Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 28 Mei 2013

6 Hewan Langka Dari Indonesia Yang Mirip dengan Hewan Mitologi

Binatang Langka yang mirip makhluk mitologi/dongeng.
mitologi atau hewan legenda yang biasanya hanya kita dengar dari dongeng-dongeng ternyata ada di Indonesia setidaknya mirip dengan hewan mitologi yang dimaksud. Mau tahu hewan atau binatang apa saja itu?.. Berikut saya akan memuat list hewan Indonesia yang mirip dengan hewan mitologi:


1. Burung Cendrawasih dengan Burung Phoenix
                                           
Burung Cendrawasih yang bisa ditemukan di Papua, Indonesia ini sering dijuluki dengan bird of paradise atau phoenix bird. Burung ini memang memiliki bentuk dan warnanya yang unik sekilas mirip dengan hewan mitologi Phoenix. Tentu saja bulu-bulu Cendrawasih bukan dari api seperti Phoenix. Walaupun begitu Cendrawasih adalah burung yang sangat indah bentuknya. Burung ini dikenal karena bulu yang sangat memanjang dengan warna merah atau kuning yang indah.

* Phoenix dalam mitologi dari Mesir kuno adalah burung api keramat. Phoenix membakar dirinya sendiri oleh api dan dilahirkan kembali dari api. Biasanya digambarkan mempunyai bulu emas dan merah.

 
2. Komodo dengan Naga

Pada awal abad 19 di Eropa tersiar kabar tentang adanya naga raksasa yang hidup di kepulauan Indonesia. Para pelaut militer Belanda waktu itu pernah memberi laporan bahwa makhluk tersebut kemungkinan berukuran sampai tujuh meter panjangnya, dengan tubuh raksasa dan mulut yang senantiasa menyemburkan api. Kolonial Belanda kemudian mengirim satu regu tentara terlatih, dan mendarat di pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur. Ternyata mereka menemukan Komodo. Komodo mirip naga-naga pada lukisan zaman abad pertengahan. Hal yang membedakan Komodo dari naga, ialah Komodo tidak menyemburkan lidah api.

*Dragon atau naga adalah hewan dengan ukuran yang besar. Mereka berbentuk reptil dan nafasnya dapat menyemburkan api.

 
3. Tarsier dengan Gremlin

Di pulau Sulawesi, ditemukan suatu tarsier kerdil yang masih hidup, salah satu primata yang paling langka dan paling kecil di dunia. Binatang ini memiliki mata dan telinga besar yang mirip dengan binatang Gremlin. Pygmy tarsier berukuran kecil dengan bobot hanya 50 gram. Hewan ini hidup di atas pohon dan banyak melakukan aktivitasnya di malam hari.

* Gremlin adalah tokoh monster bertubuh kecil dan berwarna hijau. Gremlin sangat mengganggu dan mengkonsumsi energi listrik. Menurut dongeng orang-orang Inggris, Gremlin suka merusak mesin pesawat.

 
4. Dugong dengan Duyung

Pernah dengar cerita pelaut yang pernah melihat duyung?.. Kemungkinan duyung itu adalah mamalia air yang dikenal sebagai dugong. Mamalia ini bisa ditemukan di perairan dangkal perairan Indonesia terutama kawasan timur. Dugong ini memang tidak memiliki badan manusia. Dugong adalah mamalia laut pemakan tumbuhan.
* Puteri duyung adalah makhluk air yang memiliki kepala dan tubuh layaknya seorang perempuan dan ekor menyerupai ikan.

 
5. Badak bercula satu dengan Unicorn

Marcopolo pada abad 13 dalam tulisannya pernah melihat Unicorn berwarna hitam di kepulauan Indonesia. Ternyata yang ditemukan Marco Polo itu bukannya unicorn, melainkan badak. Di Ujung Kulon terdapat Badak bercula satu seperti halnya Unicorn yang memiliki satu tanduk di kepalanya. Badak Jawa merupakan binatang terbesar di Jawa. Beratnya bisa mencapai 1,5 ton.

