Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 19 April 2013

Upaya Manusia Agar dapat Hidup Abadi di Masa Depan

Upaya Keabadian , Abadi ,Manusia Abadi

Panjang umur memang belum tentu bahagia, tapi banyak orang yang masih merasa belum puas dengan jatah usianya di dunia. Berbagai upaya dilakukan agar bisa membuat usia jadi lebih lama, mulai dari teknologi memodifikasi sel-sel tubuh hingga menggandakan manusia.

Kematian memang tak terhindarkan. Namun ilmuwan mencoba memberikan beberapa pilihan agar manusia dapat hidup selamanya. Ada beberapa kemungkinan yang bisa dilakukan untuk mencurangi kematian, yaitu dengan cara biologi, digital, maupun spiritual.

Seperti dilansir List Verse, Senin (4/2/2013), berikut adalah cara-cara tersebut:



1. Cryonics

Cryonics adalah mekanisme pembekuan tubuh dalam nitrogen cair hingga suhu minus 196 derajat Celcius. Sebelumnya, darah diberi cairan cryo protectant untuk mencegah pembentukan es di dalam sel. Dengan cara ini, tubuh dan otak akan tetap awet.

Sayangnya belum ada teknologi untuk menghidupkan kembali tubuh yang menjalani prosedur ini. Artinya, cara ini sebatas dilakukan untuk mayat. Ada lebih dari 250 orang yang diawetkan dengan cara ini. Tubuh-tubuh ini menunggu teknologi yang bisa membangkitkan mereka kembali. Teknologi ini dikembangkan oleh ALCOR.


2. Emulasi Otak

Adalah metode pengunggahan pikiran dan ingatan manusia ke dalam komputer. Artinya, otak manusia bisa disalin secara digital ke dalam komputer. Jika pikiran bisa diupload, artinya pikiran juga dapat didownload ke dalam robot. Dengan demikian, pemikiran dan ingatan manusia bisa bertahan lama. Pengembangnya adalah Itskov, seorang Ilmuawan Rusia dengan Projeknya yang disebut proyek 2045 atau Cybernetic Immortality.



3. Sibernetika
Ilmu pengetahuan telah berhasil menciptakan organ buatan yang hampir persis dengan organ asli. Misalnya kaki palsu milik Oscar Pistorius, pelari Olimpiade pertama dengan kedua kaki telah diamputasi yang bertarung dengan atlet normal. Manusia tengah berharap diciptakannya alat-alat baru untuk menunjang kehidupan, mungkin jantung buatan yang bisa bertahan selamanya atau organ-organ lain.



4. Nanobots

Nanobots adalah mesin mikroskopis yang dirancang untuk membentuk dan memperbaiki tubuh. Para ilmuwan telah berhasil menggunakan nanobots untuk memperbaiki saraf optik pada hamster buta dengan cara membuat molekul sintetik.

Ketika disuntikkan, molekul tersebut akan mengubah dirinya sendiri menjadi serat untuk memperbaiki saraf. Kini para ilmuwan ingin membuat robot-robot kecil ini untuk dapat membunuh sel kanker.




5. SENS
SENS adalah singkatan Strategies for Engineered Negligible Senescence. Istilah ini terinspirasi oleh lobster dan hydra yang tidak menunjukkan tanda-tanda penuaan sama sekali. Para ahli ingin mencari metode yang sama untuk menghilangkan semua penyakit akibat penuaan.

Untuk mendorong penemuan SENS, Methuselah Foundation menawarkan hadiah uang tunai kepada peneliti yang bisa memecahkan rekor usia tikus terlama. Rekor hingga saat ini adalah 1.819 hari, lumayan bagi hewan yang memiliki harapan hidup kurang dari 1 tahun.


6. Telomerase Eternal Youth

Pada kromosom manusia, ada pengulangan di ujung DNA yang disebut telomere. Tiap kali terjadi pembelahan sel, telomere akan memendek dan mendorong sel berhenti membelah dan akhirnya mati. Enzim telomerase yang ditemukan tahun 1980-an diyakini bisa menghambat proses ini.

