Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 27 Maret 2011

INDONESIA, NEGARA TERKAYA DIDUNIA.KENAPA TIDAK MAJU -MAJU ?


Indonesia, negara teresar Asia Tenggara ini sudah suatu kenyataan bila Negara ini mempunyai kekayaan Alam yang sangat melimpah, saking kayanya, seharusnya tidak ada alasan negara ini menjadi negara terkaya di dunia. Inilah negara kita. Yang sering kita sepelekan, kita cibir, dan kita banding-bandingkan dengan negara lain, yang pada akhirnya kita berkata juga, ah. . . mung Indonesia manamungkin bisa. . Mung indonesia. . Pastilah tidak mampu, pastilah kalah dan kalimat-kalimat bernada negatif lainnya. Tetapi ini negara kita, tanah tumpah darah kita. Kenapa kita tidak bangga terhadap negeri ini? Bagaimana negara ini bisa maju, bila rakyat nya tidak bangga terhadap negaranya sendiri?
Sekarang mari kita akan membicarakan Indonesia, negara yang mempunyai kekayaan luar biasa ini.

1. Negara ini punya pertambangan emas terbesar dengan kualitas emas terbaik di dunia. namanya PT Freeport.pertambangan ini telah mengasilkan 7,3 JUTA ton tembaga dan 724,7 JUTA ton emas. saya (penulis= suranegara) mencoba meng-Uangkan jumlah tersebut dengan harga per gram emas sekarang, saya anggap Rp. 300.000. dikali 724,7 JUTA ton emas/ 724.700.000.000.000 Gram dikali Rp 300.000. = Rp.217.410.000.000.000.000.000 Rupiah!!!!! ada yang bisa bantu saya cara baca nilai tersebut? itu hanya emas belum lagi tembaga serta bahan mineral lain-nya.lalu siapa yang mengelola pertambangan ini? bukan negara ini tapi AMERIKA! prosentasenya adalah 1% untuk negara pemilik tanah dan 99% untuk amerika sebagai negara yang memiliki teknologi untuk melakukan pertambangan disana. bahkan ketika emas dan tembaga disana mulai menipis ternyata dibawah lapisan emas dan tembaga tepatnya di kedalaman 400 meter ditemukan kandungan mineral yang harganya 100 kali lebih mahal dari pada emas, ya.. dialah URANIUM! bahan baku pembuatan bahan bakar nuklir itu ditemukan disana. belum jelas jumlah kandungan uranium yang ditemukan disana, tapi kabar terakhir yang beredar menurut para ahli kandungan uranium disana cukup untuk membuat pembangkit listrik Nuklir dengan tenaga yang dapat menerangi seluruh bumi hanya dengan kandungan uranium disana. Freeport banyak berjasa bagi segelintir pejabat negeri ini, para jenderal dan juga para politisi busuk, yang bisa menikmati hidup dengan bergelimang harta dengan memiskinkan bangsa ini. Mereka ini tidak lebih baik daripada seekor lintah!
2. Negara ini punya cadangan gas alam TERBESAR DI DUNIA! tepatnya di Blok Natuna.Berapa kandungan gas di blok natuna? Blok Natuna D Alpha memiliki cadangan gas hingga 202 TRILIUN kaki kubik!! dan masih banyak Blok-Blok penghasil tambang dan minyak seperti Blok Cepu dll. DIKELOLA SIAPA? EXXON MOBIL! dibantu sama Pertamina.

