Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 18 Agustus 2012

Pulau-pulau Indonesia yang sangat kaya raya sejak masa peradaban kuno


Masa lampau Indonesia sangat kaya raya. Ini dibuktikan oleh informasi dari berbagai sumber kuno. Kali ini kami akan membahas kekayaan tiap pulau yang ada di Indonesia. Pulau-pulau itu akan kami sebutkan menjadi tujuh bagian besar yaitu Sumatera, Jawa, Kepulauan Sunda kecil, Kalimantan, Sulawesi, Kepulauan Maluku, dan Papua.

Sumatera - Pulau Emas

Dalam berbagai prasasti, pulau Sumatera disebut dengan nama Sansekerta: Suwarnadwipa (“pulau emas”) atau Suwarnabhumi (“tanah emas”). Nama-nama ini sudah dipakai dalam naskah-naskah India sebelum Masehi. Sumatera juga dikenal sebagai pulau Andalas.

Pada masa Dinasti ke-18 Fir'aun di Mesir (sekitar 1.567SM-1.339SM), di pesisir barat pulau sumatera telah ada pelabuhan yang ramai, dengan nama Barus. Barus (Lobu Tua - daerah Tapanuli) diperkirakan sudah ada sejak 3000 tahun sebelum Masehi. Barus dikenal karena merupakan tempat asal kapur barus. Ternyata kamper atau kapur barus digunakan sebagai salah satu bahan pengawet mummy Fir'aun Mesir kuno.

Di samping Barus, di Sumatera terdapat juga kerajaan kuno lainnya. Sebuah manuskrip Yahudi Purba menceritakan sumber bekalan emas untuk membina negara kota Kerajaan Nabi Sulaiman diambil dari sebuah kerajaan purba di Timur Jauh yang dinamakan Ophir. Kemungkinan Ophir berada di Sumatera Barat. Di Sumatera Barat terdapat gunung Ophir. Gunung Ophir (dikenal juga dengan nama G. Talamau) merupakan salah satu gunung tertinggi di Sumatera Barat, yang terdapat di daerah Pasaman. Kabarnya kawasan emas di Sumatera yang terbesar terdapat di Kerajaan Minangkabau. Menurut sumber kuno, dalam kerajaan itu terdapat pegunungan yang tinggi dan mengandung emas. Konon pusat Kerajaan Minangkabau terletak di tengah-tengah galian emas. Emas-emas yang dihasilkan kemudian diekspor dari sejumlah pelabuhan, seperti Kampar, Indragiri, Pariaman, Tikus, Barus, dan Pedir. Di Pulau Sumatera juga berdiri Kerajaan Srivijaya yang kemudian berkembang menjadi Kerajaan besar pertama di Nusantara yang memiliki pengaruh hingga ke Thailand dan Kamboja di utara, hingga Maluku di timur.

Kini kekayaan mineral yang dikandung pulau Sumatera banyak ditambang. Banyak jenis mineral yang terdapat di Pulau Sumatera selain emas. Sumatera memiliki berbagai bahan tambang, seperti batu bara, emas, dan timah hitam. Bukan tidak mungkin sebenarnya bahan tambang seperti emas dan lain-lain banyak yang belum ditemukan di Pulau Sumatera. Beberapa orang yakin sebenarnya Pulau Sumatera banyak mengandung emas selain dari apa yang ditemukan sekarang. Jika itu benar maka Pulau Sumatera akan dikenal sebagai pulau emas kembali.

Jawa - Pulau Padi

Dahulu Pulau Jawa dikenal dengan nama JawaDwipa. JawaDwipa berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti "Pulau Padi" dan disebut dalam epik Hindu Ramayana. Epik itu mengatakan "Jawadwipa, dihiasi tujuh kerajaan, Pulau Emas dan perak, kaya dengan tambang emas", sebagai salah satu bagian paling jauh di bumi. Ahli geografi Yunani, Ptolomeus juga menulis tentang adanya “negeri Emas” dan “negeri Perak” dan pulau-pulau, antara lain pulau “”Iabadiu” yang berarti “Pulau Padi”.
Ptolomeus menyebutkan di ujung barat Iabadiou (Jawadwipa) terletak Argyre (kotaperak). Kota Perak itu kemungkinan besar adalah kerajaan Sunda kuno, Salakanagara yang terletak di barat Pulau Jawa. Salakanagara dalam sejarah Sunda (Wangsakerta) disebut juga Rajatapura. Salaka diartikan perak sedangkan nagara sama dengan kota, sehingga Salakanagara banyak ditafsirkan sebagai Kota perak.

Di Pulau Jawa ini juga berdiri kerajaan besar Majapahit. Majapahit tercatat sebagai kerajaan terbesar di Nusantara yang berhasil menyatukan kepulauan Nusantara meliputi Sumatra, semenanjung Malaya, Borneo, Sulawesi, kepulauan Nusa Tenggara, Maluku, Papua, dan sebagian kepulauan Filipina. Dalam catatan Wang Ta-yuan, komoditas ekspor Jawa pada saat itu ialah lada, garam, kain, dan burung kakak tua. Mata uangnya dibuat dari campuran perak, timah putih, timah hitam, dan tembaga. Selain itu, catatan kunjungan biarawan Roma tahun 1321, Odorico da Pordenone, menyebutkan bahwa istana Raja Jawa penuh dengan perhiasan emas, perak, dan permata.

Menurut banyak pakar, pulau tersubur di dunia adalah Pulau Jawa. Hal ini masuk akal, karena Pulau Jawa mempunyai konsentrasi gunung berapi yang sangat tinggi. Banyak gunung berapi aktif di Pulau Jawa. Gunung inilah yang menyebabkan tanah Pulau Jawa sangat subur dengan kandungan nutrisi yang di perlukan oleh tanaman.
Raffles pengarang buku The History of Java merasa takjub pada kesuburan alam Jawa yang tiada tandingnya di belahan bumi mana pun. “Apabila seluruh tanah yang ada dimanfaatkan,” demikian tulisnya, “bisa dipastikan tidak ada wilayah di dunia ini yang bisa menandingi kuantitas, kualitas, dan variasi tanaman yang dihasilkan pulau ini.”

Kini pulau Jawa memasok 53 persen dari kebutuhan pangan Indonesia. Pertanian padi banyak terdapat di Pulau Jawa karena memiliki kesuburan yang luar biasa. Pulau Jawa dikatakan sebagai lumbung beras Indonesia. Jawa juga terkenal dengan kopinya yang disebut kopi Jawa. Curah hujan dan tingkat keasaman tanah di Jawa sangat pas untuk budidaya kopi. Jauh lebih baik dari kopi Amerika Latin ataupun Afrika.
Hasil pertanian pangan lainnya berupa sayur-sayuran dan buah-buahan juga benyak terdapat di Jawa, misalnya kacang tanah, kacang hijau, daun bawang, bawang merah, kentang, kubis, lobak, petsai, kacang panjang, wortel, buncis, bayam, ketimun, cabe, terong, labu siam, kacang merah, tomat, alpokat, jeruk, durian, duku, jambu biji, jambu air, jambu bol, nenas, mangga, pepaya, pisang, sawo, salak,apel, anggur serta rambutan. Bahkan di Jawa kini dicoba untuk ditanam gandum dan pohon kurma. Bukan tidak mungkin jika lahan di Pulau Jawa dipakai dan diolah secara maksimal untuk pertanian maka Pulau Jawa bisa sangat kaya hanya dari hasil pertanian.

