nabi SAW. menaiki salah satu bangunan tinggi di Madinah, beliau kemudian bersabda: Apakah kalian melihat apa yang aku lihat ? Sesungguhnya aku melihat tempat - tempat terjadinya fitnah fitnah di antara rumah-rumahmu bagaikan tempat turunnya air hujan.

3. Hadist riwayat Abu Bakrah r.a, ia berkata, Aku mendengar Rosulullah SAW. bersabda : Apabila ada dua orang muslim saling bertarung dengan menghunus pedang (senjata) mereka, maka pembunuh dan yang terbunuh keduanya akan masuk neraka. Aku (Abu Bakhrah) bertanya atau aku beliau di tanya: Wahai Rosulullah, kalau yang membunuh itu jelas dosa, tetapi bagaimana dengan yang terbunuh? Beliau menjawab: karena sesungguhnya ia juga ingin membunuh saudaranya.

4. Hadist riwayat Hudzaifah bin Yaman r.a.: Hudzaifah bin Yaman berkata: Demi Allah swt,aku adalah orang yang paling mengetahui setiap fitnah yang akan terjadi dari sejak zamanku sekarang sampai kiamat, karena Rosulullah Saw.pernah membisikkan kepadaku sesuatu tentang hal itu yang tidak pernah dibicarakan kepada orang selain aku. Tetapi Rosulullah saw, pernah bersabda ketika beliau berbicara dalam suatu majlis yang aku hadiri tentang fitnah. Kemudian Rosulullah Saw.bersabda sambil menyebutkan satu per satu fitnah-fitnah itu di antaranya adalah tiga fitnah yang hampir tidak meninggalkan sesuatu apapun, di antaranya juga ada fitnah yang seperti hembusan angin musim panas, ada yang kecil dan ada yang besar.

5. Hadist riwayat Abu Hurairah r.a.:
bahwa Rosulullah bersabda : Kiamat tidak akan terjadi sebelum api muncul dari tanah Hijaz yang dapat menerangi leher-leher unta di Bazrah.

6. Bahwa Rasulullah Saw.bersabda: Hari kiamat tidak akan terjadi sebelum sungai Euphat menyingkap gunung emas, sehingga manusia saling membunuh ( berperang) untuk mendapatkannya. Lalu terbunuhlah seratus orang sebanyak sembilan puluh sembilan dan setiap orang dari mereka berkata: semoga akulah yang selamat!
7. Hadist riwayat Ibnu Umar r.a: Bahwa ia mendengar Rasulullah Saw.bersabda sambil melihat ke arah timur: Ketahuilah sesungguhny fitnah akan terjadi disana! Yaitu tempat muncul tanduk setan.

8. Hadist riwayat Sahal bin Saad ra., ia berkata: Aku mendengar nabi saw.bersabda sambil memberi isyarat dengan jari telunjuk dan jari tengah: waktu aku diutus (menjadi rasul) dan waktu hari kiamat adalah seperti ini (mengisyartkan dekatnya waktu kiamat)

9. Hadist riwayat Abu Hurairah ra.: Bahwa Rasulullah saw. bersabda: kiamat tidak akan terjadi sebelum seseorang melewati kuburan orang lain lalu berharap: Alangkah senangnya bila aku menempati tempatnya!

10. Hadist riwayat Abu Hurairah ra.: Rasulullah saw.bersabda kiamat tidak akan terjadi sebelum pinggul -pinggul kaum wanita suku Daus bergoyang di sekeliling Dzul Khalashah, yaitu sebuah berhala yang disembah suku Daus di Tabalah pada zaman jahiliyah.

11. Dari Abu Hurairah ia berkata bahwa Rasulullah SAW: "Hari yang terbit matahari padanya yang paling baik adalah hari jum'at, pada hari itu Adam diciptakan, pada hari itu ia dimasukkan ke dalam surga, pada hari itu pula ia dikeluarkan darinya, dan tidak akan terjadi kiamat kecuali pada hari jum'at (H.R. Muslim, Tirmidzi, & Ahmad)

12. AbĂ» Hurayrah meriwayatkan bahwa Nabi saw. bersabda: “HariKiamat tidak akan datang hingga 30 Dajal (pendusta) muncul, mereka semua berdusta tentang Allah dan Rasul-Nya. “
13. “Diawal kemunculannya, Dajjal berkata, Aku adalah nabi, padahal tidak ada nabi setelahku. Kemudian ia memuji dirinya sambil berkata, Aku adalah Rabb kalian, padahal kalian tidak dapat melihat Rabb kalian sehingga kalian mati (HR.Ibnu Majah)

14.Hadits riwayat Muslim (Mukhtashar Shahih Muslim no. 2037) dari Hudzaefah bin Usaid al-Ghifari Rasulullah bersabda, Kiamat tidak tiba sehingga kalian melihat sebelumnya sepuluh tanda, lalu beliau menyebutkan: Asap, Dajjal, binatang melata, terbitnya matahari dari barat, turunnya Isa putra Maryam, Ya’juj dan Ma’juj, tiga pembenaman (di timur, di barat dan jazerah Arab), dan yang terakhir adalah api yang keluar dari Yaman menggiring manusia ke Mahsyar mereka.”
15 Di dalam ash-Shahihain dan lain-lainnya dari hadits Abu Hurairah berkata, Rasulullah saw bersabda, “Demi dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, sungguh telah dekat saatnya di mana Ibnu Maryam turun di antara kalian sebagai hakim yang adil, dia menghancurkan salib, membunuh babi, menghapus jizyah, dan harta benda melimpah sehingga tidak seorang pun yang menerimanya.” Dalam riwayat lain, “Sehingga satu kali sujud lebih baik daripada dunia dengan segala isinya.” Kemudian Abu Hurairah berkata, “Bacalah jika kalian mau, ‘Tidak ada seorang pun dari ahli kitab kecuali akan beriman kepada Isa sebelum kematiannya’.”

16. Telah bersabda Rasulullah SAW, “Tidak akan terjadi hari kiamat, sehingga kaum Rum turun di kota A’maq dan di Dabiq (dekat Damaskus). Kemudian datanglah suatu pasukan yang menghadang mereka dari Madinah, yang berasal dari penduduk pilihan bumi. Dan ketika mereka sudah berbaris-baris, maka berkatalah orang Rum, ‘Biarkanlah (jangan kalian halangi) antara kami dengan orang-orang yang memisahkan diri dari kami (yang masuk Islam) untuk kami perangi’. Maka kaum Muslimin berkata, ‘Demi Allah, kami tidak akan membiarkan kamu memerangi saudara-saudara kami. Dan ketika mereka (Al-Mahdi serta para pengikutnya) telah sampai di Syam, keluarlah Dajjal. Dan ketika mereka sudah bersiap-siap untuk berperang, mereka berbaris dengan rapi. Tiba-tiba, ketika waktu shalat sudah masuk, turunlah Isa Ibn Maryam AS.” (HR. Muslim dari Abu Hurairah)

17. Telah bersabda Rasulullah SAW, “Pusat kepemimpinan kaum Muslimin pada hari peperangan yang paling besar adalah di sebuah negeri yang bernama Ghuthah, yang mana di negeri itu terdapat sebuah kota yang bernama Damsyik (Damaskus). Ia merupakan tempat tinggal yang terbaik bagi kaum Muslimin pada waktu itu.” (HR. Ahmad dan Abu Dawud)

Semoga bermanfaat

0 komentar

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...