Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 27 Oktober 2011

Partikel Neutrino Bergerak Lebih Cepat dari Cahaya


Sejumlah ilmuwan di Swiss mengungkapkan bahwa dari hasil penelitian mereka selama bertahun-tahun, mereka menemukan sebuah partikel kecil yang kecepatannya melebihi kecepatan cahaya dan melawan hukum alam. Demikian dilansir CNN, Jumat (23/9/2011).
Para ahli fisika ini mengatakan jika partikel yang berbentuk neutrinos ini dikirim di bawah tanah dari laboratorium di Swiss dan Italia berjarak 730 kilometer dan sampai kurang dari satu detik jika di banding dengan kecepatan cahaya yang dipancarkan dalam jarak yang sama.
Partikel yang disebut sebagai neutrino ini memiliki kecepatan 20 per 1 juta di atas kecepatan cahaya. Berdasarkan teori relativitas khusus yang dikemukakan Albert Einstein pada 1905, kecepatan cahaya mencapai 299.792 kilometer per detik atau yang sering dibulatkan menjadi 300.000 kilometer per detik. Ini merupakan kecepatan tertinggi di alam semesta. Neutrino merupakan partikel elementer yang memiliki massa sangat kecil, nyaris mendekati nol.
Eksperimen untuk menguji kecepatan neutrino ini dinamai Oscillation Project with Emulsion-tRacking Apparatus (OPERA) yang dilakukan di Gran Sasso National Laboratory, Italia, pada kedalaman 1.400 meter. Tujuan penelitian adalah menguji neutrino yang ditembakkan dari CERN.
Laporan ini dipublikasikan oleh lembaga peneliti yang bekerja di sebuah proyek bernama eksperimen Opera yang berbasis di European Organization for Nuclear Research yang dikenal dengan nama CERN.
CERN adalah tempat dari Large Hadron Collider. "Saya kaget dan sungguh di luar dugaan," demikian ujar Antonio Ereditato, juru bicara proyek Opera di Universitas Bern di Swiss.
Meski demikian, para peneliti yakin jika apa yang mereka lakukan sudah benar. Penemuan ini tentu saja menantang teori Albert Enstein tentang relativitas dan teori klasik yang mengatakan tak ada satupun yang bisa mengalahkan kecepatan cahaya.
"Ini adalah penemuan yang luar biasa jika benar," kata Professor Neville Harnew, kepala peneliti partikel fisik di Oxford University. Ia menambahkan, jika peneliti konsisten menunjukkan kebenaran itu maka ini adalah bentuk revolusi fisika seperti yang suda dikenal selama ini.

TERJEMAHAN LIRIK LAGU YUI - AGAIN dalam BAHASA INDONESIA

LIRIK LAGU YUI - ROMANJI
Yume no tsuzuki oikaketeita hazu nano ni
Magarikunetta hosoimichi hito ni tsumazuku


Ano koro ni mitai ni tte modoritai wake janai no nakushitekita sora wo sagashiteru
Wakattekuremasu you ni gisei ni natta you na kanashii kao wa yamete yo


Tsumi no saigo wa namida janai yo zutto kurushiku seotte kun da
Deguchi mienai kanjou meiru ni
Dare wo matteru no
Shiroi NOOTO ni tsuzutta you ni motto sunao ni hakidashitai yo
Nani kara nogaretainda
Genjitsu tte yatsu


Kanaeru tame ni ikiterun datte
Wasurechaisou na yoru no mannaka
Bunan ni nante yatterarenai kara
Kaeru basho mo nai no
Kono omoi wo keshite shimau ni wa
Mada jinsei nagai deshou (I'm on the way)
Natsukashikunaru
Konna itami mo kangei jan


Ayamaranakucha ikenai yo ne aa gomen ne
Umaku ienakute shinpai kaketa mama datta ne
[ Lyrics from: http://www.lyricsmode.com/lyrics/y/yui/again.html ]
Ano hi kakaeta zenbu ashita kakaeru zenbu
Junban tsuketari wa shinai kara
Wakattekuremasu you ni sotto me wo tojitanda
Mitakunai mono made miendamon