Kepulauan Sunda kecil (Bali, NTB dan NTT) - Kepulauan Wisata

Ptolemaeus menyebutkan, ada tiga buah pulau yang dinamai Sunda yang terletak di sebelah timur India. Berdasarkan informasi itu kemudian ahli-ahli ilmu bumi Eropa menggunakan kata Sunda untuk menamai wilayah dan beberapa pulau di timur India. Sejumlah pulau yang kemudian terbentuk di dataran Sunda diberi nama dengan menggunakan istilah Sunda pula yakni Kepulauan Sunda Besar dan Kepulauan Sunda Kecil. Kepulauan Sunda Besar ialah himpunan pulau besar yang terdiri dari Sumatera, Jawa, Madura dan Kalimantan. Sedangkan Sunda Kecil merupakan gugusan pulau Bali, Lombok, Sumbawa, Flores, Sumba, dan Timor.

Daerah Kepulauan Sunda kecil ini dikenal sebagai daerah wisata karena keindahan alamnya yang menakjubkan. Sejak dulu telah ada yang berwisata ke daerah ini. Perjalanan Rsi Markandiya sekitar abad 8 dari Jawa ke Bali, telah melakukan perjalanan wisata dengan membawa misi-misi keagaman. Demikian pula Empu Kuturan yang mengembangkan konsep Tri Sakti di Bali datang sekitar abad 11. Pada tahun 1920 wisatawan dari Eropa mulai datang ke Bali. Bali di Eropa dikenal juga sebagai the Island of God.

Di Tempat lain di Kepulauan Sunda Kecil tepatnya di daerah Nusa Tenggara Barat dikenal dari hasil ternaknya berupa kuda, sapi, dan kerbau. Kuda Nusa tenggara sudah dikenal dunia sejak ratusan tahun silam. Abad 13 M Nusa Tenggara Barat telah mengirim kuda-kuda ke Pulau Jawa. Nusa Tenggara Barat juga dikenal sebagai tempat pariwisata raja-raja. Raja-raja dari kerajaan Bali membangun Taman Narmada pada tahun 1727 M di daerah Pulau Lombok untuk melepas kepenatan sesaat dari rutinitas di kerajaan.

Daerah Sunda Kecil yang tidak kalah kayanya adalah Nusa Tenggara Timur, karena di daerah ini terdapat kayu cendana yang sangat berharga. Cendana adalah tumbuhan asli Indonesia yang tumbuh di Propinsi Nusa Tenggara Timur. Cendana dari Nusa Tenggara Timur telah diperdagangkan sejak awal abad masehi. Sejak awal abad masehi, banyak pedagang dari wilayah Indonesia bagian barat dan Cina berlayar ke berbagai wilayah penghasil cendana di Nusa Tenggara Timur terutama Pulau Sumba dan Pulau Timor. Konon Nabi Sulaiman memakai cendana untuk membuat tiang-tiang dalam bait Sulaiman, dan untuk alat musik. Nabi Sulaiman mengimpor kayu ini dari tempat-tempat yang jauh yang kemungkinan cendana tersebut berasal dari Nusa Tenggara Timur.

Kini Kepulauan Sunda kecil ini merupakan tempat pariwisata yang terkenal di dunia. Bali merupakan pulau terindah di dunia. Lombok juga merupakan salah satu tempat terindah di dunia. Sementara itu di Nusa tenggara Timur terdapat Pulau yang dihuni binatang purba satu-satunya di dunia yang masih hidup yaitu komodo. Kepulauan Sunda kecil merupakan tempat yang misterius dan sangat menawan. Kepulauan ini bisa mendapat banyak kekayaan para pelancong dari seluruh dunia jika dikelola secara maksimal.

Kalimantan - Pulau Lumbung energi

Dahulu nama pulau terbesar ketiga di dunia ini adalah Warunadwipa yang artinya Pulau Dewa Laut. Kalimantan dalam berita-berita China (T’ai p’ing huan yu chi) disebut dengan istilah Chin li p’i shih. Nusa Kencana" adalah sebutan pulau Kalimantan dalam naskah-naskah Jawa Kuno. Orang Melayu menyebutnya Pulau Hujung Tanah (P'ulo Chung). Borneo adalah nama yang dipakai oleh kolonial Inggris dan Belanda.

Pada zaman dulu pedagang asing datang ke pulau ini mencari komoditas hasil alam berupa kamfer, lilin dan sarang burung walet melakukan barter dengan guci keramik yang bernilai tinggi dalam masyarakat Dayak. Para pendatang India maupun orang Melayu memasuki muara-muara sungai untuk mencari lahan bercocok tanam dan berhasil menemukan tambang emas dan intan di Pulau ini.

Di Kalimantan berdiri kerajaan Kutai. Kutai Martadipura adalah kerajaan tertua bercorak Hindu di Nusantara. Nama Kutai sudah disebut-sebut sejak abad ke 4 (empat) pada berita-berita India secara tegas menyebutkan Kutai dengan nama “Quetaire” begitu pula dengan berita Cina pada abat ke 9 (sembilan) menyebut Kutai dengan sebutan “Kho They” yang berarti kerajaan besar. Dan pada abad 13 (tiga belas) dalam kesusastraan kuno Kitab Negara Kertagama yang disusun oleh Empu Prapanca ditulis dengan istilah “Tunjung Kute”. Peradaban Kutai masa lalu inilah yang menjadi tonggak awal zaman sejarah di Indonesia.

Kini Pulau Kalimantan merupakan salah satu lumbung sumberdaya alam di Indonesia memiliki beberapa sumberdaya yang dapat dijadikan sebagai sumber energi, diantaranya adalah batubara, minyak, gas dan geothermal. Hutan Kalimantan mengandung gambut yang dapat digunakan sebagai sumber energi baik untuk pembangkit listrik maupun pemanas sebagai pengganti batu bara. Yang luar biasa ternyata Kalimantan memiliki banyak cadangan uranium yang bisa dipakai untuk pembangkit listrik tenaga nuklir. Disamping itu Kalimantan juga memiliki potensi lain yakni sebagai penyedia sumber energi botani atau terbaharui. Sumber energi botani atau bioenergi ini adalah dari CPO sawit. Pulau Kalimantan memang sangat kaya.

Sulawesi - Pulau besi

Orang Arab menyebut Sulawesi dengan nama Sholibis. Orang Belanda menyebut pulau ini dengan nama Celebes. Pulau ini telah dihuni oleh manusia sejak 30.000 tahun yang lalu terbukti dengan adanya peninggalan purba di Pulau ini. Contohnya lokasi prasejarah zaman batu Lembah Besoa.

Nama Sulawesi konon berasal dari kata ‘Sula’ yang berarti pulau dan ‘besi’. Pulau Sulawesi sejak dahulu adalah penghasil bessi (besi), sehingga tidaklah mengherankan Ussu dan sekitar danau Matana mengandung besi dan nikkel. Di sulawesi pernah berdiri Kerajaan Luwu yang merupakan salah satu kerajaan tertua di Sulawesi. Wilayah Luwu merupakan penghasil besi. Bessi Luwu atau senjata Luwu (keris atau kawali) sangat terkenal akan keampuhannya, bukan saja di Sulawesi tetapi juga di luar Sulawesi. Dalam sejarah Majapahit, wilayah Luwu merupakan pembayar upeti kerajaan, selain dikenal sebagai pemasok utama besi ke Majapahit, Maluku dan lain-lain. Menurut catatan yang ada, sejak abad XIV Luwu telah dikenal sebagai tempat peleburan besi.