Hasilnya, proses penuaan dapat diperlambat atau malah dihentikan. Hasil percobaan membuktikan bahwa tikus tua yang diberi enzim telomerase jadi sehat kembali. Oleh karena itu, enzim ini dikenal sebagai eternal youth atau air mancur keremajaan.


7. Kloning

Kloning adalah upaya menggandakan atau membuat duplikasi makhluk hidup. Para ilmuwan berhasil melakukan teknik ini kepada domba dan sapi. Upaya kloning terhadap manusia sebenarnya bisa dilakukan, namun ditentang keras oleh organisasi kemanusiaan dunia. Alasannya, ya jelas kasihan kloningannya dong, nasibnya pasti sama seperti di film The Island.

Melalui proses kloning, organisme baru yang identik secara genetik bisa dibuat. Tubuh individu hasil kloning akan sama persis dengan individu aslinya.






Minggu, 14 April 2013

Teknologi untuk Membaca Mimpi sedang dikembangkan

 


TOKYO, KOMPAS.com — Ilmuwan Jepang berupaya mengembangkan cara untuk membaca mimpi, sesuatu yang sejak masa lalu telah menjadi misteri.

Dalam studi yang dipublikasikan di jurnal Science, peneliti di ATR Computational Neuroscience Laboratories di Kyoto menggunakan magnetic resonance imaging (MRI) untuk melakukan pemindaian, mendeteksi lokasi otak yang aktif pada saat-saat awal tidur.

Awalnya, sukarelawan saat tidur dipindai dengan MRI. Kemudian, mereka dibangunkan dan diminta menggambarkan mimpinya. Proses ini dilakukan 200 kali.

Hasil studi menunjukkan bahwa ilmuwan berhasil memprediksi gambaran yang dilihat dalam mimpi sukarelawan dengan akurasi 60 persen serta meningkat menjadi 70 persen untuk beberapa obyek spesifik, seperti manusia, kata-kata, dan buku.

"Kami menyimpulkan bahwa kami mampu mengungkap beberapa mimpi dengan tingkat kesuksesan tinggi," kata Yukiyasu Kamitani, pimpinan penelitian ini.

"Mimpi telah memukau manusia sejak zaman kuno. Namun, fungsinya belum terjawab. Saya percaya, hasil penelitian ini adalah langkah kunci menuju pembacaan mimpi yang lebih akurat," tambah Kamitani seperti dikutip AFP, Jumat (5/4/2013) lalu.

Program penelitian Kamitani adalah bagian dari upaya Pemerintah Jepang untuk memahami cara kerja otak dan mengaplikasikannya dalam dunia medis serta meningkatkan kesejahteraan.

"Teknologi ini membantu orang dengan keterbatasan fisik untuk bergerak dengan organ buatan atau membantu menyembuhkan orang yang mengalami demensia atau penyakit terkait otak di masa depan," kata pejabat Kementerian Riset dan Teknologi Jepang seperti dikutip TimesLIVE, Jumat lalu.

Meski demikian, teknologi ini mungkin menuai konsekuensi etik. Di masa depan, mungkin seseorang akan punya kuasa untuk membaca pikiran orang lain.

sumber :http://www.kompas.com

Beberapa Istilah dalam Bahasa Pemrograman C++









Analyst System                                 :  seseorang yang bertanggung jawab atas penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, dan merekomendasikan pemilihan perangkat lunak dan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis atau perusahaan
Bahasa pemrograman    : suatu kumpulan kata (perintah) yang siap digunakan untuk menulis suatu kode program sehingga kode – kode program yang kita tulis tersebut akan dapat dikenali oleh kompilator yang sesuai. Kata – kata tersebut dalam dunia pemrograman sering dikenal dengan istilah keyword (atau disebut juga reserved word).