* Unicorn merupakan kuda dengan tanduk yang panjang di kepalanya.

 
6. Bekantan dengan Tengu

Orang-orang Jepang yang melihat Bekantan menyebutkan bahwa hewan ini mirip dengan tengu, makhluk mitologi yang dikenal di Jepang. Kera Bekantan merupakan kera yang memiliki hidung yang panjang berbeda dengan kera pada umumnya. Karena Hidung panjangnya ini, orang Jepang menyebutnya sebagai monyet Tengu. Bedanya Bekantan tidak memiliki sayap seperti Tengu. Bekantan bisa ditemukan di Pulau Kalimantan.
*Tengu adalah makhluk mitologi Jepang. Tengu memiliki wajah merah dan hidung yang luar biasa panjang. Tengu juga memiliki sepasang sayap, serta kuku kaki dan tangan yang sangat panjang.

Hewan-hewan Indonesia yang disebutkan tadi memang bukanlah hewan mitologi, mereka benar-benar ada tetapi hewan-hewan tersebut kini terancam kepunahan. Kalau mereka punah, mereka akan benar-benar menjadi hewan mitologi yang hanya akan jadi dongengan untuk anak cucu kita di masa depan. Kita bangsa Indonesia wajib menjaganya dari kepunahan.
 
 
 

10 Bendera Negara Terbaik dan 5 Bendera Negara Terburuk di Dunia

Inilah 10 Bendera Negara Terbaik dan 5 bendera Nasional Terburuk didunia versi listosaur.com, setujukah kamu?




10. Qatar

 
Warna merah tua dalam bendera Qatar melambangkan sejarah negara itu tebentuk  dari pertumpahan darah.Garis zigzag secara harfiah menambahkan kesan tegas dan menarik bagi apa yang melihatnya dan tampak tidak membosankan. Bendera Qatar memberitahukan pada  Anda tbahwa warna merah tua menggambarkan pertumpahan darah di negara itu, diimbangi oleh sisi putih, melambangkan perdamaian.




9. Turkmenistan
 Desain rumit di sebelah kiri bendera Turkmenistan menyoroti warisan karpet yang dihasilkan oleh negara.begitu nyaman untuk dipandang, dan dengan alasan yang sangat baik. Desain di sisi kiri bendera, yang dikenal sebagai Guls, adalah desain yang sama digunakan untuk membuat karpet dalam sejarah negara yang kaya karpet tersebut. Ditambah dengan cabang zaitun di bagian bawah  dan bulan dan bintang-bintang pada latar belakang hijau begitu tampak menarik dan mempunyai kesan desain halus yang periang. Meskipun bendera adalah yang paling rumit dari semua bendera negara ',tetapi teap membuatnya tampak artistik.



8. Jepang
 Bendera Jepang menawarkan desain khas namun sederhana.Sementara beberapa mungkin melihat bendera Jepang tampak membosankan, tetapi bendera ini adalah salah satu bendera yang paling mudah untuk diingat dan dinikmati karena kemurnian dan kesederhanaannya. Kombinasi antara sebuah latar belakang putih dengan matahari merah menyala. Membuatnya sangat menarik mata untuk melihatnya.



 
7. Kiribati

 Bendera Kiribati dikemas dengan  simbolisme.Dikemas penuh dengan simbolisme namun masih cukup sederhana untuk menjadikannya indah, bendera Kiribati merenggut momen mulia di waktu itu. Jumlah sinar matahari dan saluran air putih di Samudera Pasifik mewakili jumlah pulau dalam kelompok, sementara burung yang terbang melayang sebagai pertanda otoritas dan kebebasan.