Di Pulau Sulawesi ini juga pernah berdiri Kerajaan Gowa Tallo yang pernah berada dipuncak kejayaan yang terpancar dari Sombaopu, ibukota Kerajaan Gowa ke timur sampai ke selat Dobo, ke utara sampai ke Sulu, ke barat sampai ke Kutai dan ke selatan melalui Sunda Kecil, diluar pulau Bali sampai ke Marege (bagian utara Australia). Ini menunjukkan kekuasaan yang luas meliputi lebih dari 2/3 wilayah Nusantara.

Selama zaman yang makmur akan perdagangan rempah-rempah pada abad 15 sampai 19, Sulawesi sebagai gerbang kepulauan Maluku, pulau yang kaya akan rempah-rempah. Kerajaan besar seperti Makasar dan Bone seperti yang disebutkan dalam sejarah Indonesia timur, telah memainkan peranan penting. Pada abad ke 14 Masehi, orang Sulawesi sudah bisa membuat perahu yang menjelajahi dunia. Perahu pinisi yang dibuat masyarakat Bugis pada waktu itu sudah bisa berlayar sampai ke Madagaskar di Afrika, suatu perjalanan mengarungi samudera yang memerlukan tekad yang besar dan keberanian luar biasa. Ini membuktikan bahwa suku Bugis memiliki kemampuan membuat perahu yang mengagumkan, dan memiliki semangat bahari yang tinggi. Pada saat yang sama Vasco da Gama baru memulai penjelajahan pertamanya pada tahun 1497 dalam upaya mencari rempah-rempah, dan menemukan benua-benua baru di timur, yang sebelumnya dirintis Marco Polo.

Sampai saat ini Sulawesi sangat kaya akan bahan tambang meliputi besi, tembaga, emas, perak, nikel, titanium, mangan semen, pasir besi/hitam, belerang, kaolin dan bahan galian C seperti pasir, batu, krikil dan trass. Jika saja dikelola dengan baik demi kemakmuran rakyat maka menjadi kayalah seluruh orang Sulawesi.

Maluku - Kepulauan rempah-rempah

Maluku memiliki nama asli "Jazirah al-Mulk" yang artinya kumpulan/semenanjung kerajaan yang terdiri dari kerajaan-kerajaan kecil. Maluku dikenal dengan kawasan Seribu Pulau serta memiliki keanekaragaman sosial budaya dan kekayaan alam yang berlimpah. Orang Belanda menyebutnya sebagai ‘the three golden from the east’ (tiga emas dari timur) yakni Ternate, Banda dan Ambon. Sebelum kedatangan Belanda, penulis dan tabib Portugis, Tome Pirez menulis buku ‘Summa Oriental’ yang telah melukiskan tentang Ternate, Ambon dan Banda sebagai ‘the spices island’.

Pada masa lalu wilayah Maluku dikenal sebagai penghasil rempah-rempah seperti cengkeh dan pala. Cengkeh adalah rempah-rempah purbakala yang telah dikenal dan digunakan ribuan tahun sebelum masehi. Pohonnya sendiri merupakan tanaman asli kepulauan Maluku (Ternate dan Tidore), yang dahulu dikenal oleh para penjelajah sebagai Spice Islands.

Pada 4000 tahun lalu di kerajaan Mesir, Fir’aun dinasti ke-12, Sesoteris III. Lewat data arkeolog mengenai transaksi Mesir dalam mengimpor dupa, kayu eboni, kemenyan, gading, dari daratan misterius tempat “Punt” berasal. Meski dukungan arkeologis sangat kurang, negeri “Punt” dapat diidentifikasi setelah Giorgio Buccellati menemukan wadah yang berisi benda seperti cengkih di Efrat tengah. Pada masa 1.700 SM itu, cengkih hanya terdapat di kepulauan Maluku, Indonesia. Pada abad pertengahan (sekitar 1600 Masehi) cengkeh pernah menjadi salah satu rempah yang paling popular dan mahal di Eropa, melebihi harga emas.

Selain cengkeh, rempah-rempah asal Maluku adalah buah Pala. Buah Pala (Myristica fragrans) merupakan tumbuhan berupa pohon yang berasal dari kepulauan Banda, Maluku. Akibat nilainya yang tinggi sebagai rempah-rempah, buah dan biji pala telah menjadi komoditi perdagangan yang penting pada masa Romawi. Melihat mahalnya harga rempah-rempah waktu itu banyak orang Eropa kemudian mencari Kepulauan rempah-rempah ini. Sesungguhnya yang dicari Christoper Columbus ke arah barat adalah jalan menuju Kepulauan Maluku, ‘The Island of Spices’ (Pulau Rempah-rempah), meskipun pada akhirnya Ia justru menemukan benua baru bernama Amerika. Rempah-rempah adalah salah satu alasan mengapa penjelajah Portugis Vasco Da Gama mencapai India dan Maluku.

Kini sebenarnya Maluku bisa kembali berjaya dengan hasil pertaniannya jika terus dikembangkan dengan baik. Maluku bisa kaya raya dengan hasil bumi dan lautnya.

Papua - Pulau surga

Papua adalah pulau terbesar kedua di dunia. Pada sekitar Tahun 200 M , ahli Geography bernama Ptolamy menyebutnya dengan nama LABADIOS. Pada akhir tahun 500 M, pengarang Tiongkok bernama Ghau Yu Kua memberi nama TUNGKI, dan pada akhir tahun 600 M, Kerajaan Sriwijaya menyebut nama Papua dengan menggunakan nama JANGGI. Tidore memberi nama untuk pulau ini dan penduduknya sebagai PAPA-UA yang sudah berubah dalam sebutan menjadi PAPUA. Pada tahun 1545, Inigo Ortiz de Retes memberi nama NUEVA GUINEE dan ada pelaut lain yang memberi nama ISLA DEL ORO yang artinya Pulau Emas. Robin Osborne dalam bukunya, Indonesias Secret War: The Guerilla Struggle in Irian Jaya (1985), menjuluki provinsi paling timur Indonesia ini sebagai surga yang hilang.

Tidak diketahui apakah pada peradaban kuno sebelum masehi di Papua telah terdapat kerajaan. Bisa jadi zaman dahulu telah terdapat peradaban maju di Papua. Pada sebuah konferensi tentang lampu jalan dan lalulintas tahun 1963 di Pretoria (Afrika Selatan), C.S. Downey mengemukakan tentang sebuah pemukiman terisolir di tengah hutan lebat Pegunungan Wilhelmina (Peg. Trikora) di Bagian Barat New Guinea (Papua) yang memiliki sistem penerangan maju. Para pedagang yang dengan susah payah berhasil menembus masuk ke pemukiman ini menceritakan kengeriannya pada cahaya penerangan yang sangat terang benderang dari beberapa bulan yang ada di atas tiang-tiang di sana. Bola-bola lampu tersebut tampak secara aneh bersinar setelah matahari mulai terbenam dan terus menyala sepanjang malam setiap hari. Kita tidak tahu akan kebenaran kisah ini tapi jika benar itu merupakan hal yang luar biasa dan harus terus diselidiki.

