Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 12 Juni 2010

Fakta Menakjubkan Mengenai Tubuh Manusia


Subhanallah, sungguh sempurnanya ciptaan Allah, tidak ada cacat sedikitpun. Mulai sekecil atom sampai sebesar sistem alam raya semua diciptakan-Nya dengan ketelitian yang tinggi dan sempurna. Dan tentunya semua terbentuk bukan hanya kebetulan atau melalui proses evolusi belaka. Sedikit contoh bukti kesempurnaan ciptaan -Nya ada pada sistem tubuh kita. Sebagai berikut :
¤ Rambut

Orang kehilangan 45 helai - 60 helai rambutnya setiap hari. Tetapi karena rata-rata kulit kepala mengandung sekitar 125.000 rambut,maka kehilangan itu tidak ada artinya. Sepanjang hidupnya seseorang dapat kehilangan lebih dari 1,5 juta rambut,walaupun kemudian tumbuh lagi.

Rambut Anda tumbuh pada 4 nanometer per detik (0.000 000 004 m / s).

¤ Otak
.Otak manusia, mengandung sekitar 100 milyar sel neuron. Setelah 18 tahun kita akan kehilangan 1000 neuron tipa hari.
.Otak manusia,punya kemampuan merekam lebih dari 86 megabit informasi (sekitar 11 juta huruf) setiap harinya.
.Bila metabolime otak diubah menjadi energi,maka energi itu setara dengan bola lampu 20 Watt.(mungkin ini alasannya, jika kita mendapatkan ide/gagasan disimbolkan dengan menyalanya lampu diatas kepala kita.!?)
.Rangkaian saraf otak,yang kini baru sebagian dipetakan oleh ahli saraf, adalah 1400 kali lebih kompleks dibandingkan jaringan telepon dunia dewasa ini.
Meskipun berat otak hanya 2% dari total tubuh manusia, tetapi mendapatkan pasokan darah sebanyak 15%
Pada saat ini juga, di otak anda setiap detiknya berlangsung sekitar 100 ribu reaksi kimia yang berlainan.

Impuls saraf dapat merambat melalui beberapa sistem saraf dengan kecepatan 288 km/jam.

-kapasitas memori manusia yang berdasarkan penelitian para ahli "hardisk" otak kita sanggup menyimpan ingatan secara concsious (ingatan diluar kepala) equivalen dengan 500 Ensikloaedia Besar.

- otak manusia mampu selalu memancarkan gelombang otak (brainwave) sesuai dengan kondisi tingkat kesadaran meliputi : Gelombang Alfa (8-12Hz) saat melamun, relaksasi dan berkhayal , Gelombang Beta (12-15) saat melakukan aktifitas berpikir), Gelombang Teta (4-8Hz) saat mengantuk, meditasi, khusuk berzikir, Gelombang Delta (0.5-4Hz) saat terlelap tidur tanpa mimpi, Gelombang epsilon (dibawah 0.5Hz) saat kondisi koma, Gelombang gamma (25-100 Hz) saat stress, tekanan batin, kekawatiran yang sangat sampai jantung mau copot, Gelombang Ultra gamma (diatas 100 Hz) biasanya dimiliki oleh paranormal saat sedang melakukan kegiatan supranatural dan Gelombang Schuman Beresonansi (4-8 Hz) atau bisa disebut sebagai jembatan A-T (Alfa- Beta) yang dimiliki oleh anak-anak indigo, dan jenius dengan IQ (125 keatas) dan menghasilkan kemampuan intuisi yang dahsyat dalam bentuk ESP (Extra Sensory Perception).
-

Satu sel otak dapat berhubungan dengan 25.000 sel otak yang lain.
MATA
Sel kerucut berjumlah sekitar 5 juta buah dalam setiap mata. Sel kerucut sangat peka terhadap intensitas cahaya tinggi sehingga dapat membedakan warna. Sedangkan sel batang berjumlah 100 juta buah setiap mata. Sangat peka terhadap intensitas cahaya rendah,maka tidak mampu membedakan warna,untuk dapat menyerap cahaya sel batang memerlukan pigmen yang disebut rodopsin.

Setelah satu menit terjadi kegelapan, senitivitas mata terhadap cahaya meningkat 10 kali,setelah 20 menit ia meningkat 6 kali dan mencapai batas sensitivitas terhadap cahaya sekitar 25.000 kali dari sebelum ada kegelapan setelah 40 menit.

KULIT
kulit merupakan indera peraba mempunyai reseptor khusus untuk sentuhan(meissener),temperatur(ruffini-krause), tekanan(paccini) serta rasa sakit.

Satu inci persegi atau 6,45 cm persegi, mengandung 645 kelenjar keringat,25 meter saraf dan lebih dari 1000 ujung saraf,65 kantong rambut,75 kelenjar minyak serta pembuluh darah sampai dengan 6 meter.

Air liur
Air liur dihasilkan dan disekresikan oleh kelenjar ludah. Manusia mengeluarkan air liur sekitar 700 ml per hari.

HIDUNG
Kalau anda bersin dengan kuat maka partikel yang terlontar dapat mencapai kecepatan 165 km/jam.

Sistem Pembuluh Darah.
Sistem pembuluh darah terdiri dari pembuluh darah yang panjangnya mencapai 150.000 km(93.000 mil) atau 23 kali keliling bumi.

Dalam setiap 1mm2 darah terdapat 8.000 buah sel darah putih,sekitar 250.000 keping darah dan sekitar 5.000.000 sel darah merah

Pada orang dewasa yang beratnya 65 kg,volume darahnya kurang lebih 5 liter.

Sel darah merah yg masa hidupnya 4 bulan menempuh perjalanan sejauh sekitar 1600 km.

RANGKA
Rangka bayi memiliki lebih dari 300 tulang,beberapa menyatu saat mereka tumbuh.

Rata-rata orang dewasa memiliki 206 tulang.

Tulang lima kali lebih kuat dari pada sepotong baja yang beratnya sama.

Tulang paha dapat menahan beban seberat satu ton pada saat tegak lurus.

Pada tiap langkah, tulang menerima beban sebesar 3 kali berat tubuh.

OTOT
Kita memiliki 600 otot yang tersebar di seluruh tubuh.

Kita menggunakan 200 otot setiap kali menaiki tangga.

Jantung
jantung memompa sekitar 13.640 liter (3.000 galon)darah tiap hari.

Jantung berdenyut lebih dari 30 juta kali dalam setahun.

Jantung tiap harinya memghabiskan energi yang besarnya cukup untuk mengangkat benda seberat hampir satu ton ke ketinggian 13 meter. Pada umur 50 tahun,jantung telah melakukan kerja yg setara dengan mengangkat benda seberat 18 ton ke ketinggian 230 km. Berat ini sendiri lebih berat beberapa kali dibandingkan muatan terberat yg pernah di tempatkan di orbit bumi.

Sperma
Seorang lelaki dapat mengeluarkan 350-360 juta sel sperma di dalam 3 ml air mani.


Sekian.

Sumber:
istamar syamsuri,dkk, 2003 Erlangga:biologi smu 2A dan 2B,
harunhahya.com
wikipedia.org/anatomi

0 komentar

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...