6. Korea Selatan
Bendera Korea Selatan memiliki dampak visual yang mencolok.
Dampak besar dan desain yang membuat penulis berani memasang bendera Korea Selatan di daftar terbaik. Simbol untuk Yin-yang diletakkan tengah bendera, diapit oleh trigram hitam mencolok dari I Ching, atau Kitab Perubahan, dekat setiap sudut. Simetri, keseimbangan, gerakan dan harmoni terdapat dalam desain ini, dengan menyeimbangkan kekuatan positif dan negatif yin-yang dan masing-masing trigram mewakili salah satu dari empat elemen.




5. Sri Lanka





Bendera Sri Lanka dijuluki Bendera Singa.Dikenal sebagai Bendera Singa (untuk alasan yang jelas), bendera Sri Lanka menggambarkan singa yang funky atau lucu. Singa berdiri untuk kekuatan dan keberanian. Keempat daun sekelilingnya menggambarkan empat kebajikan Buddha dalam kebaikan, ketenangan hati, keramahan dan kebahagiaan. Bahkan  ho-hum karya krem-oranye dengan desain, mengimbangi semangat warna lainnya.4. Papua Nugini


Bendera Papua Nugini fitur Palang konstelasi Selatan.Tidak hanya nama negara menyenangkan untuk mengatakan, tapi berani hitam dan merah bendera kontras adalah menyenangkan untuk melihat. Sebuah warna kuning, burung berbulu surga, khas Papua , mewakili budaya suku sedangkan Southern Cross bintang konstelasi melambangkan hubungan negara kepada orang lain di Pasifik Selatan.
3.
Nepal




Bendera Nepal menawarkan bentuk yang khas.Nepal mendapat pujian karena benderanya yang artistik,lain dari pada yang lain , yaitu dengan bendera dua segitiga nya. Bendera Nepal adalah satu-satunya bendera nasional di dunia yang tidak persegi atau persegi panjang. 
  • Warna bendera merah dengan tepi warna biru. Merah adalah warna bunga azalea yang merupakan bunga nasional Nepal, sedang warna biru melambangkan perdamaian.
  • Gambar bulan sabit dan bintang putih pada segi tiga atas melambangkan Kerajaan.
  • Gambar matahari warna putih pada segi tiga bawah merupakan lambang Keluarga Rana. Motif matahari dan bulan juga mewakili aspirasi baik rakyat agar Nepal selalu abadi bagaikan matahari dan bulan.
  • Dua ujung bendera melambangkan dua puncak Pegunungan Himalaya.






, sedangkan matahari di bagian bawah adalah tanda keberanian dan kemenangan.


2. Albania



Elang berkepala dua, apa itu? Ini simbol keseimbangan membuat pusat mencolok untuk bendera Albania, terutama karena desain berasal dari lambang keluarga dari pahlawan abad ke-15 yang memimpin beberapa daerah untuk merdeka. Gambar elang hitam kontras tajam dengan latar belakang merah menyala, memberi kesan yang kuat dan enak dipandang.



1. Bhutan




Bendera Bhutan menampilkan seekor Naga Guntur.Tidak hanya lambang Bhutan dari Naga Guntur mencuri perhatian sebagai bendera terbaik pada daftar, tapi itu akan membuat lambang lebih keren daripada Albania elang berkepala dua. Tubuh putih naga melambangkan kesucian sementara perhiasan tergenggam di cakarnya menunjukkan kekayaan. Thunder Dragon, juga dikenal sebagai Druk, makhluk mitologi Bhutan, menyeimbangkan antara segitiga oranye dan kuning, yang mewakili kekuatan sekuler dan spiritual di negara Buddhis ini.Dan sekarang, seperti yang dijanjikan, yang 5 desain bendera terburuk di dunia:

5. Monako, Indonesia dan Polandia
Bendera Monaco, Indonesia dan Polandia sangat jelas.

Bendera (kiri ke kanan) Monako, Indonesia dan Polandia.ketiganya berada diurutan  Nomor 5 slot pada daftar bendera terburuk, terutama untuk kurangnya orisinalitas. Monako, Indonesia dan Polandia masing-masing memiliki bendera yang menampilkan band putih dan warna merah - dan hanya itu. dari pada bendera Jepang,3 bendera ini terlalu sederhana dan cendrung membosankan untuk dilihat. Polandia menempatkan merah di bagian bawah,, dan bendera Monaco lebih pendek daripada bendera Indonesia.