3. Negara ini punya Hutan Tropis terbesar di dunia. hutan tropis ini memiliki luas 39.549.447 Hektar, dengan keanekaragaman hayati dan plasmanutfah terlengkap di dunia.Letaknya di pulau sumatra, kalimantan dan sulawesi.sebenarnya jika negara ini menginginkan kiamat sangat mudah saja buatmereka. tebang saja semua pohon di hutan itu makan bumi pasti kiamat.karena bumi ini sangat tergantung sekali dengan hutan tropis ini untukmenjaga keseimbangan iklim karena hutan hujan amazon tak cukup kuatuntuk menyeimbangkan iklim bumi. dan sekarang mereka sedikit demi sedikitelah mengkancurkanya hanya untuk segelintir orang yang punya uanguntuk perkebunan dan lapangan Golf. sungguh sangat ironis sekali.
Hutan bakau Indonesia merupakan hutan terluas di dunia, akan tetapi sekarang banyak hutan bakau yang telah musnah. Perkiraan hutan bakau di dunia sekitar 18 juta hektare, 8,6 juta hektare diantaranya atau 47,8% berada di Indonesia. Sayangnya dari 8,6 juta hektare yang ada di Indonesia, hanya tinggal 32 % yang baik, sedangkan selebihnya 68% atau 5,8 juta hektare telah musnah dan rusak.

Hutan jati banyak di budidayakan di Indonesia. Luas hutan jati yang tumbuh di Indonesia sekitar 800.000 hektare, tetapi yang masih produktif kurang-lebih 450.000 hektare


4. Negara ini punya Lautan terluas di dunia. dikelilingi dua samudra, yaitu Pasific dan Hindia hingga tidak heran memiliki jutaan spesies ikan yang tidak dimiliki negara lain.Saking kaya-nya laut negara ini sampai-sampai negara lain pun ikut memanen ikan di lautan negara ini.

5. Negara ini punya jumlah penduduk terbesar ke 4 didunia.Dengan jumlah penduduk segitu harusnya banyak orang-orang pintar yang telah dihasilkan negara ini, tapi pemerintah menelantarkan mereka-mereka. sebagai sifat manusia yang ingin bertahan hidup tentu saja mereka ingin di hargai. jalan lainya adalah keluar dari negara ini dan memilih membela negara lain yang bisa menganggap mereka dengan nilai yang pantas.

6. Negara ini memiliki tanah yang sangat subur. karena memiliki banyak gunung berapi yang aktif menjadikan tanah di negara ini sangat subur terlebih lagi negara ini dilintasi garis katulistiwa yang banyak terdapat sinar matahari dan hujan.Jika dibandingkan dengan negara-negara timur tengah yang memiliki minyak yang sangat melimpah negara ini tentu saja jauh lebih kaya. coba kita semua bayangkan karena hasil mineral itu tak bisa diperbaharui dengan cepat. dan ketika seluruh minyak mereka telah habis maka mereka akan menjadi negara yang miskin karena mereka tidak memiliki tanah sesubur negara ini yang bisa ditanami apapun juga. bahkan tongkat kayu dan batu jadi tanaman.

7. Negara ini punya pemandangan yang sangat eksotis dan lagi-lagi tak ada negara yang bisa menyamainya. dari puncak gunung hingga ke dasar laut bisa kita temui di negara ini.Negara ini sangat amat kaya sekali, tak ada bangsa atau negara lain sekayaINDONESIA! tapi apa yang terjadi?Dialah Indonesia
untuk EXXON MOBIL OIL, FREEPORT, SHELL, PETRONAS dan semua PEJABAT NEGARA yang menjual kekayaan Bangsa untuk keuntungan negara asing, diucapkan TERIMA KASIH.Sebuah cerita mungkin akan bisa menggambarkan indonesia saat ini silahkan disimak.


