Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 26 Juni 2012

10 penemuan terbaru di alam semesta yang fenomenal

Teknologi yang lebih baik membuat kita mempunyai kesempatan untuk belajar lebih banyak tentang alam semesta kita.Pada beberapa tahun terakir, para astronom telah menemukan beberapa penemuan yang cukup fenomenal, yang mungkin tidak terbayang oleh Anda. Berikut adalah daftar dari beberapa penemuan ruang angkasa terakhir, tanpa urutan tertentu. Nikmatilah!


 10. Penemuan Satelit Alam yang Mengorbit Pluto

 

Pluto sekarang memiliki empat bulan yang telah diketahui. Charon ditemukan pada 1978, dan merupakan yang terbesar dari bulan Pluto. Berdiameter 648 mil, menyebabkan banyak orang menganggap satelit alam tersebut dengan Pluto sebagai "planet katai ganda". Tidak ada yang baru yang dipelajari dari tubuh es yang mengorbit Pluto sampai 2005, ketika Hubble Space Telescope menemukan Nix dan Hydra. Keduanya mempunyai diameter kurang lebih 20 - 70 mil. Penemuan yang paling menakjubkan tentang bulan Pluto datang pada tahun 2011, ketika Hubble memotret apa yang sementara disebut P4. Dengan diameter antara 8 - 21 mil. Ini adalah prestasi luar biasa, bagi Hubble untuk memotret sesuatu yang kecil dengan jarak yang jauh yaitu lebih dari 3 milyar mil jauhnya dari kita


.9. Gelembung Raksasa Maknetik Ruang Angkasa

 
Dua pesawat ruang angkasa NASA Voyager  telah menemukan gelembung magnetik di wilayah tata surya yang dikenal sebagai heliosheath, 9 miliar mil jauhnya dari Bumi. Pada tahun 1950, ilmuwan percaya ini daerah ruang relatif halus. Tapi ketika Voyager 1 memasuki heliosheath pada tahun 2007, dan Voyager 2 tiba di sana pada tahun 2008 mereka mendeteksi sebuah turbulensi yang dihasilkan oleh medan magnet Matahari, yang menciptakan gelembung magnetik hingga 100 juta mil lebarnya.8. Mira A Tail

Mira1 JalurPada tahun 2007, Galaxy Evolution Explorer, atau GALEX telah dapat memindai Mira A, bintang raksasa merah tua, sebagai bagian dari operasi yang sedang berlangsung untuk memindai seluruh langit dalam sinar ultraviolet. Para astronom terkejut karena mereka menemukan
bahwa bintang tersebut lebih mirip komet, dan komet tersebut mempunyai panjang 13 tahun cahaya, komet tersebut seperti memiliki ekor yang mengikuti di belakang Mira A. komet tersebut melaju melintasi alam semesta dengan luar biasa cepat, sekitar 291.000 kilometer per jam. Sampai penemuan ini, ia berpikir bahwa bintang tidak mungkin memiliki ekor.

 7. Penemuan Air di Bulan 

Air-On-Moon
 Pada 9 Oktober 2009 NASA LCROSS, atau Lunar Crater Observing dan Sensing Satellite telah menemukan adanya air di kawah bulan, dingin gelap secara permanen di kutub selatan bulan.  LCROSS adalah sebuah penyelidikan nasa yang dirancang untuk pengamatan pada bulan, sementara satelit kecil mengikuti di belakangnya untuk mengukur susunan kimiawi dari materi yang terlontar keluar. Setelah setahun analisis data, NASA melaporkan bahwa misi itu menemukan air es di lantai kawah yang permanen-di kawah bulan. Data kemudian dari tiga pesawat ruang angkasa yang berbeda menunjukkan lapisan tipis mantel air permukaan tanah yang setidaknya ada di beberapa daerah. 

6. Eris 


Eris Dan Dysnomia2Pada Januari 2005,
 Eris ditemukan, yang memicu perdebatan di kalangan ilmuwan tentang apa definisi planet sebenarnya. Eris pada awalnya dianggap sebagai planet ke-10, tetapi dan Kuiper dan objek lain Sabuk Asteroid dikelompokkan sebagai  Dwarf Planet(planet kerdil). Eris berada di luar orbit Pluto, dan kira-kira ukurannya yang sama dengan Pluto, meskipun ini awalnya dianggap lebih besar dari Pluto. Eris memiliki satu bulan yang dikenal, bernama Dysnomia. Eris dan Dysnomia adalah benda paling jauh alami yang dikenal dalam Tata Surya.


5, Pola Alliran Air di Mars

sMw-630-NASA-Mars-Air-Flow-630W 
Pada tahun 2011, NASA merilis sebuah pernyataan, bersama dengan foto, dengan mengatakan mereka memiliki bukti bahwa mungkin ada "air mengalir" di Mars. Foto-foto tersebut tampaknya menunjukkan bahwa cairan pernah mengalir di bentang alam planet berbatu tersebut, . Dugaan para ilmuwan terbaik adalah bahwa arus adalah air asin, yang menghangat hanya cukup selama planet tersebut mengalami musim panas saat mencair dan mengalir tumpah  disekitar permukaan. Tanda bahwa Mars pernah memiliki air yang mengalir telah lihat sebelumnya, tapi ini adalah pertama kalinya bahwa tanda-tanda seperti telah diamati berubah selama periode singkat. 