4. Saint Lucia




Desain Saint Lucia bendera menyerupai peringatan radiasi decal.Meskipun segitiga merupakan struktur vulkanik berbentuk kerucut Saint Lucia yang melambangkan pulau, desain masih terlalu mengingatkan tanda peringatan zona nuklir begitu jelas. Warna hambar tidak membantu, menggabungkan emas yang samar dengan warna biru yang lemah. Bahkan simbolisme warna, dengan biru untuk laut dan langit dan emas untuk kemakmuran, terlalu klise untuk menjadi mengagumkan.



3. Gibraltar

Bendera Gibraltar fitur kunci anehnya kebesaran.Desain kastil yang babi pusat bendera Gibraltar adalah mantel negara senjata yang berasal dari 1502.. Kunci di pintu benteng melambangkan pentingnya negara sebagai "kunci" ke Mediterania. Tidak hanya adalah klise kunci, tetapi tidak dalam perspektif yang tepat dan skala yang kurang baik.





2. Saint Pierre dan Miquelon


Desain Saint Pierre dan Miquelon terlalu meriah, terlalu banyak! Untungnya bendera Perancis wilayah Saint Pierre dan Miquelon yang disimpan sebagai pengganti bendera Prancis untuk acara-acara resmi. Desain non-resmi yang jauh terlalu sibuk, sumbang, dan termasuk sebuah panel hitam dan putih yang terlihat seperti kamar mandi wallpaper. Keseluruhan merasa terlalu kartun ingin memberikan wilayah prestise apapun, terutama karena kapal terlihat seperti itu didesain oleh orang yang sama dengan castle Gibraltar (lihat No 3 di atas) dan wajah singa 'ditempeli dengan nyengir konyol.




1. Isle of Man

The Isle of Man bendera memiliki desain yang sangat aneh.Menyeramkan dan terputus-putus, Isle of Man fitur bendera terputus anggota badan dalam formasi seperti bintang. Dikenal sebagai seorang triskelion, anggota badan adalah Tiga Kaki Manusia lambang yang berasal dari mantel-of-arms dari daerah terakhir Norse Raja tahun 1252. Orang miskin. Lambang itu sendiri tanggal kembali lebih jauh ke awal Celtic, ternyata sebelum gelas diciptakan, sebagai tiga kaki yang yang tampaknya melambangkan matahari.

sumber:  http://listosaur.com/miscellaneous/10-best-national-flag-designs-in-the-world.html

Perbedaan Serial Transmisi dan Paralel Transmisi

Perbedaan Parallel Transmission  dan Serial Transmission,Asyncronous ,Syncronous, Asinkron, Sinkron, Tidak Sinkron,bit sinkronisasi, bit paritas. .

1. Paralel Transmisi
 Pada transmisi paralel, sejumlah bit dikirimkan per waktu.Paralel transmission
    antara pengirim dan penerima dihubungkan oleh lebih dari 1 jalur transmisi atau dengan kata lain Masing-masing bit mempunyai jalurnya tersendiri.contoh : RAM ke Prosesor, HD ke RAM           dll Peripheral internal komputer .
 Dikarenakan oleh sifatnya yang demikian, maka data yang mengalir pada transmisi paralel jauh lebih cepat pada transmisi serial. Berikut ini merupakan gambar pengiriman transmisi paralel dari pengirim ke penerima.