Minggu, 23 Oktober 2011

Perbedaan Pembelahan Mitosis dan Meiosis



Pembelahan sel secara tak langsung adalah pembelahan melalui tahap – tahap tertentu.
Pembelahan sel secara tak langsung dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu pembelahan mitosis dan pembelahan meiosis. Kedua pembelahan tersebut tentunya terdapat beberapa perbedaan. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada  tabel  dibawah ini :



>>>>

-->
No
Mitosis
Meiosis
1
Terjadi satu kali pembelahan
Terjadi dua kali pembelahan
2
Menghasilkan dua sel anak
Menghasilkan 4 sel anak
3
Sel anak sama secara genetik
Sel anak tidak sama secara genetik
4
Jumlah kromosom sel anak sama dengan jumlah kromosom sel induk. Rumus { 2n}
Bersifat diploid
Jumlah kromosom sel anak sama dengan setengah kromosom sel induk. Rumus
  { 1n }
Bersifat haploid
5
Terjadi di sel tubuh
Terjadi di organ reproduksi 
{ tempat pembentukan sel kelamin }
6
Berfunsi untuk perbanyakan sel, pertumbuhan, perbaikan/regenerasi , dan reproduksi aseksual.
Berfungsi untuk membentuk sel kelamin.

7
Terdiri dari tahap : Profase >Metafase >Anafase >Telofase >Interfase
Terdiri dari tahap :
1.       Meiosis I : Profase l >Metafese l >Anafase l
 > telofase l
2.       Meiosis ll : Profase ll> Metafase ll > Anaase ll 
> Telofase ll
Tanpa Interfase

Minggu, 09 Oktober 2011

Ter - Didunia ( Alam)