4. Enceladus dan geyser nya 
220px-False Color Cassini
 Citra Jets Di belahan satelit selatan

 Pada bulan Juli 2004, probe Cassini mulai mengorbit Saturnus. Karena misi Voyager sebelumnya , Enceladus, bulan ke-6 terbesar Saturnus, dianggap prioritas oleh para perencana misi Cassini. Setelah melakukan pengamatan dengan Cassini pada tahun 2005, Bulan tersebut terdiri dari uap air dan hidrokarbon kompleks  dari Wilayah Selatan geologis aktif Polar. Pada Mei 2011 NASA ilmuwan di Konferensi Focus Group melaporkan bahwa Enceladus Enceladus "yang muncul sebagai tempat yang paling layak huni di luar Bumi di tata surya bagi kehidupan seperti yang kita kenal." 

3. Arus Gelap 
 NASA-Gelap-Arus Besar

 Arus Gelap, ditemukan pada tahun 2008,merupakan misteri yang sulit dijawab bagi para ilmuwan. Bercak materi di alam semesta tampaknya akan bergerak dengan kecepatan sangat tinggi dan dalam arah yang seragam yang tidak dapat dijelaskan oleh salah satu gaya gravitasi yang dikenal di alam semesta saat ini. Para astronom menyebut fenomena ini "Dark Flow"  Dengan mengamati kluster galaksi besar, Ilmuwan telah menemukan lebih dari 700 kelompok galaksi bergerak pada kecepatan yang aneh ke arah bagian jauh dari alam semesta. Ilmuwan Beberapa bahkan  mengatakan Arus Hitam dapat disebabkan olehAlam semesta lain yang menekan kita sendiri. Namun ada ilmuwan lain yang telah mengkritik penemuan Arus Hitam.Aliran gelap adalah istilah astrofisika menggambarkan komponen non-acak yang mungkin terjadi dari kecepatan aneh kluster galaksi. Kecepatan yang diukur sebenarnya adalah jumlah dari kecepatan yang diperkirakan oleh Hukum Hubble ditambah kecepatan (atau gelap) kecil dan tidak dapat dijelaskan mengalir ke arah yang umum.

Menurut model kosmologi standar, gerakan kluster galaksi sehubungan dengan latar belakang gelombang mikro kosmik harus terdistribusi secara acak ke segala arah. Namun, menganalisis data WMAP tiga tahun dengan menggunakan efek-Sunyaev Zel'dovich kinematik, penulis penelitian ini menemukan bukti  "mengejutkan koheren"  dengan kecepatan 600-1000 km/detik1] aliran cluster menuju sebuah tempat di 20-derajat dari langit di antara konstelasi Centaurus dan Vela.

Teleskop tidak bisa melihat peristiwa sebelumnya dari sekitar 380.000 tahun setelah Big Bang, ketika alam semesta menjadi transparan (Cosmic Microwave Background), ini sesuai denganjarak terjauh partikel yang dapat diamati pada jarak sekitar 46 miliar (4,6 × 1010) tahun cahaya. Karena hal menyebabkan gerakan  berada di luar kisaran ini, yang berarti berada di luar alam semesta kita , namun masih akan berada di kerucut cahaya masa lalu kita.


2. Planet Luar Tata Surya 


 Planet-palnet diluar tata surya kita, atau Exo Planet, ditemukan pada tahun 1992. Penemuan ini termasuk planet kecil yang mengorbit sebuah Pulsar. Ia tidak sampai 1995 ketika sebuah planet raksasa ditemukan dalam orbit empat hari sekitar 51 Pegasi dekat bintang. Pada Mei 2012, sebanyak 770 exoplanet dikonfirmasi tercantum dalam Ensiklopedia Planet Luar Tata Surya. Jumlah yang mencakup 614 planet di sistem planet dan 104 planet dalam sistem planet ganda. Pada Februari 2012, NASA dengan misi Kepler telah mengidentifikasi 2.321 kandidat planet yang belum dikonfirmasi terkait dengan 1.790 bintang induknya.

 1. Planet yang berada pada  Zona dihuni

 
Pada bulan Desember 2011, NASA mengkonfirmasi penemuan planet pertama yang ditemukan di zona habitasi bintang "seperti matahari". Mereka menamai planet Kepler-22b. Planet ini sekitar 2,5 kali radius Bumi, dan mengorbit dengan nyaman dalam zona habitasi. Ilmuwan tidak yakin dengan komposisi planet ini, tapi penemuan itu telah terbukti menjadi langkah besar dalam menemukan "kembaran bumi."


sumber: http://listverse.com/2012/05/19/10-recent-space-discoveries/ 

Sabtu, 23 Juni 2012

Masuk Angin, Penyakit Khas Indonesia?