Pada transmisi paralel, beberapa bit (biasanya 8 bit atau satu byte / karakter) akan dikirim secara bersamaan pada saluran yang berbeda (kabel, saluran frekuensi) dalam kabel yang sama, atau radio jalan, dan disinkronisasi untuk sebuah jam. Perangkat paralel memiliki bus data yang lebih luas daripada perangkat serial sehingga dapat mentransfer data dalam kata-kata dari satu atau lebih byte pada suatu waktu. Akibatnya, ada percepatan dalam transmisi paralel bit rate lebih dari laju bit transmisi serial. Namun, percepatan ini adalah biaya versus tradeoff sejak beberapa kabel biaya lebih dari satu kawat, dan sebagai kabel paralel mendapatkan lagi, sinkronisasi waktu antara beberapa saluran menjadi lebih sensitif terhadap jarak. Waktu untuk transmisi paralel disediakan oleh sinyal clocking konstan dikirim melalui kawat terpisah dalam kabel paralel; sehingga transmisi paralel dianggap sinkron.

Suatu pengiriman data disebut paralel, jika sekelompok bit data ditransmisikan secara bersama-sama dan melewati beberapa jalur transmisi yang terpisah.

    Proses pengiriman data lebih cepat
    Sistem ini akan lebih efektif untuk transmisi data yang memiliki jarak tidak terlalu jauh


Agar data yang diterima itu benar maka selang waktu yang digunakan oleh pengirim dan penerima harus sama.
 Untuk keperluan tersebut mka pengirim dan penerima harus menambahkan “detak” (Time Pulse).
time pulse

    Data dikirimkan sekaligus, misal 8 bit bersamaan
    Kecepatan tinggi
    Karakteristik Media harus baik
    Masalah “SKEW Efek” yang terjadi pada sejumlah pengiriman bit secara serempak dan tiba pada tempat yang dituju dalam waktu yang tidak bersamaan.
2. Transmisi Serial
Pada transmisi serial, pada setiap waktu hanya 1 bit data yang dikirimkan. Dengan kata lain, bit-bit data tersebut dikirimkan secara satu per satu. Model transmisi seperti ini dijumpai pada contoh seperti seorang pengguna menghubungkan terminal ke host komputer yang berada pada bangunan yang lain. Berikut merupakan gambar pengiriman transmisi serial dari pengirim ke penerima.
transmisi serial
Mode serial membutuhkan sinkronisasi/penyesuaian yang berfungsi untuk :
  • Mengetahui bilamana sinyal yang diterimanya merupakan bit data (sinkronisasi bit)
  • Mengetahui bilamana sinyal yang diterimanya membentuk sebuah karakter (sinkronisasi karakter)
  • Mengetahui bilamana sinyal yang diterimanya membentuk sebuah blok data (sinkronisasi blok)
Blok data yang disebut suatu frame tersebut digambarkan sbb :
blok data
Selanjutnya, pada transmisi serial dapat berbentuk dua jenis, yaitu transmisi serial sinkron (synchronous) dan transmisi serial asinkron (asynchronous). Berikut ini merupakan penjelasan dari masing-masing jenis transmisi serial tersebut. Transmisi Serial Sinkron (Synchronous).
 
TRANSMISI SERIAL SINKRON (SYNCHRONOUS)
  • Pada transmisi sinkron, sebelum terjadi komunikasi, diadakan sinkronisasi clock antara pengirim dan penerima.
  • Data dikirim dalam satu blok data (disebut Frame) yang berisi bit2 Pembuka (preamble bit), bit data itu sendiri dan bit2 penutup postamble bit. Ditambahlan juga bit2 kontrol pada blok tersebut.
  • Variasi ukuran frame mulai 1500 byte sampai 4096 byte
  • Dalam komunikasi sinkron, sbh line 56 kbps mampu membawa data sampai 7000 byte per detik
  • Contoh interface berbasis transmisi sinkron : Ethernet

Untuk setiap data yang dikirim terdiri dari:
a. Bit-bit sincronisasi( flag)
yaitu bit 01111110
b. Bit Control
16 bit untuk error detection
c. bit data
s/d 10.000 bit
d. bit control
8 bit
e.bit flag
yaitu 01111110, untuk tanda akhir

blok data
Contoh bit oriented frame (syncrounous)