Judulnya Ketika Tuhan Menciptakan Indonesia. Suatu hari Tuhan tersenyum puas melihat sebuah planet yang baru saja diciptakan- Nya. Malaikat pun bertanya,

“Apa yang baru saja Engkau ciptakan, Tuhan?” “Lihatlah, Aku baru saja menciptakan sebuah planet biru yang bernama Bumi,” kata Tuhan sambil menambahkan beberapa awan di atas daerah hutan hujan Amazon. Tuhan melanjutkan, “Ini akan menjadi planet yang luar biasa dari yang pernah Aku ciptakan. Di planet baru ini, segalanya akan terjadi secara seimbang”.Lalu Tuhan menjelaskan kepada malaikat tentang Benua Eropa. Di Eropa sebelah utara, Tuhan menciptakan tanah yang penuh peluang dan menyenangkan seperti Inggris, Skotlandia dan Perancis. Tetapi di daerah itu, Tuhan juga menciptakan hawa dingin yang menusuk tulang.Di Eropa bagian selatan, Tuhan menciptakan masyarakat yang agak miskin, seperti Spanyol dan Portugal, tetapi banyak sinar matahari dan hangat serta pemandangan eksotis di Selat Gibraltar.Lalu malaikat menunjuk sebuah kepulauan sambil berseru,

“Lalu daerah apakah itu Tuhan?” “O, itu,” kata Tuhan, “itu Indonesia. Negara yang sangat kaya dan sangat cantik di planet bumi. Ada jutaan flora dan fauna yang telah Aku ciptakan di sana. Ada jutaan ikan segar di laut yang siap panen. Banyak sinar matahari dan hujan. Penduduknya Ku ciptakan ramah tamah,suka menolong dan berkebudayaan yang beraneka warna. Mereka pekerja keras, siap hidup sederhana dan bersahaja serta mencintai seni.”Dengan terheran-heran, malaikat pun protes, “Lho, katanya tadi setiap negara akan diciptakan dengan keseimbangan. Kok Indonesia baik-baik semua. Lalu dimana letak keseimbangannya? “Tuhan pun menjawab dalam bahasa Inggris, “Wait, until you see the idiots I put in the government.” (tunggu sampai Saya menaruh ‘idiot2′ di pemerintahannya)

Indonesia mjd negara maju. . ?
Mimpi kali ye. .
Tetapi mimpi tu dpt mjd kenyataan bila:
1. Pemerintahan dipimpin oleh orang2 yg bkn hanya bertujuan memperkaya diri sendiri, tetapi benar2 memikirkan negara dan bangsa ini.
2. Pemerintah berhenti menjual kekayaan Indonesia kpd asing.
3. Seluruh warga Indonesia bangga mjd bangsa yg dilahirkan di Indonesia.
4. Orang 2 Indonesia yg pintar dpt dihargai dinegaranya, mau membangun negaranya sendiri, tdk pergi ke luar negeri.
5. Semua warga Indonesia kalo bisa berkarya lah dg apa yg mereka bisa. Berpikir dan bersikap secara kompetitif.
6. Ayo, jgn hanya pakai otot, mulailah pakai otak, menyelesaikan masalah masih pakai kekerasan? Tawuran? Pengrusakan?


 Benar, indonesia kaya akan SDA,. Tapi, entahlah SDM nya. Apakah saat tuhan menciptakan manusia, manusia yg memiliki intelegensinya tinggi Dia taruh di negara yg SDAnya rendah/sedikit. Spt: di Belanda,inggris,jepang dll. Dan yg intelejennya kurang(termasuk sy,mungkin) Dia taruh di Indonesia gt? Lalu knp org2 Indonesia beda dg org2 Jepang? Kan sama2 manusia ciptaan tuhan. Masak dg negara tetangga kita mau mengalah. Mungkin krn Indonesia cpt merasa bangga ? Aku jg kecewa knp org2 pintar Indonesia malah 'dibuang' keluar. Masih blum terlambat untuk bangkit.
Bersatulah Indonesiaku
Bangkitlah Indonesiaku. !