Apa maksud judul tulisan ini??
 Apakah benar Penyakit Masuk Angin hanya ada di Indonesia?
Apakah orang luar negeri (apa lagi orang Barat) tidak bisa masuk angin?
kok bisa sih??

benar, ya memang hanya orang Indonesia yang mengenal Masuk Angin.
Masuk angin adalah suatu "penyakit" yang disebabkan karena berkumpulnya gas yang tidak merata di dalam tubuh. Masuk Angin diyakini menjadi penyakit yang nyata, namun saat ini belum ada bukti medis untuk mendukung klaim ini. Penyakit ini mirip influenza karena gejala dan penyebabnya hampir sama. Masuk angin biasanya dianggap sekadar mitos di dunia kedokteran tetapi kenyataannya banyak sekali penderitanya.
Hanya orang Indonesia yang menderita masuk angin sedangkan orang asing tidak pernah mengalaminya. Kalangan ekspatriat di Indonesia tentu bingung dengan istilah masuk angin, penyakit yang dipahami disebabkan angin yang masuk ke tubuh. Mereka baru mengerti setelah mendengar kata catching cold. Istilah masuk angin ini paling tepat diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris menjadi catching cold. Dan masuk angin yang ini rupanya sering dibahas dalam forum kaum ekspatriat di internet

Biasanya penyebab utamanya adalah udara dingin yang berlebihan. Contohnya adalah terlalu lama di ruangan AC, bermain hujan-hujanan, cuaca yang dingin, dan lainnya. Penyebab lainnya adalah terlalu banyak tertawa, salah makan, kurang kentut, atau karena terlalu lelah.[1] Masyarakat langsung menyebut masuk angin setiap kali merasa badan tidak enak. Badan tidak enak yang dikarenakan masuk angin, umumnya terjadi di masa pergantian cuaca dari musim kemarau ke penghujan atau sebaliknya (pancaroba). Di masa peralihan itu angin seringkali bertiup kencang. Angin sering disalahkan karena masuk ke tubuh tanpa permisi dan menyebabkan badan terasa tak enak. Angin sering dituduh masuk ke tubuh tanpa permisi ketika tubuh terekspos angin yang bertiup kencang.
Saat di musim bukan pancaroba pun "angin tak diundang" ini sering menghinggapi orang-orang tertentu. Penyakit ini acapkali singgah di tubuh orang yang sering begadang, kurang tidur atau kurang istirahat. Gara-gara angin, penderitanya jadi merasa tak enak badan ketika bangun di pagi hari.
Masuk angin merupakan kumpulan gejala yang terjadi akibat gabungan kelelahan fisik, terlambat makan, dan stres pikiran. Karena gabungan ketiga hal itu, terjadilah pembentukan gas berlebihan di lambung dan usus. Kemudian timbul perasaan penuh di usus lalu mulas, diikuti mual dan muntah. Kalau sudah begini kejadiannya, inilah yang disebut masuk angin
Sebenarnya cuaca dingin, bukannya anginlah yang memicu terjadinya masuk angin. Cuaca dingin yang menyergap tubuh menimbulkan mekanisme vasoconstriction atau penyempitan pembuluh darah. Sebenarnya penyempitan pembuluh darah ini merupakan mekanisme tubuh untuk menjaga agar tidak terjadi pengeluaran kalori berlebihan dari tubuh, sehingga tubuh tidak perlu mengalami penurunan suhu atau hipotermia. Namun, dampak kurang menyenangkan dari penyempitan pembuluh ini adalah peredaran darah menjadi kurang lancar. Akibatnya, hasil metabolisme, berupa asam laktat, terakumulasi pada otot-otot. Inilah yang membuat badan jadi terasa pegal-pegal.
Perihal perut kembung terisi gas, bisa terjadi akibat cuaca dingin yang menyebabkan perlambatan gerak peristaltik usus. Perlambatan ini yang menyebabkan gas tertampung di saluran cerna, sehingga perut terasa kembung dan penuh (begah).
Cuaca dingin juga dapat menyebabkan rambut-rambut sel di saluran napas lambat bergerak. Padahal, mereka berfungsi untuk mengeluarkan lendir, bakteri, dan virus. Perlambatan ini juga menyebabkan seseorang menjadi rentan terkena infeksi seperti batuk, pilek, dan lain-lain.