Papua telah dikenal akan kekayaan alamnya sejak dulu. Pada abad ke-18 Masehi, para penguasa dari kerajaan Sriwijaya, mengirimkan persembahan kepada kerajaan China. Di dalam persembahan itu terdapat beberapa ekor burung Cendrawasih, yang dipercaya sebagai burung dari taman surga yang merupakan hewan asli dari Papua. Dengan armadanya yang kuat Sriwijaya mengunjungi Maluku dan Papua untuk memperdagangkan rempah – rempah, wangi – wangian, mutiara dan bulu burung Cenderawasih. Pada zaman Kerajaan Majapahit sejumlah daerah di Papua sudah termasuk dalam wilayah kekuasaan Majapahit. Pada abad XVI Pantai Utara sampai Barat daerah Kepala Burung sampai Namatota ( Kab.Fak-fak ) disebelah Selatan, serta pulau – pulau disekitarnya menjadi daerah kekuasaan Sultan Tidore.

Tanah Papua sangat kaya. Tembaga dan Emas merupakan sumber daya alam yang sangat berlimpah yang terdapat di Papua. Papua terkenal dengan produksi emasnya yang terbesar di dunia dan berbagai tambang dan kekayaan alam yang begitu berlimpah. Papua juga disebut-sebut sebagai surga kecil yang jatuh ke bumi. Papua merupakan surga keanekaragaman hayati yang tersisa di bumi saat ini. Pada tahun 2006 diberitakan suatu tim survei yang terdiri dari penjelajah Amerika, Indonesia dan Australia mengadakan peninjauan di sebagian daerah pegunungan Foja Propinsi Papua Indonesia. Di sana mereka menemukan suatu tempat ajaib yang mereka namakan "dunia yang hilang",dan "Taman Firdaus di bumi", dengan menyaksikan puluhan jenis burung, kupu-kupu, katak dan tumbuhan yang belum pernah tercatat dalam sejarah. Jika dikelola dengan baik, orang Papua pun bisa lebih makmur dengan kekayan alam yang melimpah tersebut.

-**-

Demikianlah sedikit tulisan mengenai pulau-pulau di Indonesia yang sangat kaya. Dari tulisan tersebut sebenarnya Indonesia sudah dikenal sebagai bumi yang kaya sejak zaman peradaban kuno. Kita tidak tahu peradaban kuno apa yang sebenarnya telah ada di Kepulauan Nusantara ini. Bisa jadi telah ada peradaban kuno dan makmur di Indonesia ini yang tidak tercatat sejarah.
Ilmuwan Brazil Prof. Dr. Aryso Santos, menegaskan teori bahwa Atlantis itu adalah wilayah yang sekarang disebut Indonesia. Indonesia adalah wilayah yang dianggap sebagai ahli waris Atlantis. Plato menyebutkan bahwa Atlantis adalah negara makmur yang bermandi matahari sepanjang waktu.

Oppenheimer dalam buku “Eden in the East: the Drowned Continent of Southeast Asia”, mengajukan bahwa Sundaland (Indonesia) adalah Taman Firdaus (Taman Eden). bahwa Taman Firdaus (Eden) itu bukan di Timur Tengah, tetapi justru di Sundaland. Indonesia memang merupakan lahan yang subur dan indah yang terletak di jalur cincin api (pacific ring of fire), yang ditandai keberadaan lebih dari 500 gunung berapi di Indonesia. Indonesia bisa saja disebut sebagai surga yang dikelilingi cincin api. Tapi terlepas dari benar atau tidaknya kita semua sepakat mengatakan bahwa sebenarnya Indonesia adalah negeri yang sangat kaya akan hasil bumi, laut maupun budayanya.

Kebudayaan asli Indonesia sudah berumur ribuan tahun sebelum peradaban Mesir maupun Mesopotamia mulai menulis di atas batu. Peradaban bangsa Indonesia mungkin memang tidak dimulai dengan tradisi tulisan, akan tetapi tradisi lisan telah hidup dan mengakar dalam jiwa masyarakat kuno bangsa kita.
Alam Indonesia yang kaya-raya dan dirawat dengan baik oleh nenek moyang kita juga menjadi salah satu faktor yang membuat kepulauan nusantara menjadi sumber perhatian dunia. Indonesia merupakan negara yang terletak di khatulistiwa yang memiliki kekayaan sumber daya alam melimpah di samping letaknya yang strategis secara geografis. Sumber daya alam tersebut mulai dari kekayaan laut, hutan, hingga barang tambang yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Kini mulai banyak ditemukan tambang baru di Indonesia. Orang Indonesia akan terkejut dengan kekayaan alam apa lagi yang akan muncul dari dalam bumi Indonesia ini.

Bumi yang kaya ini jika dikelola dengan baik akan membuat setiap rakyat Indonesia bisa memperoleh kemakmuran yang luar biasa sehingga bisa jadi suatu saat rakyat Indonesia sudah tidak perlu dikenakan pajak seperti saat ini, dan segala fasilitas bisa dinikmati dengan gratis berkat dari kekayaan alam yang melimpah yang dibagi kepada rakyat secara adil. Yang dibutuhkan Indonesia adalah penguasa baik, adil dan pandai yang amat mencintai rakyat dan menolak segala bentuk kebijakan yang menyulitkan masyarakat. Sudah saatnya Indonesia bangkit menuju kejayaannya. Jika hal itu terlaksana Indonesia bisa menjadi negara paling kaya di dunia.

sumber: http://blognyajose.blogspot.com/2010/02/pulau-pulau-indonesia-yang-sangat-kaya.html

7 Hal tentang Mars yang Masih Menjadi Misteri

7 Pertanyaan Terbesar Tentang Mars

Mars dikenal sebagai "bintang api" oleh para ahli astronomi Cina kuno, dan hingga kini keingintahuan para ilmuwan mengenai planet merah ini masih terus menyala dengan pertanyaan-pertanyaan yang belum terjawab. Meskipun telah puluhan pesawat ruang angkasa telah dikirim ke Mars, masih banyak yang belum diketahui tentang planet ini. Berikut adalah beberapa misteri terbesar yang belum terpecahkan tentang Mars.


Mengapa Mars memiliki dua belahan yang bertolak belakang?
Para ilmuwan telah dibingungkan dengan perbedaan mencolok antara kedua belahan planet Mars selama beberapa dekade. Belahan utara planet ini halus dan rendah - ini adalah salah satu tempat paling datar dan halus di tata surya kita, yang kemungkinan tercipta oleh air yang pernah mengalir di permukaan Mars.

Sementara itu, bagian selatan permukaan Mars sangat kasar serta sangat berkawah, dan memiliki elevasi sekitar 2,5 mil sampai 5 mil (4 km sampai 8 km) lebih tinggi dari basin di belahan utara. Bukti terbaru menunjukkan perbedaan besar yang terlihat antara bagian utara dan selatan planet ini disebabkan oleh sebuah batu luar angkasa raksasa yang menghantam Mars di masa lalu.