HIDUPLAH INDONESIA RAYA
SUMBER :
 http://dinmasmasyudin.wordpress.com/2010/09/24/negara-terkaya-di-dunia-yang-luput-dari-perhatian/

Sabtu, 05 Maret 2011

CIRI - CIRI BANGUNAN MASJID TRADISIONAL

                                              Gb. Masjid Agung Demak


     Masjid Agung Demak merupakan masjid tertua di Pulau Jawa, didirikan Wali Sembilan atau Wali Songo. Lokasi Masjid berada di pusat kota Demak, berjarak + 26 km dari Kota Semarang, + 25 km dari Kabupaten Kudus, dan + 35 km dari Kabupaten Jepara. Masjid ini merupakan cikal bakal berdirinya kerajaan Glagahwangi Bintoro Demak. Struktur bangunan masjid mempunyai nilai historis seni bangun arsitektur tradisional khas Indonesia. Wujudnya megah, anggun, indah, karismatik, mempesona dan berwibawa. Kini Masjid Agung Demak difungsikan sebagai tempat peribadatan dan ziarah.
Penampilan atap limas piramida masjid ini menunjukkan Aqidah Islamiyah yang terdiri dari tiga bagian ; (1) Iman, (2) Islam, dan (3) Ihsan. Di Masjid ini juga terdapat “Pintu Bledeg”, bertuliskan “Condro Sengkolo”, yang berbunyi Nogo Mulat Saliro Wani, dengan makna tahun 1388 Saka atau 1466 M, atau 887 H.
CIRI - CIRI BANGUNAN MASJID TRADISIONAL - Kebanyakan/dominan bangunan dari kayu
 - ada beberapa [biasanya 4bh] pilar berbentuk bulat/segi melambangkan mazhab [4 mazhab]
 -  mimbar berupa tangga untuk khotib terbuat dari kayu
 -  bagian atap pakai genting tanpa kubah
 -  beduk terbuat dari kayu [biasanya pohon besar yang dipahat bagian dalamnya sedemikian rupa] & kulit binatang
 - Atap bersusun tumpang, yaitu atap yg semakin ke atas semakin mengecil. Tingkatan paling atas berbentuk limas. Jumlah tumpang selalu ganjil (biasanya 3/5 susun). Pada puncak atap terdapat mustaka.
 -  Pada masjid2 ttu terdapat menara sbg tempat muazin menyerukan azan (dulunya).
  - Di sekitar masjid tdpt kolam utk berwudu.
  - Biasanya dilengkapi gapura.
. - Biasanya terdpt pemakaman di sekitar masjid.

KULTUR JARINGAN


KULTUR JARINGAN

       Pengertian Kultur Jaringan
Kultur jaringan adalah suatu metode untuk mengisolasi bagian dari tanaman seperti sekelompok sel atau jaringan yang ditumbuhkan dengan kondisi aseptik, sehingga bagian tanaman tersebut dapat memperbanyak diri tumbuh menjadi tanaman lengkap.
Teknik kultur jaringan memanfaatkan prinsip perbanyakan tanaman secara vegetatif, menggunakan media buatan yang dilakukan di tempat steril, metode kultur jaringan dikembangkan untuk membantu memperbanyak tanaman, khususnya untuk tanaman yang sulit dikembangbiakkan secara generatif, teori yang mendasari teknik adalah Totipotensi. Teori ini mengatakan bahwa setiap bagian tanaman dapat berkembangbiak karena seluruh bagian tanaman terdiri atas bagian-bagian hidup, maka, organisme yang berhasil hidup akan memiliki sifat yang sama persis dengan induknya.