Boolean                                               :  suatu tipe data yang hanya mempunyai dua nilai. Yaitu true atau false (benar atau salah)
C++                                                        :  bahasa pemrograman komputer yang di buat oleh (Bjarne Stroustrup) merupakan perkembangan dari bahasa C dikembangkan di Bell Labs (Dennis Ritchie) pada awal tahun 1970-an
Char                                                       : Variabel yang mewakili suatu karakter tunggal, sebuah huruf, 1 digit, atau tanda baca.
Clrscr                                                     : Clear screen,perintah yang digunakan untuk membersihkan layar.
Coding                                                  : menerjemahkan persyaratan logika dari pseudocode atau diagram alur ke dalam suatu bahasa pemograman baik huruf, angka, dan simbol yang membentuk program.
Compile                                               :  Penerjemahan Kode Progam menjadi Bahasa Mesin
Const                                                    :  nilai tetap yang pendeklarasiannya mirip dengan variabel, hanya nilainya saja yang tidak bisa berubah, fungsi const  diletakkan di bawah main , memakai “;”, harus di ikuti type data.
Debug                                                   :  sebuah metode yang dilakukan oleh para pemrogram dan pengembang perangkat lunak untuk meng-analisis alur kerja program, mencari dan mengurangi bug, atau kerusakan di dalam sebuah program komputer atau perangkat keras sehingga perangkat tersebut bekerja sesuai dengan harapan
Define                                                  :  nilai tetap yang pendeklarasiannya mirip dengan variabel, hanya nilainya saja yang tidak bisa berubah, fungsi define diletakkan di atas main, tidak memakai “;”
Descrement                                       :  digunakan untu pengurangan nilai yang dilakukan setelah suatu variable diproses.
Ekspresi                                               : Pengkombinasian peubah-peubah dan konstanta untuk menghasilkan nilai baru.
Float                                                      : Variabel yang dapat menampung semua nilai bilangan real, mewakili semua bilangan,dan bilangan dengan pecahan decimal.
Function overloading                     :  proses menggunakan nama yang sama untuk dua atau lebih fungsi
Getch                                                    :  untuk menjeda program selama kita menekan sembarang tombol, fungsi getch() tidak bisa kita gunakan tanpa menambahkan header conio.h, karena getch berada di berkas conio.
Include                                                 : termasuk. Compiler dari c++ yang menjalankan program yang dinamakan preprosesor.
Increment                                           :  operator untuk penambahan nilai
Integer(Int)                                        :  variable yang dapat menampung nilai positif atau nilai negative.
Interpreting                                       : menerjemahkan kode
Operand                                              :  nilai yang dilibatkan oleh operator
Operator                                             :  Suatu tanda atau symbol yang dipakai untuk menyatakansuatu operasi atau menipulasi data.
Operator Aritmatika                       : Operator yang berfungsi untuk operasi aritmatika
Operator Assigment                       : Operator yang berfungsi untuk memasukkan (assign) nilai ke dalam suatu variabel atau konstanta
Operator Binary                                                :Operator yang melibatkat dua operand dalam opersinya
Operator Bitwise                              :Operator yang digunakan untuk melakukan operasi-opersi yang berhubungan dengan pemanipulasian bit.
Operator Ternary                             : Operator yang Digunakan dalam operasi yang melibatkan 3 buah operan
Operator Unary                                                : Operator yang melibatkan sebuah operand

Post Increment                                 :  Penambahan nilai dilakukan setelah suatu variabel diproses
Pre-Increment                                  :  Penambahan nilai dilakukan sebelum suatu variabel diproses.