Berasal darimanakah metana di Mars?
Metana - molekul organik paling sederhana - pertama kali ditemukan di atmosfer Mars oleh pesawat ruang angkasa Mars Express Badan Antariksa Eropa pada tahun 2003. Di Bumi, sebagian besar metana di atmosfer dihasilkan oleh kehidupan, seperti sisa makanan yang telah dicerna. Keberadaan Metana di atmosfer Mars diduga baru sekitar 300 tahun, sehingga apa pun yang menghasilkan gas ini dia menghasilkannya belum lama ini.

Namun, ada cara untuk menghasilkan metana tanpa kehidupan, seperti aktivitas gunung berapi. Pesawat ruang angkasa ESA, ExoMars, direncanakan untuk diluncurkan pada tahun 2016 dan akan mempelajari komposisi kimia dari atmosfer Mars untuk mempelajari lebih lanjut tentang metana ini.




Apakah saat ini air cair mengalir di permukaan Mars?
Meskipun sejumlah besar bukti menunjukkan bahwa air cair pernah mengalir di permukaan Mars, namun, apakah sesekali air mengalir di muka Planet Merah saat ini, tetap menjadi pertanyaan. Tekanan atmosfer planet itu terlalu rendah, sekitar 1/100 tekanan atmosfir bumi, untuk air cair bertahan di permukaan. Namun, garis gelap sempit yang terlihat di lereng Mars mengisyaratkan bahwa air asin dapat mengalir di sana setiap musim semi.




Apakah ada lautan di planet Mars?
Banyak misi ke Mars telah mengungkapkan sejumlah fitur di Planet Merah yang menyarankan bahwa planet ini pernah cukup hangat untuk air cair mengalir diseluruh permukaannya. Fitur-fitur ini termasuk apa yang tampak sebagai lautan yang luas, jaringan lembah, delta sungai dan mineral-mineral yang diperlukan untuk pembentukan air.

Namun, model saat ini mengenai iklim Mars awal, tidak dapat menjelaskan bagaimana suhu hangat semacam itu muncul, saat matahari jauh lebih lemah saat itu, mengakibatkan munculnya beberapa dugaan seperti "Apakah fitur ini mungkin telah diciptakan oleh angin atau mekanisme lain. Namun, ada bukti yang menunjukkan bahwa Mars kuno cukup hangat untuk mendukung air cair di setidaknya satu situs di permukaannya. Temuan lain mengisyaratkan bahwa Mars kuno pernah dingin dan basah, tidak dingin dan kering atau hangat dan basah, seperti yang sering dikatakan.




Apakah ada kehidupan di Mars?
Pesawat ruang angkasa pertama yang berhasil mendarat di Mars, Viking 1, NASA, telah memulai misteri yang menggoda namun tetap belum terpecahkan: Apakah ada bukti kehidupan di Mars? Viking adalah yang pertama dan sejauh ini satu-satunya yang mencoba untuk mencari kehidupan di Mars, dan temuannya hangat diperdebatkan saat ini. Viking telah mendeteksi molekul organik seperti metil klorida dan diklorometana. Namun, senyawa ini dianggap sebagai kontaminasi terestrial - karena diduga berasal dari cairan pembersih yang digunakan untuk menyiapkan pesawat ruang angkasa ketika masih di Bumi.

Permukaan Mars sangat tidak bersahabat dengan kehidupan seperti yang kita tahu, dalam hal dingin, radiasi, ke hiper-gersangan dan faktor-faktor lainnya. Namun, ada banyak contoh kehidupan yang masih dapat hidup di lingkungan yang ekstrim di Bumi, seperti, tanah kering dingin di Dry Valley, Antartika dan Gurun Atacama yang sangat gersang di Chili.

Di bumi, dimana ada air cair, disitu ada kehidupan dan kemungkinan pernah adanya lautan di Mars menimbulkan pertanyaan: "apakah kehidupan pernah berkembang di Mars dan, jika demikian, apakah mungkin masih ada?". Menjawab pertanyaan-pertanyaan ini mungkin membantu menjelaskan pada bagaimana kehidupan secara umum mungkin ada atau tidak mungkin ada di bagian-bagian alam semesta lainnya.




Apakah kehidupan di Bumi berawal di Mars?
Meteorit yang ditemukan di Antartika yang datang dari Mars - pecahan kecil Mars akibat tabrakan kosmik - memiliki struktur yang mirip yang dibuat oleh mikroba di Bumi. Meskipun banyak penelitian sejak saat itu lebih mengenai kimiawi daripada penjelasan biologis dari struktur ini, perdebatan terus berlanjut. Temuan ini meningkatkan kemungkinan menggiurkan bahwa kehidupan di bumi sebenarnya berasal dari Mars, terbawa kesini bersama meteorit.




Dapatkah manusia hidup di Mars?
Untuk menjawab apakah ada kehidupan di Mars, manusia mungkin harus pergi ke sana dan mencari tahu sendiri.

Tahun 1969 NASA merencanakan misi manusia ke Mars dilakukan tahun 1981 dan membangun pangkalan permanen di Mars tahun 1988. Namun, perjalanan antar planet bagi manusia menjadi tantangan/masalah ilmiah dan teknologi. Selain akan harus berhadapan dengan kerasnya perjalanan - masalah makanan, air dan oksigen, efek buruk dari gaya berat mikro, potensi bahaya seperti kebakaran dan radiasi dan fakta bahwa setiap astronot tersebut akan jutaan mil jauhnya dari bantuan dan terkurung bersama-sama selama bertahun-tahun pada suatu waktu, mendarat, bekerja, hidup di planet lain dan kembali dari semua itu akan memuculkan sejumlah masalah juga.

Namun demikian, astronot tampak bersemangat untuk mencari tahu. Sebagai contoh, tahun 2011, enam sukarelawan telah tinggal di sebuah simulasi pesawat ruang angkasa selama hampir satu setengah tahun dalam proyek yang disebut Mars500, simulasi spaceflight terpanjang yang pernah dilakukan, bertujuan untuk mereplikasi misi berawak ke Mars dari awal sampai akhir. Bahkan ada banyak relawan untuk perjalanan satu arah ke Planet Merah. Mikroba kecil pemakan-batu bisa menambang sumber berharga dari Mars dan membuka jalan bagi koloni manusia pertama, dan petani bisa menanam tanaman di permukaannya. Misteri apakah manusia akan pernah pergi ke Mars atau tidak, mungkin sebagian besar gantung pada apakah ada kekuasaan/otoritas yang akan dapat diyakinkan untuk melaksanakan sebuah misi ke sana.

Sources
http://versesofuniverse.blogspot.com/2012/08/7-pertanyaan-terbesar-tentang-mars.html

Alien Mungkin Lebih Mirip Ubur-ubur daripada Little Green Man

Alien mungkin mirip Ubur-Ubur daripada Little Green Man

Lupakan Little Green Man (mahluk hijau kecil). Aliens mungkin terlihat seperti ubur-ubur raksasa dengan dasar oranye, klaim seorang ilmuwan ruang angkasa terkemuka.

Maggie Aderin-Pocock, seorang ahli satelit dan penasihat pemerintah, mengatakan ada kemungkinan bahwa kehidupan extra-terrestrial ada - mereka hanya lebih alien (asing) daripada yang kita bayangkan.
Ini adalah evolusi yang mungkin terjadi di dunia seperti bulan Saturnus, Titan, kata Dr Maggie Alderin-Pocock
Alih-alih menjadi orang-orang hijau kecil, sehingga dicintai oleh sutradara-sutradara Hollywood, mereka mungkin terlihat seperti ubur-ubur sebesar lapangan sepak bola, lengkap dengan onion-shaped appendages dan bawah perut yang berwarna oranye.