       Tahapan dalam Teknik Kultur Jaringan
Tahapan yang dilakukan dalam perbanyakan tanaman dengan teknik kultur jaringan :
a.       Pembuatan media
b.      Inisiaksi
c.       Sterilisasi
d.      Multiplikasi
e.       Pengukuran
.      Pembuatan Media
Media merupakan faktor penentu dalam perbanyakan dengan kultur jaringan. Ada dua penggolongan media tumbuh, yaitu media padat dan cair. Media padat biasanya berupa padatan gel, seperti agar, dimana nutrisi dicampurkan pada agar. Sedangkan media cair adalah nutrisi yang dilarutkan di air. Nutrisi yang dilarutkan biasanya berupa mineral, vitamin dan hormon. Zat pengatur tumbuh (hormon) yang ditambahkan juga bervariasi, baik jenisnya maupun jumlahnya, tergantung pada tujuan kultur jaringan yang dilakukan. Media yang sudah jadi ditempatkan di botol-botol tembus cahaya. Media juga harus disterilkan dengan cara memanaskannya dengan autoklaf.
      Inisiasi
Inisiasi dalam pengambilan eksplan dari bagian tanaman yang akan dikulturkan. Bagian tanaman yang sering digunakan adalah tunas.
      Strerilisasi
Sterilisasi adalah bahwa segala kegiatan dalam kultur jaringan harus dilakukan di tempat yang steril, wadah dan media tumbuh harus steril. Sterilisasi juga dilakukan pada peralatan, dengan menggunakan etanol yang  disemprotkan pada peralatan
      Multiplikasi
Multiplikasi adalah kegiatan memperbanyak calon tanaman dengan menanam eksplan pada media. Multiplikasi dilakukan secara berulang sampai diperoleh jumlah tanaman yang dikehendaki, sesuai dengan kapasitas laboratorium. Setiap siklus multiplikasi berlangsung selama 2 – 3 bulan. Untuk biakan (tunas) yang telah responsif starter cultur dalam periode tersebut setiap tunas dapat menghasilkan 10 – 20 tunas baru. Setelah tunas mencapai jumlah yang diinginkan, biakan (dikulturkan) pada media perakaran.
      Pengakaran
Pengakaran adalah fase dimana eksplan akan menunjukkan pertumbuhan akar yang menunjukkan bahwa proses kultur jaringan  berjalan dengan baik. Proses ini biasanya berlangsung 1 bulan. Planlef (tunas yang telah berakar) diaklimitisasikan sampai bibit cukup kuat untuk ditanam di ladang.


      Aklimatisasi
Aklimatisasi adalah kegiatan memudahkan eksplan keluar dari ruangan aseptor ke bedeng. Pemindahan harus dilakukan secara hati-hati, aklimatisasi dapat dilakukan di rumah kaca, rumah kasa atau pesemaian, yang kondisinya dapat dikendalikan. Proses aklimatisasi ini berlangsung sekitar 2 – 3 bulan.

     Keuntungan dan Kerugian dari Teknik Kultur Jaringan
     Keuntungan Pemanfaatan Kultur Jaringan
a.       Pengadaan bibit tidak tergantung musim
b.      Bibit dapat diproduksi dalam jumlah banyak, dengan waktu yang relatif cepat (dari satu tunas yang sudah respon, dalam 1 tahun minimal dapat dihasilkan 10.000 planlef/bibit)
c.       Bibit yang dihasilkan seragam, sifatnya sama dengan induknya.
d.      Biaya pengangkutan bibit relatif lebih murah dan mudah
e.       Dalam proses pembibitan bebas dari gangguan hama, penyakit dan deraan lingkungan lainnya.
f.  Tidak membutuhkan banyak tempat
g.       Dapat ditumbuhkan dari berbgai jaringan tumbuhan tersebut yang dijadikan eksplan (misal : akar, daun, batang, dll)
h.       Metabolisme sekunder tanaman segera di dapat tanpa perlu menunggu tanaman dewasa
i.  Memungkinkan dilakukannya manipulasi genetik.
      Kerugian Pemanfaatan Kultur Jaringan
Selain mempunyai banyak keuntungan, teknik kultur jaringan juga mempunyai beberapa kekurangan, antara lain :
a.       Biaya yang dibutuhkan cukup besar, karena dilakukan di dalam laboratorium dan menggunakan bahan-bahan kimia.
b.      Memerlukan keahlian khusus & kemungkinan kegagalan tinggi
c.       Memerlukan aklimatisasi, karena tanaman hasil kultur jaringan biasanya berukuran kecil dan bersifat aseptik serta terbiasa hidup di lingkungan yang lembab
d.      Produk kultur jaringan pada akarnya kurang kokoh

