Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 29 Oktober 2014

Fakta Tentang Bintang




Bintang merupakan benda langit yang memancarkan cahaya. Terdapat bintang semu dan bintang nyata. Bintang semu adalah bintang yang tidak menghasilkan cahaya sendiri, tetapi memantulkan cahaya yang diterima dari bintang lain. Bintang nyata adalah bintang yang menghasilkan cahaya sendiri. Secara umum sebutan bintang adalah objek luar angkasa yang menghasilkan cahaya sendiri (bintang nyata).

Dan berikut ini adalah 10 fakta menarik bintang yang mungkin belum anda ketahui

Minggu, 26 Oktober 2014

Film 2D Battle Of Surabaya Rilis September 2015

msv picture, Battle Of Surabaya
JADWAL TAYANG FILM BATTLE OF SURABAYA

Info terkini dari Film Animasi 2D Bettle of Surabaya, Official Bettle of Surabaya telah memberitahukan bahwa film ini rencananya akan dirilis pada Tanggal 15 September 2015, atau Pertengahan September 2015. Jadwal Penayangan perdana mundur dari rencana awal pada tahun 2014, karena proses produksi belum juga rampung sesuai target.

jadwal rilis

10 Virus Paling Mematikan di Dunia

Manusia sudah berjuang melawan virus sejak zaman prasejarah. Beruntung bagi kita yang hidup di zaman modern ini, karena berbagai antivirus dan vaksin sudah ditemukan sehingga virus tidak sampai mewabah.

Namun, ada beberapa virus yang belum bisa ditaklukkan manusia. Salah satunya adalah virus ebola yang merebak di Afrika Barat. Virus ini mematikan karena membunuh 90 persen penderitanya.

"Kondisi ini bisa memburuk," kata pakar virus dari Boston University, Elke Muhlberger.

Namun, ada virus-virus lain yang sama mematikan seperti ebola, bahkan lebih letal. Berikut 10 virus mematikan di dunia:



Humboldt penguin, Penguin yang hidup dipadang pasir.

Tau Gak sih?

kalau ada penguin yang hidup dipadang pasir?
Di dunia ini, ada 16 spesies penguin dan 3 di antaranya hidup di daerah tropis.  Penguin humboldt adalah penguin yang hidup di daerah tropis.

Sabtu, 11 Oktober 2014

Kenapa pojok-pojok Utara disebut Barat Laut dan Timur Laut?


Asal Usul Arah Mata Angin, Timur, Tenggara, Selatan, Barat Daya, Barat, Barat Laut, Utara, Timur Laut.

Kenapa dalam arah mata Angin, Antara Barat dan Utara disebut Barat Laut dan Antara Utara dan Timur disebut Timur laut? kenapa "yang ada lautnya" keutara? emang ke selatan gak ada lautnya? dari mana sal usul kata "laut" tersebut?



Arah Mata Angin




Ya, karena Utara dulu jaman kerajaan Sriwijaya disebut laut.. jadi kalau ke laut ya ke arah utara.

Utara berasal dari kata serupa di bahasa Sansekerta. Kita menjiplak saja, karena memang tak ada salahnya. Tapi arah utara dulu juga disebut dengan kata 'laut' karena di era Sriwijaya, dari Palembang ke utara berarti ke laut. Barat pun berasal dari kata serupa di bahasa Sansekerta. Kita sudah nyaman dengan kata serapan. 

Timur, anehnya diserap dari bahasa Melayu. Tak tahulah kenapa. Selatan juga berasal dari bahasa Melayu, namun dari era setelah pusat Sriwijaya berpindah ke Malaka. Dari Malaka, arah sebaliknya dari utara adalah menuju Selat Malaka. Tidak aneh kalau arah ini lalu disebut selatan.

Bagaimana dengan arah antaranya? 

Timur laut dan barat laut adalah peninggalan era Sriwijaya Palembang lagi. Antara timur dan utara sudah jelas asal-usulnya: timur+laut(utara). Begitupun antara barat dan utara: barat+laut(utara).

Meskipun demikian, ada juga alternatif akar kalimat yang lain. Barat laut bisa merujuk arah yang harus dituju dari Malaka untuk menuju lautan Samudera India. Sementara itu, usai lewat Singapura dari arah Malaka, timur laut adalah arah yang harus dituju untuk menuju Laut Tiongkok Selatan.

Untuk menjelaskan barat daya, kita harus kembali ke Palembang di era Sriwijaya. Waktu itu, lawan kata laut (utara) adalah daya yang berarti daratan yang ada di arah selatan. Jelas sudah, antara barat dan selatan dirujuk dengan barat daya.

Seharusnya pun antara timur dan selatan kita sebut dengan timur daya, tapi entah kenapa justru kita punya kata tenggara. 


Tenggara,Satu hipotesis menyebutkan, kata tenggara berasal dari kata bahasa Jawa tengger, yang berarti luas, selain hanya diraba-raba berasal dari Jawa kuno yang artinya luas, mestinya disebut Timur Daya karena ada benua Australia. Ada yang menduga tenggara dari bahasa Tamil, artinya tepi selatan. Tapi tenggar dari Jawa kuno mungkin lebih pas, angin dari laut luas. Usaha melacak nama-nama ini menarik. Dan ini dilakukan orang Australia yang bingung saat jalan-jalan di Yogya. Tenggara disebut kidul-kulon
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...