 Character Oriented Frame :
SYN
01111110
SYN
01111110
CONTROL
16 Bit
Data
s/d 10000 bit (1250 huruf)
Control
8 bit


transmisi sinkron
transmisi sinkron
Transmisi Serial Asinkron (Asynchronous)
  • Pada transmisi Asinkron, sebelum terjadi komunikasi, tidak diadakan sinkronisasi clock antara pengirim dan penerima
  • Data dikirim per karakter dan masing2 karakter memiliki bit start (biasanya 0) dan bit stop (biasanya 1)
  • Start bit berfungsi utk menandakan adanya rangkaian bit karakter yang siap dicuplik.
  • Stop bit berfungsi utk melakukan proses menunggu karakter berikutnya
untuk setiap data yang dikirim terdiri :
 
  a. start bit  : 1 buah bit, bit 0
  sebagai tanda dimulainya pengiriman 1   buah data
 
  b. bit-bit data
  jumlahnya tergantung sistem yang digunakan
  c. bit paritas  : 1 buah bit,
  - digunakan sebagai error detection
  - paritas ganjil atau genap  
 
  d. stop bit  : 1 buah bit, bit 1
  sebagai tanda berakhirnya pengiriman 1 buah data.
 
Contoh : He
0 1001000 1 1 0 01100101 1 1 


Contoh perangkat berbasis transmisi asinkron : RS-232, com #, USB, dll
Berikut ini merupakan gambar kabel USB serta port untuk mencolok kabel USB tersebut.
sumber :  http://www.chopersonal.com/2010/12/jenis-jenis-transmisi-transmisi-paralel.html

Senin, 27 Mei 2013

5 Kapal Berhantu Paling Terkenal di Dunia

Kapal hantu, sebagian kisahnya telah ada dimasyarakat dan diseluruh dunia yang dikisahkan secara turun temurun. Kapal- kapal tersebut kadang-kadang nampak di cakrawala sebelum akhirnya dengan cepat menghilang, dan banyak orang meyakini bahwa hal-hal buruk akan datang. selain itu, kapal-kapal ini juga sering ditemukan dengan keadaan terapung tanpa awak atau penumpang, sering di bawah keadaan yang menakutkan dan misterius. Yang pasti,kapal hantu benar-benar penuh misteri yang diselimuti hal-hal yang mengerikan dan tak masuk akal. Berikut ini adalah sepuluh kapal hantu paling terkenal yang terus memprovokasi spekulasi dan misteri di dunia bahari.

1. The Octavius

Cerita dimulai dari sebuah Kapal penangkap ikan paus bernama Herald tahun 1775 di laut Arktik secara tidak sengaja menemukan sebuah kapal besar terapung-apung di lautan. Ketika di Dekati baru diketahui kapal tersebut bernama lambung The Octavius, The Octavius sendiri juga merupakan kapal penangkap ikan paus, tak ada tanda-tanda kehidupan di Kapal tersebut hingga seorang kru kapal Herald memberanikan diri untuk menaiki kapal tersebut.

Secara mengejutkan kru tersebut menemukan puluhan mayat kru kapal The Octavius tergeletak membeku, diduga kru-kru tersebut mati kedinginansetelah lama tersesat di lau Arktik dan kehabisan bekal. Yang paling mencengangkan ternyata Kapal The Octavius telah dilaporkan hilang 13 Tahun yang lalu, jadi selama jeda waktu tersebut Kapal tersebut hanya terombang-ambing di lautan, setelah penemuan kapal tersebut hingga kini tersiar kabar banyak kapal-kapal penangkap ikan melihat penampakan The Octaviusdi Lautan Arktik, ketika didekati kapaltersebut mendadak menghilang di dalam kabut.