Orang asing merasa lucu mendengar ada penyakit masuk angin.
Inilah salah satu pengalaman seorang Bule yang bingung tentang masuk angin, bule ini telah beberapa tahun tinggal di Bali.
 inilah pengalamannya sy kutip dari http://balimanual.com/2012/06/masuk-angin-the-wind-that-infected-an-entire-nation/
kok ada sih penyakit Masuk Angin?? dia bertanya-tanya
Jika Anda tidak terbiasa dengan istilah itu, masuk angin diterjemahkan secara harfiah menjadi"enter wind". Itu juga merupakan penyakit paling umum bahwa orang-orang di Indonesia. Tidak masuk kerja kemarin? "Maaf, masuk angin!" Tidak merasa baik saat bangun tidur hari ini?. Untuk memahami kasus orang kemasukan masuk angin meskipun Anda perlu mengeksplorasi proses memikirkan di balik itu.
Orang-orang di Indonesia percaya bahwa ketika angin bertiup dan itu dapat masuk ke dalam tubuh Anda, ia memiliki kekuatan untuk membuat Anda sakit. Sebenarnya, tidak terlalu dapat membuat Anda sakit tapi itu pasti akan, positif membuat Anda sakit setiap waktu. Hal ini menyebabkan orang mengambil tindakan pencegahan yang ekstrem untuk melindungi diri dari angin, agar tidak sakit. Gejala-gejala masuk angin termasuk batuk, bersin, sakit otot, demam dan sakit kepala. Pada dasarnya semua gejala flu atau demam.
Secara ilmiah saya bisa mulai mengerti. Ketika angin bertiup, kuman dan bakteri bisa menyebar sehingga lebih mudah bagi Anda untuk mendapatkan sakit dari paparan kuman. Sekarang tiba disini . Masuk angin bahkan lebih mudah untuk diderita
dengan duduk di depan kipas angin di ruangan tertutup.
Di sinilah saya berhenti menjadi mampu mengikuti logika. Secara teoritis bahwa ruang tertutup tidak akan memiliki lagi kuman masuk atau keluar - . Kipas meniup seseorang yang berada di dekitarnya tidak akan meningkatkan kesempatan Anda terinfeksi oleh kuman. Masuk angin bukan tentang penyebaran kuman tetapi dari kepercayaan bahwa angin itu sendiri akan dapat dalam diri Anda dan membuat Anda sakit.
Apakah Anda pernah duduk di dalam ruang tertutup yang panas bahkan oleh orang-orang Indonesia dan heran mengapa tidak ada yang mau menyalakan kipas angin? Takut masuk angin adalah salah satu yang hampir semua orang Indonesia percaya sepenuhnya. Jika Anda bangun dan menyalakan kipas angin, Anda mungkin melihat orang bergeser dari kipas angin agar tidak terkena oleh angin secara langsung. Bahkan ada obat di Indonesia seperti Tolak Angin (reject wind) yang dijual hanya untuk mencegah gejala-gejala masuk angin.Tetapi ini terasa seperti obat flu biasa buat saya.
Jika ini adalah pertama kalinya Anda belajar tentang fenomena tentang masuk angin, mintalah salah satu teman lokal Anda tentang hal itu. Jangan lakukan itu dengan cara yang kasar atau memaksa mereka untuk membela keyakinan mereka tetapi tanggapilah secara biasa atau sangat lucu. Perbedaan keyakinan antara timur dan budaya barat benar-benar terlihat ketika topik masuk angin muncul.
Pada akhirnya saya menemukan masuk angin menjadi topik lucu dan saya berarti tidak ada rasa tidak hormat terhadap Indonesia atau keyakinan mereka apapun dengan berbagi pandangan saya. Nenek saya percaya beberapa penyebab penyakit dan pengobatan mereka yang saya temukan cukup lucu juga. Generasi dapat menyebabkan  perbedaan dalam keyakinan  budaya . Dan aku memberitahu seseorang apa yang harus dilakukan atau apa yang tidak boleh dilakukan untuk menjaga kesehatan mereka? Saya mungkin tidak takut untuk membiarkan angin ke dalam diriku, tapi aku pasti tidak takut untuk membiarkan angin keluar dari saya , jika Anda tahu apa yang saya maksud

Jumat, 08 Juni 2012

10 Misteri yang Belum Terpecahkan

10 Misteri Yang Belum Terpecahkan





Ada kalanya sebuah peristiwa penting dalam sejarah masih terus menjadi misteri yang tidak bisa diungkapkan, dijelaskan bahkan dipecahkan. Meskipun upaya para arkeolog terus mencari jawabannya, apa daya belum terlihat titik terang sedikit pun.
10 misteri di bawah ini membuat banyak orang masih bertanya – tanya karena sampai sekarang belum terjawab, bahkan sebagian besar dari kita melupakannya..
1. Rongorongo

Meskipun banyak orang yang tahu tentang Moai di Easter Island, namun tidak banyak yang tahu tentang misteri lainnya berkaitan dengan Easter Island.
Rongorongo’ adalah bahasa tulisan yang sulit dibaca dari para penduduk awal di daerah tersebut. Rongorongo dianggap misterius karena tidak ada tetangga kaum oceania yang menggunakan bahasa tulisan.
Bahasa ini muncul di sekitar tahun 1700an, meskipun sayangnya hilang setelah para penjajah Eropa awal melarangnya disebabkan oleh kaitan-kaitannya dengan akar pagan para penduduk asli di sana.
2. Helike Kota yang Hilang
Pada akhir abad kedua Masehi, penulis Yunani, Pausanias menulis sebuah cerita tentang bagaimana (4-500 tahun sebelumnya?) di satu malam ketika gempa kuat menghancurkan kota besar Helike, dengan Tsunami yang menyapu habis apapun yang ada di kota besar yang pernah maju tersebut.
Kota tersebut, ibu kota dari Achaean League, adalah pusat ibadah yang dibaktikan kepada dewa kuno Poseidon, dewa laut. Tidak ada jejak masyarakat legenda yang disebutkan diluar tulisan-tulisan Yunani kuno sampai tahun 1861, ketika seorang arkeolog menemukan uang yang dianggap berasal dari Helike – sebuah koin perunggu dengan kepala Poseidon.
Pada tahun 2001, sepasang arkeolog berusaha menemukan reruntuhan Helike di bawah lumpur dan kerikil-kerikil pesisir tersebut, dan saat ini sedang menggabungkan bangkit dan kejatuhan mendadak dari apa yang telah menjadi Atlantis “sebenarnya.”  
3. Mayat Berlumpur
Misteri ini bahkan bisa menjadi sebuah masalah bagi para penyelidik legenda dari CSI dan semacamnya! Mayat-mayat berlumpur ini adalah ratusan mayat kuno yang ditemukan terkubur di sekitar rawa-rawa utara dan lahan-lahan basah di Eropa Utara.
Beberapa mayat ini memiliki tanda penyiksaan dan “kesenangan” abad pertengahan lainnya, yang membuat beberapa peneliti berpendapat bahwa korban-korban yang tidak beruntung ini adalah hasil dari pengorbanan ritual.
4. Runtuhnya Kaum Minoan
Kaum Minoan terkenal karena legenda Theseus dan Minotaur, namun faktanya kaum ini merupakan warisan dari peradaban yang pernah besar dan lebih menarik. Meskipun banyak sejarahwan berkonsentrasi pada kejatuhan Kerajaan Roma, runtuhnya kaum Minoan, yang menduduki pulau Crete, adalah sebuah misteri yang sama jika tidak lebih besar.
Tiga setengah tahun lalu, pulau tersebut digoncang oleh sebuah ledakan vulkanik besar di Pulau sebelahnya Thera. Para arkeolog menemukan buku-buku catatan yang menunjukkan bahwa kaum Minoan tetap bertahan selama 50 tahun setelah ledakan tersebut, sebelum akhirnya mereka benar-benar menghilang.
Teori-teori tentang apa yang mengakhiri mereka telah berkembang mulai dari debu vulkanik yang menutupi pulau tersebut dan menghancurkan semua hasil panennya sampai ke masyarakat lemah yang akhirnya tersingkirkan oleh serbuan para kaum Yunani.
 