Tercipta dari silikon, bukan karbon yang merupakan dasar kehidupan seperti yang kita tahu, makhluk ini dapat hidup dari cahaya yang diserap melalui 'kulit' dan bahan kimia lainnya yang disedot melalui mulut raksasa mereka.

Adaptasi alien lainnnya bisa jadi termasuk 'berbicara' melalui pulsa cahaya.

Tetapi sementara mereka mungkin menyerupai ubur-ubur, mereka akan hidup bukan di laut tapi di atmosfer sebuah planet seperti Jupiter, di mana mereka mengapung di sana.

Bagian bawah perut yang berwarna oranye bertindak sebagai kamuflase, yang memungkinkan mereka untuk menghindari predator dalam atmosfer yang berapi-api, sedangkan oragan bentuk bawang (onion-shaped appendages) bertindak sebagai kantung apung, mengambil dan melepas gas sehingga dapat merubah ketinggian seperti balon udara.

Sebagian besar inspirasi teori alien ini berasal dari bentuk kehidupan yang aneh yang baru ditemukan hidup jauh di dasar laut.

Dr Aderin-Pocock, menggambarkan ET nya di saluran tv Eden, mengatakan: 'imajinasi kita secara alami dibatasi oleh apa yang kita lihat di sekitar kita dan kebijaksanaan konvensional adalah bahwa kehidupan membutuhkan air dan berbasis karbon.

"Tapi beberapa peneliti melakukan pekerjaan yang menarik, bermain dengan ide-ide seperti bentuk kehidupan berbasis silikon yang berkembang di planet lain di lingkungan yang sangat berbeda dengan kita sendiri.
Dr Alderin-Pocock membayangkan makhluk yang melayang menembus awan metana, "menyendoki" nutrisi kimia ke dalam mulut menganga mereka. Alien menjaga diri mereka tinggi-tinggi dengan cara mengapung kantong apung, dan berkomunikasi dengan pulsa cahaya
"Visi saya adalah, alien tidak tidak seperti manusia, mereka adalah bentuk kehidupan berbasis silikon yang terlihat jauh lebih mirip seperti ubur-ubur daripada mahluk hijau kecil di film sci-fi."

Namun, meskipun ubur-ubur raksasa mungkin ada di luar sana, kita hanya memiliki sedikit kemungkinan untuk membuat kontak dengan mereka.

Dr Aderin-Pocock, ketua ilmuwan di perusahaan ruang angkasa Astrium, mengatakan bahwa meskipun ada miliaran planet di galaksi kita sendiri, sangat sedikit yang mampu mendukung kehidupan, apalagi menjadi rumah untuk kehidupan.

Kemudian, bahkan jika kehidupan telah berkembang, mungkin tidak cukup cerdas untuk berkomunikasi dengan kita. Akhirnya, jika ia mampu melakukan kontak, kemungkinan itu sekarang menjadi sangat rendah.

Katakanlah ada alien cerdas dengan teknologi yang sama dengan manusia di galaksi kita, maka tidak ada cara mereka atau kita untuk berkomunikasi saat ini hingga mungkin sampai ribuan tahun kemudian. Jadi, jika ada alien cerdas dengan teknologi manusia saat ini, yang sezaman dengan dinosaurus di bumi, mungkin komunikasi mereka baru akan kita terima saat ini.
Dr Alderin-Pocock percaya kehidupan mungkin berevolusi sangat berbeda di planet lain
Berkomunikasi melintasi ruang angkas merupakan tantangan besar.

Misalnya, pesawat ruang angkasa Voyager 1, yang telah membawa rekaman salam dari Bumi berangkat sejak tahun 1977, saat ini baru hanya akan meninggalkan tata surya kita dan akan menuju ruang antar bintang.

Penelitian sebelumnya telah menemukan hampir setengah dari Inggris percaya pada mahluk hijau kecil.

Jajak pendapat dari lebih 2.000 orang untuk Royal Society menemukan 44 persen berpendapat bahwa kehidupan extra-terrestrial ada.

Ketertarikan terhadap kehidupan yang tidak seperti yang kita tahu, tidak hanya sampai disitu saja, dengan lebih dari sepertiga responden mengatakan kita harus aktif mencari dan mencoba untuk melakukan kontak dengan ET.





Source

Senin, 13 Agustus 2012

10 Pohon Tertua Di Dunia

Pohon selain sebagai penghasil oksigen untuk kelangsungan kehidupan. Ternyata juga dapat berumur sangat panjang. banyak  pohon-pohon didunia ini yang telah berusia ratusan bahkan ribuan tahun. Menjadi saksi sejarah, hidup dari generasi ke generasi bahkan ada yang hidup lintas zaman. Dibawah ini adalah 10 pohon tertua di dunia, walaupun mungkin ada yang sama tuanya spt dalam daftar.


1. Methuselah

 

Saat ini pohon ini diperkirakan berusia 4.841 tahun, ini adalah pinus Bristlecone kuno tertua  di Bumi. Terletak di White Mountain California, di Inyo National Forest, lokasi yang sebenarnya dari Metusalah ini disimpan rahasia  untuk melindunginya dari masyarakat. (Sebuah contoh pohon yang lebih  tua bernama Prometheus, yang berumur lebih dari 5.000 tahun, telah ditebang oleh seorang mahasiswa US Forest  pascasarjana pada tahun 1964.) Hari ini Anda dapat mengunjungi hutan di mana Metusalah disembunyikan, tapi Anda harus menebak di mana pohon berada

2. Sarv-e Abarqu

 

Sarv-e Abarqu, juga disebut "Zoroaster Sarv," adalah pohon cemara di provinsi Yazd , Iran. Pohon itu diperkirakan setidaknya sudah berumur 4.000 tahun dan telah menjadi saksi awal peradaban manusia,pohon ini dianggap sebagai monumen nasional Iran. Banyak ilmuan telah mencatat bahwa Sarv-e Abarqu kemungkinan besar adalah makhluk hidup tertua di Asia.

3. Llangernyw Yew

yew adalah pohon yang luar biasa, berada dalam wilayah gereja kecil, Gereja St Dygain didesa Llangernyw , utara Wales. berusia Sekitar 4.000 tahun, Yew Llangernyw ditanam kira pada Zaman Perunggu prasejarah - dan itu masih terus berkembang! Pada tahun 2002, dalam perayaan tahun Yobel keemasan Ratu Elizabeth II, pohon ini ditunjuk sebagai salah satu dari 50 pohon Inggris Raya oleh Dewan Pohon
.