    Tipe Jaringan
Ada beberapa tipe jaringan yang digunakan dalam teknik kultur jaringan yaitu :
1.      Tipe pertama, adalah jaringan uda yang belum mengalami deferensiasi dan masih aktif membelah (meristematik) sehingga mempunyai daya regenerasi yang tinggi. Jaringan ini biasa ditemukan pada tunas apikal, tunas aksilar, bagian tepi daun, ujung akar ataupun kambium batang
2.      Tipe kedua, adalah jaringan parenkima, yaitu jaringan penyusun tanaman muda yang sudah mengalami deferensiasi dan menjalankan fungsinya. Contoh jaringan daun dan akar.

PENANGGULANGAN PENCEMARAN TANAH, AIR, UDARA, DAN LIMBAH B3


            Penanggulangan Pencemaran Lingkungan
    Penanggulangan limbah cair dan pencemaran air
Penguraian air tanah sulit sekali terurai karena airnya tidak mengalir dan tidak mengandung bakteri yang aerob, jadi air yang tercear akan tetap tercemar dawlam waktu yang lama, maka perlu penanggulangan sebelunya, usaha-usahanya antara lain:
1.      Menempatkan daerahindustri atau pabrik jauh dari daerah perumahan atau pemukiman
2.      Pengawasan terhadap penggunaan jenis-jenis peptisida dawn zat-zat kimia lain yang dapat menimbulkan pencemaran
3.      Menentukan batas minimal fosfat yang terdapat dalam detergen atau bahan pencucian lainnya
4.      Memperuas tindakan penghijauan
5.      Mengatur pembuangan limbah industri
6.      Melakukan tahapan intensifikasi, sebagai berikut :
-         Membuat bak penampungan
-         Mengadakan pengolahan primer
Yaitu menghilangkan bahan-bahan padatan yang mengendap/mengapng. Terdiri dari proses : penyaringan, pengendapan (menghilangkan komponen-komponen fosfor dan padatan tersuspensi) dan pemisahan, pemindahan endapan
-         Mengadakan pengolahan sekunder
Yaitu proses dekonposisi (penguraian) bahan-bahan padat secara biologi. Terdiri dari proses : penyaringan trikel, pemberian bakteri aerobik untuk mengurai kadar limbah organik dan pemberian lumpur aktif
-         Mengadakan pengolahan tersier
Yaitu pengolahan untuk menghilangkan sisa-sisa zat kimia dan fisik yang tertinggal setelah pengolahan primer dan sekunder. Prosesnya : adsorpsi, elektrodalisasi (menurunkan konsentrasi garam-garam terlarut sampai pada konsentrasi air semula) osmosis berlawanan, khloranisasi (menghilangkan organisme penyebab penyakit)
7.      Menggunakan peptisidaw yang mudawh diuraikan di alam
8.      Untuk limbah berbentuk minyak :
-         Menghindari kebocoran minyak di laut
-         Menerapkan sanksi tegas bagi pelaku pencemaran
-         Membersihkan minyak dengan bioremediasi. Yaitu penggunaan mikroorganisme untuk membersihkan pencemaran
-         Menggunakan penghalang mekanik. Maka bila bocor minyak tidak sampai ke laut/pantai
9.      Melakukan penanganan limbah yang dibuang lingkungan dengan cara mengolah limbah secara biologi, kimia atau fisika