5. Batu Carnac
Setiap orang pernah mendengar tentang Stonehenge, namun hanya sedikit yang mengetahui Batu Carnac. 3000 batu megalitik ini tersusun dalam barisan yang sempurna sepanjang 12 kilometer di pesisir Brittany di Barat Laut Perancis. Mitologi di sekitar batu-batu tersebut menunjukkan bahwa tiap batu adalah tentara Roma yang diubah menjadi batu oleh Merlin Sang Penyihir.
Usaha-usaha penjelasan ilmiah menunjukkan bahwa batu-batu tersebut bisa jadi merupakan alat deteksi gempa yang rumit. Identitas kaum Neolithic yang membangunnya tidaklah diketahui.
6. Robin Hood
Semua orang pasti mengenal tokoh sahabat rakyat jelata ini. Namun kebenaran dari pria pemanah tampan ini masih berupa misteri. Pencarian sejarah perambok legendaris ini telah membesarkan sejumlah nama yang mirip dengannya. Salah satunya adalah seorang buronan Yorkshire bernama Rober Hod, yang juga dikenal sebagai Hobbehod atau Robert Hood dari Wakefield.
Pencarian tersebut menjadi semakin rumit seiring nama Robin Hood menjadi istilah umum bagi seseorang yang berada di luar perlindungan hukum. Ketika literatur mulai menambahkan karakter-karakter baru kepada dongeng tersebut seperti Prince John dan Richard the Lionheart, jejak tersebut semakin kabur. Sampai sekarang, tak seorang pun tahu siapakah sebenarnya tokoh kriminal ini.
7. Pasukan Romawi yang Hilang
Setelah pasukan Parthia mengalahkan tentara Jendral Romawi Crassus, legenda mengatakan bahwa sekumpulan kecil Tahanan Perang tersebut berkelana melewati padang pasir dan akhirnya digulung oleh tentara militer Han 17 tahun kemudian.
Sejarawan Cina abad pertama, Ban Gu, menulis sebuah hikayat tentang konfrontasi dengan satu kumpulan pasukan aneh sekitar seratus personil yang berperang dalam “formasi unik berskala-ikan” untuk pasukan Romawi.
Seorang sejarawan Oxford yang membandingkan catatan-catatan kuno mengklaim bahwa pasukan romawi yang hilang tersebut menemukan kota kecil dekat padang pasir Gobi bernama Liqian, yang di dalam bahasa Cina berarti Roma.
Tes DNA sedang dilakukan untuk menjawab klaim tersebut dan semoga dapat menjelaskan beberapa tentara bermata hijau, berrambut pirang, dan menggemari perkelahian melawan banteng tersebut.
8. Naskah Voynich
Naskah Voynich yang misterius diduga telah ditulis di ke-15 atau abad ke-16. Penulis, script, dan bahasa naskah tetap tidak diketahui.
Yang tercatat, keberadaan naskah Voynich telah menjadi objek studi intensif oleh banyak profesional dan amatir kriptografer, termasuk beberapa peneliti (pemecah kode) Amerika dan Inggris Perang Dunia II ketenaran (yang semuanya gagal mendekripsi bagian apapun dalam teks).
Saat ini Voynich naskah disimpan dalam Perpustakaan Universitas Yale sebagai item “MS 408″. Edisi faksimili pertama diterbitkan pada tahun 2005
Kesan keseluruhan yang diberikan oleh lembaran-lembaran naskah tersebut menunjukkan bahwa isinya menyangkut farmakope atau membahas topik-topik di dalam pengobatan abad pertengahan atau modern awal. Namun, perincian ilustrasi yang membingungkan tersebut telah memunculkan berbagai teori tentang asal-usul buku tersebut, isi dari tulisan tersebut, dan tujuan naskah itu dibuat.
Dokumen tersebut mengandung ilustrasi-ilustrasi yang menunjukkan bahwa buku tersebut memiliki enam bagian: Herbal, Astronomis, Biologis, Kosmologis, Farmasi, dan resep-resep.
9. Mumi Orang Eropa Di Cina
Penemuan menakjubkan mumi-mumi berusia 2000 tahun di lembah sungai Tarim Cina Barat terjadi pada awal tahun 90an. Namun yang lebih menakjubkan dibanding penemuan itu sendiri adalah fakta yang mencengangkan bahwa mumi-mumi tersebut berambut pirang dan berhidung panjang.
Pada tahun 1993, Victor Mayer seorang profesor universitas mengumpulkan DNA dari mumi-mumi tersebut dan tes-tes yang dilakukannya membuktikan bahwa mayat-mayat tersebut memiliki genetik orang Eropa.
Tulisan-tulisan Cina kuno dari milenium pertama SM menyebutkan kelompok-kelompok kaukasus yang berasal dari daerah timur-jauh yang disebut sebagai kaum Bai, Yeuzhi, dan Tocharian.
Meskipun begitu, tak satu pun yang benar-benar menyingkapkan bagaimana atau mengapa orang-orang ini berakhir di Cina.
10. Hilangnya Peradaban Lembah Hindus
Kaum Lembah Hindus kuno, peradaban India tertua dan terkenal memiliki sebuah kebudayaan yang merentang dari India Barat sampai Afganistan dan memiliki jumlah penduduk sekitar 5 juta orang.
Le—peradaban tertua India—merupakan sebuah kelompok yang tampak sehat dan mengesankan di zaman perunggu. Keruntuhan mereka yang mengherankan dan mendadak tersebut menyamai keruntuhan kaum Maya.
Kaum Lembah Hindus ini adalah sebuah kebudayaan yang maju secara higienis dengan sistem pembuangan air canggih, dan tempat-tempat mandi yang dibandung secara amat bersih. Sampai saat ini tidak ada keterangan arkeologis tentang tentara, perbudakan, konflik, atau aspek-aspek lain dari masyarakat kuno. Tak seorang pun tahu kemana peradaban ini pergi.
sUMBER: http://terselubung.blogspot.com/2012/06/10-misteri-yang-belum-terpecahkan.html