4. Alerce
Alerce adalah nama umum untuk Fitzroya cupressoides, spesies pohon yang menjulang tinggi asli pegunungan Andes. Banyak dari jenisnya telah hidup pada abad 19 dan 20. Banyak ahli botani percaya bahwa mereka adalah pohon-pohon hidup kedua tertinggi di Bumi selain dari pinus Bristlecone Amerika Utara. Untuk saat ini, contoh tertua yang diketahui adalah 3.640 tahun.
5. Pohon Senator
Senator, terletak di Florida, adalah pohon cemara gundul terbesar di Amerika Serikat, dan secara luas dianggap yang tertua dari jenisnya yang diketahui. Kemungkinan pohon terbesar AS dari setiap spesies timur Sungai Mississippi. Diperkirakan umurnya sekitar 3.500 tahun, Senator itu digunakan sebagai tengara untuk orang Indian Seminole dan suku-suku asli lainnya. Ukuran Senator adalah sangat mengesankan karena telah mengalami banyak badai, termasuk satu pada tahun 1925 yang mengurangi tingginya sebesar 40 kaki. Pohon itu mendapatkan namanya dari dari Senator M.O. Overstreet, yang menyumbangkan pohon dan lahan sekitarnya pada tahun 1927.
 6.
 Patriarca da Floresta

Pohon ini, sebuah contoh dari spesies Cariniana legalis bernama Patriarca da Floresta di Brazil, diperkirakan sekitar telah berumur 3.000 tahun, sehingga yang tertua non-konifer di Brasil. Pohon ini diyakini suci, tetapi spesies dari pohon ini terancam akibat pembukaan hutan di Brazil, Kolombia dan Venezuela
 7. Olive Tree dari Vouves
Ini pohon zaitun purba terletak di pulau Kreta Yunani dan merupakan salah satu dari tujuh pohon zaitun di Mediterania yang diyakini setidaknya telah berumur 2.000 sampai 3.000 tahun. Meskipun usia pastinya tidak dapat diverifikasi, Pohon Zaitun Vouves mungkin yang tertua di antara mereka, diperkirakan lebih dari 3.000 tahun. Ini masih menghasilkan buah zaitun, dan sangat berharga. Pohon zaitun yang kuat dari kekeringan, penyakit dan tahan api - bagian dari alasan untuk umur panjang mereka dan mereka digunakan secara luas di wilayah tersebut.
8. Jomon Sugi
Jomon Sugi, yang terletak di Yakushima, Jepang, adalah pohon cryptomeria tertua dan terbesar di pulau itu, dan merupakan salah satu alasan mengapa pulau ini diangkat menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO. Pohon itu berusia setidaknya 2.000 tahun, tetapi beberapa ahli percaya itu bisa lebih tua dari 5.000 tahun. Dalam teori itu, mungkin saja Jomon Sugi adalah pohon tertua di dunia - bahkan lebih tua dari Metusalah. Terlepas dari angka, itu adalah pohon yang patut disebutkan di sini.
  9. Chestnut Tree
Pohon ini, yang terletak di Gunung Etna di Sisilia, adalah pohon kastanye terbesar dan tertua di dunia. Diyakini berusia antara 2.000 dan 4.000 tahun, usia ini pohon sangat mengesankan karena Gunung Etna adalah salah satu gunung berapi paling aktif di dunia. Pohon itu berada hanya 5 km dari kawah Etna. Nama pohon berasal dari sebuah legenda di mana satu pasukan dari 100 ksatria yang terjebak dalam badai parah. Menurut legenda, semua dari mereka mampu berlindung di bawah pohon besar. Hal ini tercantum oleh Guinness World Records sebagai memiliki "lingkar pohon terbesar yang pernah ada yaitu berdiameter 190 meter .
 10 Jenderal Sherman
Diyakini berusia sekitar 2.500 tahun, Jenderal Sherman adalah sekuoya raksasa terkuat yang masih berdiri. Volume batangnya saja membuat pohon non-klonal dengan volume terbesar di dunia, meskipun cabang terbesar terhenti pada tahun 2006, pohon ini dapat menghancurkan bagian dari pagar yang melingkarinya dan kawah trotoar dari jalan sekitarnya. Mungkin ini adalah tanda bahwa Jenderal Sherman tidak dapat dikurung ? Sherman dapat ditemukan di Sequoia National Park di California, di mana lima dari 10 pohon terbesar di dunia berada disini.

15 Bangunan Menakjubkan Hasil Kecerdasan Manusia

15 Bangunan Spektakuler Hasil Kejeniusan Manusia

1. CERN's Large Hadron Collider:
Bangunan ini dibuat oleh para ilmuwan yang penasaran tentang bagaimana proses terjadinya alam semesta ini.bangunan sepanjang 17 mil ini disebut juga "mesin kiamat",karena salah sedikit saja dalam pengoperasiaanya,dapat membuat bumi ini hancur karena kekuatannya.


2. International Space Station (ISS) 
The international space station adalah fasilitas pengembangan yang merupakan proyek gabungan amerika(NASA),rusia (RKA),jepang(JAXA),canada(CSA) dan sebelas negara eropa lainnya.ketika selesai pada 2010,bangunan ini merupakan stasiun terbesar umat manusia yang berada di luar bumi.


3. Three Gorges Dam 
Merupakan bangunan pembangkit listrik tenaga air terbesar di dunia yang dibuat oleh china.tidak hanya bangunan nya,tapi tenaga yang dihasilkan juga besar, 22,5 GW dan itu cukup untuk menangani 4% kebutuhan listrik china.


4. Space Telescope Chandra 
Disebut juga Advanced X-ray Astrophysics Facility.chandra merupakan telescope x-ray yang mengorbit di luar angkasa dan bertugas mengirimkan foto-foto spectacular dari cosmos.telescope ini mengorbit di bumi dan merupakan benda dengan orbit terjauh .


5. Palm Deira of Dubai 
Palm deira di dubai merupakan pulau buatan manusia terbesar di dunia,dan bentuknya menyerupai pohon palm.pulau ini mempunyai area sebesar 46,35 juta meter dan akan selesai pada tahun 2013.


6. Viaduc de Millau Bridge
Jembatan ini lebih tinggi daripada menara eiffel,dan merupakan bukti kejeniusan arsitektur manusia.jembatan ini disebut juga "jembatan yg menembus awan" dan memotong sungai tarn river george,yang berada di selatan perancis.panjang bangunan ini 1,6 mil( 2,6 km) dan mempunyai tinggi 1132 feet(342 meter) pada puncak tertingginya.


7. Bird's Nest
Bird nest ato "stadion sarang burung" merupakan stadion yang dibangun khusus untuk perhelatan olimpiade di china.disamping besarnya,bangunan ini memiliki desain yang unik seperti sangkar burung,dan merupakan bangunan dengan strukstur besi terbesar di dunia.


8. Burj-Al-Arab Hotel 
Siapa sih yang ngga tau burj dubai? klo ada yang belum tau,maka selamat datang kembali di bumi.hotel ini memiliki tinggi 321 meter dan merupakan hotel tertinggi di dunia setelah rose tower,dan memiliki desain yang unik yang dibangun diatas laut.


9. Akashi Kaikyo Suspension Bridge 
The Akashi Kaikyo Suspension Bridge merupakan jembatan suspensi terpanjang di dunia.jembatan ini dibangun selama 10 tahun yang mengerahkan 10 juta pekerja,181.000 ton besi,dan 1,4 juta kubik concrete.jembatan ini menghubungkan pulau awaji dan pulau utama kobe sepanjang 4 mil.