1. Titik terendah di bumi adalah danau laut mati, di perbatasan Jarussalem dan Jordania.
Laut Mati adalah danau yang membujur di daerah antara Israel, Daerah Otoritas Palestina dan Yordania.[1] Di 417,5 m di bawah permukaan laut, merupakan titik terendah di permukaan bumi.[2] Laut mati terletak pada perbatasan antara Yordania dan bagian barat Palestina, laut mati memiliki titik terendah di bumi pada 1.300 kaki (400m) di bawah permukaan laut.
2. Dataran tinggi tertinggi di dunia adalah dataran tinggi tibet.
Dataran tinggi Tibet, atau dikenal sebagai Dataran tinggi Qinghai-Tibet (Qingzang) adalah dataran tinggi yang luas di Asia Timur yang meliputi sebagian besar Daerah Otonomi Tibet dan Provinsi Qinghai di Republik Rakyat Cina, serta Provinsi Ladakh di Kashmir. Dataran tinggi ini luasnya 2,5 juta kilometer persegi (1.000 kali 2.500 kilometer), dengan ketinggian rata-rata 4.500 di atas permukaan laut. Sebagai dataran tinggi terbesar yang letaknya tertinggi di dunia, kawasan dataran tinggi Tibet mendapat julukan sebagai "atap dunia". Sebagai perbandingan, luas dataran tinggi ini kira-kira sama besarnya dengan 4 kali luas negara bagian Texas atau Perancis.
3. Titik terpanas dibumi
Banyak yang menganggap bahwa tempat terpanas adalah di Al Azizyah, Libya dengan suhu yang pernah tercatat sebesar 136oF atau 57.8oC. Dan tempat terpanas kedua yaitu di Death Valley, California, dimana suhu yang pernah tercatat sebesar 134oF pada tahun 1913. Tapi berdasarkan satelit NASA, suhu permukaan bumi yang terpanas terdapat di padang pasir Lut, Iran, yaitu sebesar 159oF atau 71oC. Padang pasir yang melingkupi area seluas 480 km itu disebut juga Gandom Beriyan (the toasted wheat).
4. Gunung Berapi tertinggi didunia adalah
Gunung Kilimanjaro[5,895 m (19,341 ft) dari muka laut 5,885 m (19,308 ft) dari muka dataran] di Tanzania sebagai gunung berapi tertinggi. walaupun gunung ini faktanya belum pernah melutus sepanjang sejarah.
5. Fyörd terdalam didunia adalah Sogna di Norwegia.
6. Danau terluas didunia adalah danau laut kaspian
7. Danau terdalam didunia adalah Danau Baikal di Rusia.
Danau Baikal adalah danau terdalam dan tertua di dunia dan terbanyak (dalam isi) air tawarnya di Bumi. Danau ini berisi lebih dari 20% air tawar dunia dan lebih dari 90% air tawar Russia. Danau ini merupakan Situs warisan dunia yang terletak di selatan Siberia di Russia, antara Oblast Irkutsk di barat laut dan Buryatia di tenggara, dekat kota Irkutsk. Nama ini berasal dari kata Tatar "Bai-Kul" - "danau kaya". Dia juga dikenal dengan "Mata Biru Siberia". Dalam bahasa Russia, dia disebut Байка́л (Ozero Baykal, О́зеро secara harfiah berarti Danau), dan dalam bahasa Buryat dan Mongol dia disebut Dalai-Nor, atau "Laut suci"
8. Air terjun tertinggi didunia adalah Angel fall.
Air Terjun Angel atau Salto Angel adalah air terjun jatuh-bebas tertinggi di dunia dengan ketinggian 979 meter (3.212 kaki) dengan jatuh tanpa hambatan sekitar 807 meter (2.647 kaki). Air terjun ini terletak di Rio Caroni, Taman Nasional Canaima, Venezuela.
9. Danau yang letaknya tertinggi didunia adalah danau Titicaca,
Danau ini berada pada ketinggian 4000 m/dpl yang berada diperbatasan Peru dan Bolivia.
10. Gunung tertinggi didunia adalah mount everst
Gunung Everest (bahasa Inggris: Mount Everest) adalah gunung tertinggi di dunia (jika diukur dari paras laut). Rabung puncaknya menandakan perbatasan antara Nepal dan Tibet; puncaknya berada di Tibet. Di Nepal, gunung ini disebut Sagarmatha (सगरमाथा, bahasa Sansekerta untuk "Dahi Langit") dan dalam bahasa Tibet Chomolangma atau Qomolangma ("Bunda Semesta"), dilafalkan dalam bahasa Tionghoa 珠穆朗瑪峰 (pinyin: Zhūmùlǎngmǎ Fēng).
11. Sungai terpanjang di dunia adalah sungai nil.
Sungai Nil (bahasa Arab: النيل an-nīl atau bahasa Mesir/Koptik iteru Iteru.png), di Afrika, adalah satu dari dua sungai terpanjang di Bumi. Sungai Nil mengalir sepanjang 6.650 km atau 4.132 mil dan membelah tak kurang dari sembilan negara yaitu : Ethiopia, Zaire, Kenya, Uganda, Tanzania, Rwanda, Burundi, Sudan, dan tentu saja Mesir. Karena sungai Nil mempunyai sama artinya dalan sejarah bangsa Mesir (terutama Mesir kuno) maka sungai Nil identik dengan Mesir.
12. Palung terdalam didunia adalah Palung
Palung Mariana atau Palung Marianas adalah palung yang paling dalam yang diketahui, dan lokasi terdalamnya berada di kerak Bumi. Dia terletak di dasar barat laut Samudra Pasifik, sebelah timur Kepualauan Mariana di 11° 21' Utara latitude dan 142° 12' Timur longitude, dekat juga dengan Jepang. Palung ini merupakan batasan di mana dua lempeng tektonik bertemu, zona subduksi di mana Lempeng Pasifik disubduksi di bawah Lempeng Filipina. Dasar dari palung ini jauh di bawah permukaan laut lebih jauh dari ketinggian Gunung Everest di atas permukaan laut.
Palung ini memiliki kedalaman maksimum 10.911 meter (35.798 kaki) di bawah permukaan laut. Kalau dihitung menurut latitudenya dan "equatorial bulge" Bumi, ia berada 6.366,4 km dari pusat Bumi. Samudra Arktik, di sisi lain, dengan kedalaman 4 km, memiliki jarak dasar laut dengan pusat bumi sebesar ~6.352,8 km, 13,6 km lebih dekat.
.
13. Pulau terluas di dunia adalah pulau greenland
Greenland dalam bahasa Inggris, atau Tanah Hijau (nama resmi: Kalaallit Nunaat, bahasa Denmark: Grønland), adalah sebuah pulau di Samudra Atlantik bagian utara di arah timur laut Kanada. Luas wilayahnya adalah 2.166.086 km² dan merupakan pulau terbesar di dunia. Pulau ini termasuk wilayah Kerajaan Denmark. Sejak tahun 1979, Tanah Hijau diberi kemandirian dan sejak tahun 1985 tidak lagi menjadi anggota Uni Eropa. Akan tetapi, Ratu Denmark masih tetap menjabat sebagai kepala negara. Ibukota Tanah Hijau adalah Nuuk.
14. Hutan terluas di dunia adalah 
Hutan Amazon (Bahasa Portugis Brasil: Floresta Amazônica atau Amazônia; Bahasa Spanyol: Selva Amazónica atau Amazonía) adalah hutan hujan di Amazon, Amerika Selatan. Wilayah ini, yang juga disebut Amazonia atau Amazon Basin, meliputi wilayah seluas tujuh juta kilometer persegi, walaupun hutannya sendiri seluas 5.5 juta kilometer persegi, terletak di sembilan negara: Brasil (dengan 60 persen hutan), Kolombia, Peru, Venezuela, Ekuador, Bolivia, Guyana, Suriname, dan Guyana Perancis. Ini adalah rumah masyarakat adat, termasuk Urarina di Peru
15. Tempat terkering didunia adalah samudra antartika
16. Hutan bakau terluas di dunia berada di Indonesia.
Luas hutan bakau Indonesia antara 2,5 hingga 4,5 juta hektar, merupakan mangrove yang terluas di dunia. Melebihi Brazil (1,3 juta ha), Nigeria (1,1 juta ha) dan Australia (0,97 ha)
17. Gurun pasir terluas di dunia adalah gurun sahara.
18. Gunung tertinggi didunia diukur dari perut bumi adalah
Mauna Kea ialah gunung berapi tidak aktif di Kepulauan Hawaii di Amerika Serikat. Mauna Kea memiliki ketinggian sekitar 4205 meter. Merupakan gunung berapi tertinggi di dunia jika diukur dari dasarnya, karena dasarnya terletak sekita 5800 meter di bawah permukaan Samudra Pasifik sehingga total ketinggiannya mencapai 10 kilometer.
19. Gunung berapi teraktif didunia adalah gunung merapi
20. Tempat paling basah di dunia adalah di Mawsynram, India dengan rata-rata curah hujan 11.872 mm per tahun