Kamis, 07 Juni 2012

10 Daftar Anime Paling Populer di Dunia

inilah
anime paling laris, anime terfavorit,anime terpopuler di dunia sampai saat ini

10. Dragon Ball



Pertama kali ditayangkan pada tahun 1984, Dragon Ball adalah seri tertua di daftar ini.dragon Ball adalah salah satu anime terlaris di dunia begitu pula di Indonesia. Edisi revisi masih ditayangkan pada saat ini ,namun tidak begitu populer dibandingkan seri Dragon Ball sebelumnya.Secara singkat, serial Dragon Ball  menceritakan Bola Naga (Dragon Ball), sang Manusia Saiya( GoKu) yang terdampar di bumi dan seri selanjutnya menceritakan tentang Gohan untuk mencari bola sihir naga tujuh, dan kemudian untuk menyelamatkan dunia dari musuh menggunakan berbagai kekuatan alam super. Selama kemajuan seri, karakter mencapai cara untuk terus membantu teman-teman mereka setelah kematian, bahkan kembali ke Bumi dalam waktu yang singkat.Secara keseluruhan, Dragon Ball adalah sebuah anime yang dikemas dengan berbagai pertempuran yang panjang. Hal ini terutama dianjurkan bagi pemirsa muda, dan mereka yang suka anime gaya lama..

9. Black ButlerBlackbutler
(黒執事 Kuroshitsuji)


Sebuah anime yang belum lama tayang, Black Butler menikmati popularitas moderat, yang layak untuk ditonton. 
Black Butler mengisahkan aksi Sebastian Michaelis, kepala pelayan berdarah iblis yang terikat dengan kontrak supranatural untuk mengabdi kepada Ciel Phantomhive, seorang anak yatim piatu berusia 12 tahun dan memimpin keluarga bangsawan Inggris Phantomhive serta perusahaan mainan dan permen milik keluarganya.
Kedua orangtua Ciel tewas terbunuh semasa ia kecil, terpaksa membuat perjanjian dengan sang Iblis untuk membalas dendam terhadap orang-orang yang membunuh orang tuanya dan meminta bantuan seorang pelayan untuk melakukan apa saja untuknya degan bayaran nyawanya sendiri. Jadi, setelah semua tugas dari Ciel selesai, termasuk membalaskan dendam atas kematian orang tuanya, Sebastian diperbolehkan membunuh dan mengambil nyawanya.
Serial Black Butler sendiri (黒執事 Kuroshitsuji) awalnya merupakan komik manga ciptaan Yana Toboso. Semenjak terbitan perdananya pada tanggal 16 September 2006 lalu, serialnya telah terbit di majalah komik manga bulanan Monthly GFantasi terbitan Square Enix yang hingga kini telah terbit dalam delapan volume, dan telah terbit di berbagai negara dalam berbagai bahasa. Rencana dari pembuatan serial anime adaptasinya telah dinyatakan sejak Juli 2008 dan sutradara Shinohara Toshiya beserta rumah produksi oleh A-1 Pictures pun langsung mengincarnya. Setelah diproduksi, serial anime Black Butler pun ditayangkan perdana pada bulan Oktober 2008 di stasiun TV Tokyo Broadcasting System dan Mainichi Broadcasting System, dalam 24 episode.