   Penanggulangan pencemaran Udara
Beberapa usaha yang dapat dilakukan untuk menanggulangi pencemaran  udara antara lain :
1.      Membatasi penggunaan CFC dalam kehidupan sehari-hari
2.      Mendaur ulang freon dari mobil yang ber AC
3.      Melakukan larangan kepada petani-petani, pengusaha-pengusaha perkebunan melakukan pemakaran pada lahan pertanian yang akan mereka usahakan
4.      Melakukan tindakan penghijauan, terutama di daerah industri dan perkotaan
5.      Gas-gas buangan industri sebelum dilepaskan/dibuang ke udara, terlebih dahulu harus dinetralkan
6.      Mengurangi penggunaan minyak bumi sebagai bahan bakar dan menggantikannya dengan energi lain yang telah menimbulkan pencemaran, seperti energi panas matahari (tenaga surya), tenaga air (hidroelektrik), tenaga angin, tenaga panas bumi dan sebagainya.
7.      Menempatkan daerah kawasan industri jauh dari pemukiman pada penduduk
8.      Menciptakan mesin dan kendaraan bermotor yang hemar energi dan kecil efek pencemarannya

  Penanggulangan Pencemaran Tanah
Beberapa usaha yang dapat dilakukan, antara lain:
1.      Melarang pembuangan sampah ke selokan, parit, sungai, dawnau dan laut. Sampah harus dibuang ke tempat-tempat yang telah ditentukan
2.      Memisahkan sampah organik dengan sampah non organik
3.      Menerapkan prinsip 4R, yaitu :
-         Redece : mengurangi
Sebisa mungkin lakukan minimalisasi barang atau material yang digunakan. Semakin banyak menggunakan material, semakin banyak sampah yang dihasilkan
-         Reuce : memakai kembali
Sebisa mungkin pilihlah barang-barang yang bisa dipakai kembali. Hindari pemakaian barang-barang yang disposable (sekali pakai, buang). Hal ini dapat memperpanjang waktu pemakaian barang sebelum menjadi sampah
-         Recycle : mendaur ulang
Sebisa mungkin, barang-barang yang sudwah tidak berguna lagi, bisa didaur ulang. Tidak sama barang dapat didawur ulang, namun saat ini sudah banyak industri non formal dan industri rumah tangga yang memanfaatkan sampah menjadi barang lain
-         Repluce : mengganti
Teliti barang yang dipakai sehari-hari. Gantilah barang-barang yang hanya dapat dipakai sekali dengan barang-barang yang lebih tahan lama. Juga telitilah agar hanya memakai barang-barang yang ramah lingkungan
4.      Sampah yang organik sebisa mungkin dibuat kompos agar dapat berguna kembali
5.      Sampah non organik sebaiknya dibakar sampai habis
6.      Penimbuna tanah sehat (sanitary land fill)
Sampah dibuang di tempat tertentu, setelah mencapai ketinggian tertentu kemudian ditimbun dengan tanah

    Penanggulangan Pencemaran Limbah B3
1.      Untuk membersihkan permukaan tanah yang tercemat B3 biasanya dilakukan kegiatan yang disebut temidiasi. Ada 2 jenis remidiasi tanah yaitu insitu (on site) dwan exsitu (off site). Pembersihan on-site adala pembersihan dilokasi, terdiri dari tahap pembersihan, venting (injeksi) dan bioremediasi. Pembersihan off-site meliputi penggalian tanah yang tercemar kemudian di bawa ke daerah yang aman. Setelah di daerah aman, tanah tersebut dibersihkan dari zat pencemar caranya yaitu tanah tersebut disimpan dibak atau tangki yang kedawp ai, kemudian zat pembersih dipompakan ke dalam bak atau tangki tersebut. Kemudian diolah dengan instalasi pengeolahan air limbah. Pembersihan dengan cara off-site jauh lebih mahal dan rumit.
Bioremidiasi adalah proses pembersihan pencemaran tanah dengan menggunakan mikroorganisme seperti jamur dan bakteri
2.      Untuk zat cair biasanya dengan mengendapkan kandungan pewarnanya sehingga cairan yang keluar ke lingkungan sudawh sedikit mengandung bahan pencemaran

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...