2. The Joyita

Ditahun 1955 sebuah kapal disewa oleh sekelompok nelayan yang berjumlah 25 orang yang digunakan untuk menangkap ikan di perairan Pasifik Selatan. dalam persetujuaan antara pihak penyewa dan pemilik kapa yang harus melapor setiap satu jam sekali namuan di jam ke 7 kapal tersebut tidak melaporkan diri. Demi keselamatan para awak kapal maka dikerahkanlah tim SAR untuk menemukan kapal tersebut. setelah pencarian yang melibatkan semua tim SAR yang ada. The Joyita tak ditemukan sampai akhirnya 5 minggu kemudian ditemukan terapung-apung sejauh 600 mil, atau 1000km dari tempatnya menghilang.

Ketika kapal ditemukan tak satupun dari 25 awak kapal tersebut di temukan, para tim SAR hanya menemukan kerusakan yang diduga sekelompok bajak laut telah menyerang kapal ini. dari hasil penyeledikan pula ditemukan beberapa ceceran darah di dek kapal, diduga para pembajak membunuh semua kru kapal dan melemparnya ke laut.


3. The Lady Lovibond

Lady Lovibond adalah sebuah kapal yang digunakan sepasang pengantin baru untuk melakukan bulan madu, pada waktu bersamaan bebeberapa kru juga di ikut sertakan dalam kapal itu, salah satunya mantan pacar si istri yang tidak diketahui oleh si suami yang bernama Simon Peel, dari Informasi yang apasih.com dapatkan mantan pacar si istri merasa dendam lalu membunuh pasangan pengantin itu dan semua kru dengan belati, dan ia sendiri menabrakan kapal tersebut ke gugusan karang hingga tenggelam 13 Februari 1748.

Cerita keangkeran laut itupun masih ada hingga sekarang, laporan terakhir dari para nelayan yang pernah melihat kapal tersebut di tahun 1998 ketika melintasi gugusan karang ditempat kapal tersebut tenggelam.


4. The Mary Celeste
 

 adalah kapal bernama Mary Celeste, sebuah kapal dagang yang ditemukan tak berawak dan terapung-apung di Samudera Atlantik pada tahun 1872.
5 November 1872, di bawah pimpinan Kapten Benjamin Briggs, Mary Celeste membawa muatan 1.701 barel alkohol industri yang dikapalkan oleh Meissner Ackermann & Co seharga $35.000: Kapal dan muatannya sendiri diasuransikan sebesar $46.000. Mary Celeste berangkat dari Staten Island, New York menuju Genoa, Italia. Selain kapten dan kru yang sebanyak tujuh orang, dia juga membawa dua penumpang, istri kapten, Sarah E. Briggs (perdana nama Cobb), dan anak perempuan berumur dua tahun mereka, Sophia Matilda, yg totalnya membawa 10 orang penumpang. Kapten Briggs menghabiskan hampir seluruh hidupnya di laut, dia pernah memimpin sedikitnya lima kapal dan memiliki beberapa kapal sendiri. Kru dalam pelayaran ini termasuk seorang berkebangsaan Denmark dan empat orang jerman, namun semuanya dapat berbahasa Inggris dengan fasih, memiliki catatan yang baik, berpengalaman sebagai pelaut dan dapat dipercaya.
Mary Celeste memulai pelayaran tujuh hari lebih awal dari kapal Dei Gratia, yang berasal dari pelabuhan dan tujuan yang sama. Kapten dari Dei Gratia, David Reed Morehouse, mengenal kapten Briggs secara pribadi.
Beberapa laporan tentang cuaca buruk terjadi selama bulan Oktober, namun pada pelayaran Dei Gracia melalui Samudra Atlantik tidak menemukan hambatan cuaca. Pada tanggal 4 Desember 1872 (beberapa laporan menyebuutkan tanggal 5 Desember 1872) sekitar pukul 1 siang, juru mudi Dei Gratia melihat sebuah kapal melalui teropongnya, mengapung sejauh 5 mil dari posisi mereka saat itu yaitu sekitar 600 mil sebelah barat Portugal. Berdasarkan pada pengalamannya, dia merasakan ada keganjilan pada kapal tersebut. Kapal tersebut hanya mengapung dan layarnya tampak ganjil. kemudian dia melapor kepada perwira dua, john Wright, yang merasakan keanehan yang sama. Setelah melapor pada kapten Morehouse, yang kemudian menginstruksikan untuk mendekat, dan di ketahui kemudian bahwa kapal tersebut adalah Mary Celeste. Morehouse bertanya tanya kenapa Mary Celeste belum juga berlabuh di Italy. Kapten memerintahkan untuk memeriksa kapal tersebut hampir selama 2 jam. Mary Celeste sendiri hanya berlayar mengapung perlahan mendekati terusan Gibraltar, karena tidak ditemukan siapapun di ruang kemudi dan juga dek kapal.
 Padahal saat berangkat kapal ini membawa setidaknya 80an awak, temuan lain menyebutkan kapal ini berada pada kondisi yang sangat amat baik, tak ada kerusakan di dalam kapal bahkan layar kapalpun masih mengembang tanpa robek, cerita menakutkan lainya dari kapal The Mary Celeste adalah posisi barang-barang didalam kapal masih berada pada tempatnya.