8. Naruto





Diakui, beberapa dari Anda mungkin memberikan anime ini peringkat yang lebih tinggi dalam daftar. Anime ini masih banyak ditampilkan di TV di seluruh dunia, dan perusahaan sekuel Naruto: Shippuden sama suksesnya. Namun, Naruto ditujukan untuk usia muda daripada kebanyakan dari anime lainnya di daftar ini (sehingga agak membosankan bagi penggemar anime yang lebih tua), dan banyak dari karakter yang sangat stereotip untuk Shonen manga.Adapun plot, Naruto menceritakan tentang ninja muda Naruto Uzumaki dan teman-temannya dalam perkembangan mereka dan perjalanan sebagai upaya Naruto untuk menjadi ninja paling dikenal di desanya.  AdeganPertempuran cukup seimbang dengan adegan komedi, yang memberikan keseimbangan lebih dari Dragon Ball.

 7. Hellsing
 
Banyak orang mengatakan bahwa anime ini keren. dan manga masih berjalan, . Meskipun agak berbeda dari manga  dalam hal plot, sebagian besar karakter adalah sama.Hellsing merupakan anime supranatural. menceritakan bekerjanya organisasi Hellsing, sebuah organisasi rahasia Inggris yang menghancurkan vampir dengan bantuan dari Alucard vampir kuno. Serial ini penuh aksi yang memukau dan ketegangan . Hellsing tidak seperti sebuah trend percintaan remaja tertentu. Anggap saja itu tidak cocok untuk senapan ganda tak terkalahkan membawa vampir dengan bakat untuk menghancurkan semua orang yang menentang atasannya.


6. Elfen Lied
 
Elfen Lied atau dalam bahasa Jerman yang secara harfiah berarti "nyanyian para elf," memberikan anime ini suara damai dan indah. Namun, tujuh menit pertama dari anime ini mungkin yang paling brutal dalam sejarah anime. Secara keseluruhan, anime ini cukup tinggi dalam kebrutalan dan ketelanjangan, yang merupakan salah satu alasan anime ini begitu dikenal secara luas.

Dengan latar science-fiction di masa depan, anime ini menceritakan tentang "diclonius" yang merupakan mutant hasil rekayasa genetika manusia. Diclonius mempunyai 2 tanduk kecil di kepalanya dan memiliki kemampuan telekinesis yang dinamakan "vector" yaitu berupa tangan yang tak kasat mata namun dapat memanjang sampai puluhan meter dan tenaganya dapat memotong orang dalam sekejap (ini yang menyebabkan banyaknya pertumpahan darah). Karena diclonius sangat berbahaya, mereka semua dikurung di dalam tempat yang sangat aman dan dijaga sangat ketat oleh organisasi yang mengembangkannya.


Suatu ketika, Lucy - seorang gadis diclonius, berhasil lepas dari kurungan serta membunuh semua penjaga yang berusaha menangkapnya. Dengan "vector"nya ia bahkan mampu menahan peluru. Untuk mencegah makhluk berbahaya ini kabur dan membunuh banyak orang maka organisasi memutuskan untuk menembak mati Lucy dengan sniper. Ketika Lucy sudah sampe ke tepi laut, sebuah peluru sniper mengarah pada kepala Lucy. Lucy mati...? Tidak, ternyata peluru itu hanya menyerempet kepalanya dan ia terjatuh ke tebing di pinggir laut.
Kouta dan sepupunya (Yuka) sedang berjalan di tepi pantai dan tiba" menemukan Lucy. Ternyata Lucy hilang ingatan dan terbentuk kepribadian ganda yang hanya dapat mengatakan "nyuu". Akhirnya Kouta menamakan dia Nyuu. Kouta membawa Nyuu pulang, dan di sinilah awalnya masalah menjadi semakin rumit. Ternyata Nyuu(Lucy) masih dicari-cari oleh organisasi dan gawatnya lagi, seorang pembunuh bayaran yang sangat hebat disewa untuk membunuh Nyuu. Nyuu juga tidak ingat bagaimana menggunakan "vector"nya. Namun kouta berusaha melindungi Nyuu mati"an. Di lain pihak, ternyata Yuka menyimpan rasa suka terhadap Kouta sejak dari kecil. Bagaimana nasib Lucy selanjutnya? Apakah ingatan dan kepribadian Lucy kembali? Dapatkah Yuka mendapatkan cintanya




5. Rurouni Kenshin
 
Menceritakan selama awal periode Meiji di Jepang, Rurouni Kenshin/ Himura Kenshin adalah mantan pembantai dan pada akhirnya ia ingin tobat lalu memutuskan mengembara  dan membantu mereka yang membutuhkan dalam upaya untuk menebus dosa-dosa yang dilakukannya sebagai seorang pembunuh. Serial ini dari jenis yang lebih dramatis, menunjukkan konsekuensi dari perang dan kesulitan mereka yang terkena dampak itu. Ada juga komedi, agar tidak terkesan terlalu suram. Ini anime yang mendalam pasti worth watching.


4. Bleach

 
Alur cerita yang  berlangsung sangat berbeda dari nomor lima dalam daftar ini.Anime Ini menggambarkan nilai-nilai persahabatan dan loyalitas bersama aksi dan komedi, dengan karakter yang unik dan pengembangan karakter menakjubkan.Cerita berfokus pada siswa SMA Ichigo Kurosaki, yang diberi kekuatan roh untuk menyelamatkan keluarganya. Sekarang tugasnya untuk melindungi manusia dan jiwa sama dari para Hollow. Segera setelah itu, bagaimanapun,Rukia yang memberinya kekuatannya dijatuhi hukuman akan dieksekusi, dan Ichigo memutuskan untuk menyelamatkannya bersama dengan teman-temannya. Jadi konspirasi dalam Soul Society, tanah orang mati, terungkap dan menjadi alur cerita utama dalam seri. Sayangnya,berbagai busur filler mengganggu plot ini, sehingga kurang menyenangkan.