10. Lake Mead 
Lake Mead adalah waduk terbesar di Amerika Serikat. Terletak di Sungai Colorado sekitar 30 mil (48 km) di tenggara Las Vegas, Nevada, di negara bagian Nevada dan Arizona. Dibentuk oleh air yang ditampung oleh Bendungan Hoover, danau ini memanjang 112 mil (180 km) di belakang bendungan, menampung sekitar 28.5 juta kaki ekar (35 km³) air


11. Hangzhou Bay Bridge
Inilah hasil dari kejeniusan dan skill manusia yang terus berkembang,hangzhou bay bridge merupakan jembatan terpanjang di dunia saat ini.memakan biaya $840 juta,jembatan sepanjang 34 km ini merupakan salah satu bukti kemajuan negara china.


12. Channel Tunnel 
The channel tunnel,ato lebih populer disebut "euro tunnel" merupakan terowongan kereta api bawah laut terpanjang di dunia.terowongan yang menghubungkan inggris(kent) dan perancis (Coquelles).membuat jembatan diatas air saja susah apalagi membuat terowongan dalam air.jika kamu berada di eropa,jgn lupa untuk mencobanya karena kamu tidak akan pernah dapat melupakannya.


13. Pan STARRS-1
Dibangun di manoa institute of astronomy di honolulu universitas hawai,merupakan kamera digital terbesar di dunia.


14.MareNostrum
MareNostrum adalah superkomputer yang terbesar di eropa,dan merupakan superkomputer yang terletak di dalam gereja.superkomputer ini mempunyai 2560 JS21 blade computing nodes,dimana masing2 memiliki 2 dual-core IBM 64-bit PowerPC 970MP processors running at 2.3 GHz for 10240 CPU.ironisnya selain terletak di gereja,superkomputer ini juga digunakan untuk penelitian genom manusia.


15. San Alfonso Del Mar 
Setelah berkeliling meliha hal2 yang menakjubkan di dunia,sekarang saatnya kita tuk bersantai di San Alfonso Del Mar di chile.selain tempatnya yang eksotis,juga mempunya kolam renang terbesar di dunia.panjang kolam renangnya 1 km dan mempunyai 250.000 meter kubik air.

10 Orang Terkaya di Dunia 2012

10 manusia terkaya didunia



10 Orang Terkaya di Dunia Tahun 2012

Berikut adalah daftar dari 10 orang terkaya di planet ini tahun 2012, berikut dengan informasi kekayaan mereka dalam US $ dan rupiah (kurs 9300)yang berhasil dikumpulkan media. Daftar ini berdasarkan daftar forbesdan 10topten.com.
10. Karl Albrecht
Kekayaan: $24.4 Milyar / Rp. 227 triyun
Orang terkaya Jerman, Karl Albrecht, adalah orang terkaya ke-10 di planet ini. Seiring dengan saudara laki-lakinya, dia mulai bisnis dari dalam negerinya yang diperluas ke bagian lain di dunia memberinya sejumlah pemasukan besar. Hal yang menarik untuk diperhatikan adalah bahwa perusahaannya tidak lagi dijalankan olehnya
9. Li Ka-shing
Kekayaan: $25.5 Milyar / Rp. 229,5 trilyun
Pengusaha lain dalam daftar orang terkaya dunia, Li Ka-shing, asli Cina. Dia berusia 83 tahun dengan semangat untuk mendapatkan lebih dan lebih lagi untuk ini ia sedang menuju perusahaan derek multinasional saat ini. Dia adalah putra seorang guru tetapi putus dari sekolah. Sumber penghasilan Pria ini dalam bidang pengangkutan barang melalui laut ke seluruh bagian dunia. Dia adalah orang terkaya di Asia untuk pertama kalinya sejak 2004. Bisnis Li mempekerjakan 270.000 orang di seluruh dunia di 53 negara;
8. Stefan Persson
Kekayaan: $26 Milyar / Rp. 241 trilyun
Tampaknya ada sedikit perbedaan dalam jumlah terakhir tiga pemegang posisi top 10 orang terkaya tapi ukuran ratusan trilyun rupiah adalah jumlah yang sangat besar untuk ukuran kita. Stefan Persson, dengan $ 26 miliar berasal dari Swedia, sekaligus menjadi orang terkaya tahun 2012 di Swedia. Dia memegang saham mode pakaian perusahaan ayahnya H & M yang didirikan 65 tahun yang lalu.
7. Eike Batista
Kekayaan: $30 Milyar / Rp. 270 trilyun
Usaha Batista terbatas pada pertambangan yang mendirikan perusahaan pertambangan bernama EBX Group di Brasil di mana dia adalah orang terkaya di sana. Kekayaannya sekitar setengah dari orang terkaya tahun 2012 namun ia bertujuan untuk menyusul posisi itu di masa depan.
6. Larry Ellison
Kekayaan: $36 milyar / Rp. 334,8 trilyun
Dengan $ 6 miliar lebih dari Batista, Larry Ellison garbs menduduki peringkat 6 di antara orang terkaya di planet bumi. Dia berasal dari Amerika Serikat di mana dia menempati peringkat 3 terkaya di AS. Dia juga diantara ribuan orang kaya yang drop out dari universitas. Dia suka bermain olahraga terutama tenis dan juga memiliki jet pribadi. 

5. Amancio Ortega
Kekayaan: $37.5 Milyar / RP. 348,7 trilyun
Amancio Ortega Gaona adalah pengusaha fashion yang memiliki minat dalam membeli barang mewah tetapi dia tidak terlihat terlalu modis. Meskipun dia memiliki industri fashion namun dia tidak pernah terlihat mengenakan dasi di depan umum. Dia adalah orang terkaya di Spanyoldengan kekayaan bersih sebesar $ 37,5 miliar.
4. Bernard Arnault
Kekayaan: $41 milyar / Rp. 381,3 trilyun
Bernard Arnault milik industri yang sama seperti Amancio Ortega dengan gaya hidup yang berlawanan. Dia lebih modis dari seluruh industri fashion sehingga Forbes memberi gelar dia billionaire termodis 2012. Kekayaan bersihnya $ 41 milyar membuat dia menjadi orang terkaya di Prancis serta Eropa.
3. Warren Buffett
Kekayaan: $ 44 milyar / Rp. 409,2 trilyun
Warren Buffet, raja bisnis dari AS, adalah orang yang sangat lihai dalam melakukan investasi. Orang terkaya di planet ini kini turun ke posisi ke-3 untuk kesalahan langka yang terjadi di pasar saham tapi dia punya keinginan untuk mendonasikan 99 % dari kekayaannya untuk Gates Foundation.
2. Bill Gates
Kekayaan: $ 61 milyar / Rp. 567,3trilyun
Mari kita bicara tentang pendiri Gates Foundation, Bill Gates, yang juga telah menjadi orang terkaya di dunia selama beberapa tahun tetapi memegang posisi kedua sekarang. Gates adalah pendiri dan ketua dari Microsoft yang memberikan tampilan warna-warni untuk sistem operasi di komputer. Dia juga salah satu dari orang-orang sukses yang drop out dari universitas.
1. Carlos Slim Helu
Kekayaan: $69 milyar / Rp. 641,7 trilyun
Carlos Slim Helu memiliki gelar orang terkaya 2012. Pada tahun 2010, kekayaannya diperkirakan kurang dari $ 50 juta, namun kekayaan bersihnya mendapat booming di Th lalu dan sekarang menjadi $ 69 juta. Ini adalah keempat kalinya bagi dia menduduki peringkat pertama orang terkaya dunia.



LIHAT DAFTAR LENGKAP URUTAN 100 ORANG TERKAYA DI DUNIA

SUMBER



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...