Perbandingan Kelahiran Bayi Laki-laki dan Perempuan.


    Pada pria, proses pembentukan sperma dari spematosit primer hingga terbentuk sel sperma memerlukan waktu sekitar 48 jam. Dan setiap individu pria dapat mengeluarkan sperma sekitar 3 ml, dan dalam setiap mililiter dapat terkandung hingga 120 juta sperma. Berarti setiap individu dapat mengeluarkan 360 juta sel sperma dalam 3ml air mani. Secara teoritis, jumlah sperma X dan Y sama. Jadi, jumlah sperma X dan Y masing-masing sekitar 180 juta sel. Kemungkinan sperma X dan Y untuk bertemu dengan sel ovum sama, maka kemungkinan lahir bayi laki-laki atau perempuan akan sama. Namun, hasil survei menunjukkan  bahwa bayi laki-laki yang dilahirkan adalah 105 dibandingkan 100 bayi perempuan. Hal ini disebabkan karena sperma Y lebih cepat gerakannya dibandingkan sperma X. Namun, setelah dilahirkan kematian bayi laki-laki 50% lebih tinggi daripada bayi perempuan. Beberapa penyakit infeksi lebih mudah menyerang laki-laki daripada perempuan.


    Selain karena gerakannya lebih cepat, sperma Y lebih mudah terpengaruh kondisi keasaman vagina. Jika vagina agak asam (pH sekitar 6), sperma Y gerakannya akan lebih cepat daripada sperma X, sehingga kemungkinan lahir bayi laki-laki lebih besar. Namun, jika kondisi vagina asam (pH 5-6), sperma Y akan mati sedangkan sperma X yang lebih tahan keasaman banyak yang masih hidup, sehingga kemungkinan lahir bayi perempuan lebih besar daripada bayi laki-laki. Kondisi vagina yang terlalu asam (pH lebih rendah dari 5) akan mematikan sperma. Dari uraian tersebut ternyata, jika kodisi vagina ibu asam, maka bayi yang dilahirkan lebih banyak berjenis kelamin perempuan. Jika kondisi agak asam, maka bayi yang dilahirkan lebih banyak laki-laki.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...