3. Full Metal Alchemist

 

Full Metal Alchemist dan sekuelnya bersetting industrialisasi era Eropa,

Edward Elric dan Alphonse Elric awalnya hidup bahagia dengan orang tua mereka. Tetapi karena pekerjaan ayahnya adalah alkemist (ahli kimia), ayahnya yang bernama Van Hohenheim sering bepergian keluar rumah, sehingga Ed dan Al hanya tinggal bersama ibunya, Trisha Elric. Karena terlalu lelah mengurus rumah sendirian, Trisha jatuh sakit dan akhirnya meninggal. Ed dan Al yang saat itu masih kecil, namun sudah mewarisi bakat ayahnya sebagai alkemist mencoba menghidupkan kembali sang ibu. Namun, usaha mereka gagal. Tubuh Al diambil sebagai "biaya masuk" karena transmutasi manusia adalah hal tabu dalam alkimia. Ed yang panik akhirnya memindahkan roh Al ke dalam baju zirah dengan bayaran tangan kanannya dan kaki kirinya.
Di tengah keputusasaannya, Ed mendapat tawaran untuk menjadi seorang alchemist kenegaraan (State Alchemist). setelah mempertimbangkan keuntungan memperoleh berbagai hak istimewa sehingga ia bisa menyelidiki dan mencari cara untuk mengembalikan tubuh mereka, Ed menerima tawaran itu. Tangan dan kaki Ed pun diganti dengan automail. Setelah itu, Ed mengikuti tes ujian alchemist kenegaraan dan lulus sebagai alchemist kenegaraan termuda dalam sejarah dan mendapat julukan Fullmetal Alchemist. Bersama dengan Al, dimulailah petualangan Ed guna mencari cara untuk mengembalikan tubuh mereka.
Dalam petualangan mereka, mereka menemukan bahwa militer bekerja sama dengan Homunculus untuk menghancurkan Amestris. Homunculus-homunculus tersebut diperintahkan secara khusus oleh orang yang disebut dengan julukan "Ayah." Ayah ini adalah Homunculus pertama yang ada di dunia. Dalam versi manga, homunculus ini pertama tertangkap dalam sebuah botol kecil. Homunculus dapat hidup karena darah Van Hohenheim diberikan sedikit kepada Homunculus. Van Hohenheim berteman akrab dengan Homunculus ini sampai suatu hari raja di Cselk Cess meminta kepada Homunculus untuk mendapatkan hidup abadi. Setelah Homunculus memberi tahu caranya, dimulailah pembuatan lingkaran transmutasi oleh raja Cselk Cess. Ternyata Homunculus menipu raja dan semua orang di Cselk Cess menjadi kurban dalam pembuatan batu filsuf (philosopher's stone). Karena dulu Van Hohenheim menolong Homunculus, maka Homunculus memberikan hidup abadi kepada Van Hohenheim sebagai imbalan dengan menggunakan setengah batu bijak. Setengahnya lagi dipakai oleh Homunculus untuk mengubah dirinya menjadi mirip seperti Van Hohenheim. Oleh sebab itu, Ed, Al, dan teman-temannya berusaha keras untuk mencegah "Ayah" dalam menghancurkan Amestris
terhanyut.

2. One Piece
 

Salah satu serial anime paling panjang yang sedang berlangsung, One Piece adalah suatu keharusan yang pasti untuk daftar ini. Sayangnya sebagian besar episode awal yang disensor ketat selama pembuatan sebuah Inggris pangkat oleh 4Kids, meskipun ini seharusnya tidak mengaburkan pendapat seseorang dari anime aslinya.One Piece mengikuti pencarian tujuh belas tahun Monyet D. Luffy, seorang anak dengan kekuatan gaib yang diperoleh dari makan buah ajaib, yang bersama dengan krunya yang merupakan sampah masyarakat, perjalanan Grand Line dalam mencari One Piece, harta karun tertinggi. Plot yang indah terletak di sebuah dunia fantasi luar biasa, dengan karakter individu dan jalan cerita yang berkembang luas.


1. Death Note
 

. Death Note adalah Anime yang penuh dengan ketegangan, bertemakan  Jepang modern. Berfokus pada pertanyaan-pertanyaan yang baik dan buruk, moral dan keadilan. Karakter dengan kecerdasan yang tinggi, Light vs L( Ryuzaki), dan plot twists banyak membuat alur cerita tak terduga. Tiga live-action film yang dibuat berdasarkan anime (salah satunya menjadi prekuel), meskipun mereka tidak hampir sama dengan  animenya.Cerita berikut siswa SMA Yagami Light, yang menemukan sebuah notebook misterius, yang disebut Death Note, yang memungkinkan dia untuk membunuh siapa pun dengan menuliskan nama seseorang yang dikehendakinya di dalamnya. Light menggunakan notebook ini untuk membunuh tahanan, namun polisi segera mencurigainya. Detektif terbesar di dunia, L,menjadi musuh terberatnya.  Dikemas dengan alur yang menegangkan dan seru untuk saling bersaing karena masing-masing mencoba untuk tetap selangkah lebih maju dari yang lain.





 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...