Preprocessor                                     :  sebuah cara untuk menggantikan perintah-perintah yang umum digunakan pada bahasa pemrograman sebelum dieksekusi
Program                                               :  suatu perangkat lunak (software) yang digunakan untuk keperluan - keperluan aplikatif tertentu di berbagai bidang, baik di lingkungan perusahaan, pendidikan ataupun yang lainnya. Perangkat lunak tersebut sebenarnya merupakan suatu runtutan kode – kode program yang ditulis dengan salah satu bahasa pemrograman tertentu dan telah dikompilasi melalui kompilator yang sesuai dengan bahasa pemrograman tersebut.
Programmer                                      : profesi yang menulis program menggunakan bahasa pemrograman seperti Perl, C++, Python, VB, Visual_Basic_.NET, PHP, dan lain-lain.           
Running                                               :  Proses menjalankan kode mesin sehingga menghasilkan output yang dapat dilihat di monitor.
Sequensial Programing                  : Konsep pemrograman i top down, berawal dari atas sampai akhirnya paling bawah.
Source Code                                      : kumpulan pernyataan atau deklarasi bahasa pemrogramman komputer yang ditulis dan dapat di baca manusia. Source code memungkinkan programmer untuk berkomunikasi dengan komputer menggunakan beberapa perintah yang telah terdefinisi
Struktural Programing                    : sebuah cara pemrosesan data secara terstruktur dalam analisa, cara dan penulisan pemrograman.
Switch-Case                                       : Merupakan pernyataan yang dirancang untuk pengambilan keputusan yang melibatkan banyak alternatif. Setiap cabang akan dijalankan jika syarat nilai konstanta terpenuhi dan default akan dijalankan jika semua cabang di atasnya tidak terpenuhi.
While                                                    : perulanangan while digunakan untuk mengeksekusi blok kode selama suatu kondisi bernilai benar.

Sabtu, 06 April 2013

10 Negara Penghasil Beras Terbesar di Dunia

Beras merupakan  bahan makanan pokok utama dan andalan bagi  sebagian besar penduduk dunia. Terutama bagi penduduk di Asia Amerika Latin , Karibia dan Afrika, selain itu beras juga merupakan sumber ketahanan pangan lebih dari setengah penduduk dunia. Negara China dan India saja bertanggung jawab untuk hampir setengah dari produksi dunia.



Inilah 10 Negara Dengan Produksi Beras Terbesar di Dunia .
Indonesia menempati peringkat ke 3 penghasil beras terbesar didunia.

Most Rice Producing Countries in the World






Rank
Country Name
Rice Production (1000 Metric Ton)
1
China
143000
2
India
99000
3
Indonesia
36900
4
Bangladesh
33800
5
Vietnam
27100
6
Thailand
20500
7
Philippines
11000
8
Myanmar
10750
9
Brazil
7820
10
Japan
7500











sumber : http://www.mapsofworld.com/















Jumat, 05 April 2013

Benarkah Kaum Laki-laki Akan Punah?





CANBERRA – Seorang professor biologi dari University of Canberra, Jenny Graves memperkirakan bahwa pria akan punah dalam kurun waktu lima juta tahun lagi karena adanya ‘kerapuhan inheren (melekat)’ pada kromosom seks pria.

Dalam pembicaraannya dengan Australian Academy of Science, Profesor Graves  mengatakan bahwa setiap wanita mamiliki dua kromosom X yang mengandung 1000 gen atau lebih, sedangkan pria hanya memiliki satu kromosom Y terdapat sekira 100 gen. Demikian dilansir Metro, Kamis (4/4/2013).

“Kromosom X yang ada pada pria hanya ada satu, sedangkan pada wanita ada dua sehingga dapat bertukar bit dan mampu memperbaiki kerusakan-kerusakannya sendiri. Sementara kromosom Y terus mengalami penurunan spiral,” katanya.

Sementara, professor dari Institute for Applied Ecology di University of Canberra, menambahkan, “Ini bisa menjadi berita yang buruk untuk ke depannya bagi umat manusia,”

Menurut Wikipedia, Hukum Mendel menyatakan kromosom merupakan pembawa gen. Pada sel manusia terdapat 23 pasang kromosom yakni 22 pasang autosom dan satu pasang kromosom seks, sehingga total ada 46 per sel.

Kebanyakan mamalia termasuk manusia hanya memiliki sepasang kromosom seks di setiap selnya. Laki-laki memiliki satu kromosom Y dan kromosom X, sementara perempuan memiliki dua kromosom X.

SUMBER :  http://techno.okezone.com/read/2013/04/04/56/786071/5-juta-tahun-lagi-kaum-adam-akan-punah
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...