Jika kapal ini dibajak kemungkinan barang-barang berharga pastilah akan menghilang dan setidaknya mungkin ada perlawanan yang bisa menimbulkan kerusakan namun semua itu tidak ditemukan di kapal ini. kru kapal ini bagai menghilang begitu saja secara misterius. beberapa teori gila tentang kapal ini pun mulai muncul dari secara tidak sengaja memasuki perairan segitiga bermuda sampai diculik Alien. namun semua itu tentang The Mary Celeste akan tetap menjadi misteri hingga kini.


5. The Flying Dutchman

Patung Kapal The Flying Dutchman di tanjung harapan

Dan inilah cerita kapal hantu paling terkenal di dunia, The Flying Dutchman. sebuah kapal dagang asal Belanda pada tahun 1700an mengarungi samudra untuk melakukan perjalanan ke daerah kolonial saat itu (diduga Indonesia). taukahkamu di tahun 1700an terusan suez belum ada jadi jika kapal-kapal asal eropa yang ingin ke asia harus memutari benua afrika, daerah paling sulit dilalui saat itu adalah tanjung harapan, karena disana pertemuan arus antara samudra Hindia yang hangat dan samudra atlantik yang dingin menimbulkan arus laut paling ganas di dunia. dinamai Tanjung harapan karena untuk melewati tanjung ini satu-satunya yang dilakukan adalah berharap agar kapal tak ditelan arus ganas tanjung harapan.


Kapal pesiar Disney sedang melewai patung Kapal The Flying Duchman

Arus ganas itupun memakan korban, sebuah kapal yang dikapteni oleh Van der Decken berkebangsaan Belanda berputar ditanjung tersebut karena tertelan arus laut, karena frustasi tak mampu keluar dari arus tersebut Van der Decken akhirnya frustrasi dan menjadi gila sehingga membunuh istrinya yang kebetulan dia ajak, tak berhenti sampai disana ketika sudah kehilangan akal Van der Decken bersumpah ia akan keluar dari pusaran raksasa yang lebarnya 300km akibat pertemuan 2 arus samudra, "walau sampai kiamat pun aku akan menemukan jalan keluar dari laut ini". tapi hal yang tidak ia ketahui tentang arus itu ialah tak seperti kapal jaman sekarang yang menggunakan tenaga mesin akan dengan mudah keluar dari arus itu. lain halnya jika yang berada di arus itu adalah kapal layar tahun 1700an sudah pasti tak akan mampu.

sampai akhirnya kapal tersebut hilang dan hingga sekarang tak pernah ditemukan, ada cerita mengatakan Van der Decken telah dikutuk karena perkataannya. sehingga ia dikutuk untuk terus berada di lautan, banyak cerita mengatakan melihat penampakan kapal tersebut hingga kini. 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...